Yang Katanya Sensor Youtube


Untuk setiap konten - konten yang masuk ke situsnya, setahu saya Youtube punya filter yang sangat ketat, seketat celana- celana abege - abege jaman sekarang. Tapi gak tahu kenapa akhir - akhir ini makin banyak video - video vulgar muncul di trending Youtube.

Setelah saya search lagi, video - video yang pernah mejeng di trending itu sekarang udah ilang. Entah berganti judul, atau dihapus oleh pihak yutub. Meski usianya sebentar, tetep aja pengawasan yutub perlu dipertanyakan.

Saya bukanlah orang yang pro mati sama hal sensor-sensor kayak gini. Bukan fans setia KPI yang nyensornya lebay banget sampe-sampe si Cindy di kartun Spongebob juga kena sensor pas pakai bikin. Siapa juga yang bakal horny sama tupai?????


Saya cukup konsen ke fitur penyensoran yutub karena saya adalah korban sensornya juga!

Lebih dari 5 video yang saya upload di channel saya kena block. Padahal saya upload videonya setahun sekali. Jumlah video yang udah dikit, jadi makin dikit karena kena sensor. Kan kasian follower saya yang jumlahnya gak banyak itu menanti - nanti video 3gp buatan saya.

Saking seringnya kena sensor, saya jadi makin pengalaman dalam hal sensor menyensor. Pengalaman saya di blokir udah banyak banget. Jam terbang saya kena sensor gak perlu ditanyain lagi, tinggi ke level dewa!

god morgan freeman bruce almighty

Berikut ini saya kasi tahu penyebab  sebuah video bisa kena sensor di youtube.

Pertama: Melanggar hak cipta
Kalo kamu upload video orang lain yang sebelumnya diupload di yutub, video kamu bakal dicekal. Kecuali orang itu mengijinkan orang lain mengupload videonya, baru kamu bisa melakukannya. Fitur ijin ini ada di pengaturan pas upload video.


Biasanya sebelum saya masukin video orang ke video saya, saya coba dulu upload video itu di yutub pake akun saya yang lain, kalo gak ada peringatan, saya lanjut kerja.

Menggunakan lagu orang untuk backsound dan video orang untuk cuplikan di video pun dilarang jika objek yang ditambahkan itu punya lisensi. Saya biasanya nyari lagu atau musik di situs yang menyediakan sound/song gratis tanpa lisensi, atau langsung mema
kai lagu - lagu yang disediakan sendiri oleh yutub dengan mencarinya di My Channel > Pengelola Video > Buat Video.

Kedua: konten porno
Inilah kenapa kita gak bakal bisa nonton film bokep di youtube.

Makanya kalo ada video di yutub yang foto thumbnail foto hot, jangan masang espektasi terlalu tinggi dulu. Paling banter cuma adegan semi doang. Dada dan pantat masih diperbolehkan untuk dilihatin.Tapi kalo kelamin, enggak.

Jadi ngerasa aneh aja karena saah satu video yang masuk trending menampilkan cewek lagi dipijet. Cewek itu dikasi cairan di sekujur tubuhnya sehingga jem*but yang nutupin bagian itunya keliatan jelas dari luar sempaknya yang emang udah tipis.

Ketiga: Faktor Face
Padahal video hasil bikinan sendiri. Musik bikin sendiri atau nyari yang free lisensi, tapi tetep diblokir yutub, mungkin situ kurang tamvan. :v


Keempat: Ada yang gak suka sama elo!
Ya namanya hidup di Indonesia, yah. Kalo gak digosipin, ya dimakan setan.

Intinya, akan selalu ada orang yang gak suka sama kita, apapun yang kita lakuin. Termasuk di yutub. Entah karena sentimen pribadi, atau emang video yang kamu upload kurang mereka suka. Report dari penonton juga jadi pertimbangan yutub untuk memblok video seseorang.

Saya pun pernah dilaporin ke yutun, oleh dosen pembimbing saya, karena dia anggap video saya terlalu mesum. :|

*

Jika yutub ketat ke saya, lalu kenapa mereka longgar sama orang - orang ini? Jangan - jangan orang ini kenal orang dalem jadinya dilolosin? Apakah di yutub ada calo? Hmm..

Dulu saya kira sistem sensor di yutub itu bersifat otomatis. Pakai mesin. Tapi setelah kejadian video yang sudah terlanjur jadi trending kemudian tiba - tibaa menghilang, memunculkan anggapan kalo setiap video yang masuk diperiksa oleh pegawenya yutub satu per satu (capek juga ya?). Makanya banyak video layak sensor keburu muncul ke publik sebelum sempat diperiksa oleh tim dari yutub.

Tapi apakah emang bener kayak gitu? Seriously? Di jaman serba canggih kayak gini masih pakai cara manual??

Pukpuk pegawe yutub yang musti melototin video masuk yang jumlahnya bisa ribuan per hari.

6 bukan komentar (biasa):

Hardiansyah said...

Ternyata banyak juga ya aturan untuk bisa nge-upload video di yutub.

Itu yang masalah tampang emang benar atau gimana, Bang? Hahaha. Masak iya di cekal gara-gara nggak tamvan?

Eh, salam kenal ya, Bang.

Diar Nurhakim said...

Tupai pake bikini juga di sensor mas? Takut ada tupai cowok nonton kali ya heheheheehehehehe :)

Yoggy Satya said...

Nah, tapi anehnya nih ya, kalo ndak salah ada tuh konten video yang bisa diakuin berhak cipta punya sendiri padahal milik orang lain. :D

Niki Setiawan said...

makanya om jangan bikin video mesum mulu, dilaporin tuh sama dosen
hahaha

Watch movie bluray said...

sapi lagi di perah juga di sensor hahaha

tokounix said...

ane kira yutub juga masih menerapkan sensor manual secara random terutama yang berhubungan dengan yang gak tamvan itu..

Post a Comment

Jangan lupa cek twitter saya @tukangcolong
Dan channel YOUTUBE saya di
SINI