Yang Biasa dan Gag Biasa Saat Galungan

Hari raya Galungan dirayain umat Hindu tiap 210 hari.  Galungan jatoh tiap Budha (bahasa lainnya rebo) umanis wuku dungulan. Bagi yang gag ngerti aku ngomong pake bahasa apa, bisa dilihat di sini.

Karena tiap 7 bulan terjadi, jadi ada beberapa hal yang biasanya dilakukan. Dan pada galungan kali ini, ada aja yang menyimpang dari keteraturan. Kita ngomong dari yang biasa aja deh..

1. Yang Pertama..

Umat Hindu mendirikan penjor yang menurut orang sini itu melambangkan gunung. Segala macam jajan, umbi-umbian, dsb itu disimboliskan sebagai persembahan kepada bhatara (dewa) Gunung.


2. Yang Kedua..
Maaf buat yang muslim yang kedua ini mungkin kurang mengenakkan. namun tolong dibiasain aja ya.:)
Umat Hindu, sehari sebelum hari puncak galungan (rebo) memotong babi. Babi ini simbolis kemalasan. Dengan ritual ini diharapkan dunia akan terbebas dari sifat malas.


3. Yang Ketiga..
Perayaan Galungan dimulai dari hari selasa ampe kamis tapi rentetan upacaranya bisa dari jumat yang lalu maka di Bali bisa libur dari hari itu. Libur panjang, semua pada pulang, tanah rantauan jadi sepi. Contohnya Denpasar sekarang, lapang banget. Biasanya macetnya bikin mencret.

4. Yang Keempat..
Di FB (karena orang Bali jarang punya tweet) lagi ngomongin Galungan, (ya iyalah, secara namanya aja hari raya). Ngasi ucapanlah ato cuma pasang status tentang hal-hal mengenai Galungannya mereka. Saling ngasi ucapan media lain kayak SMS juga biasa dilakuin.

5. Saya mengecewakan seseorang lagi, berkali-kali malah untuk hari ini.

6. Yang Terakhir..
Namanya libur panjang, pasti sekeluarga besar bakal jalan-jalan..Kemana gitu..

Oke untuk yang gag biasa diantaranya *jrengg..!*

x) Operator hape saya (baca: XL) gag bisa beli paket SMS. Yang ada cuma paket nelpon gila. Kayaknya ini cara berpromosi. Karena penasaran, saya coba semua paket. Ternyata boros kalo dihitung-hitung. Udah pulsa abis buat gonta ganti paket, paketnya mahal lagi.

Pengen ganti kartu tapi semua orang udah pada tahu nomor saya.

Lucunya, besoknya paket SMS itu nongol! **(baca: XL) KEMBALIKAN PULSA GUE!!!

x) Berniat baik buat mandi tapi mati lampu. Ini sungguh gag biasa. Tapi saya tetap bertekat untuk mandi apapun yang terjadi. Oia, mandi rutin juga hal yang gag biasa lho buat saya..;p

x) Bila kebiasaan saat kuliah dilakukan saat liburan, itu gag biasa. Kayak saya, malah diem di kos saat libur panjang. Itu karena ada PIMNAS kemarin.

x) Adek saya juga gag dapet SMA tempat saya sekolah dulu. hanya karena terbentur otonomi daerah. Anehnya, panitia baru ngasi tahu saat pengumuman hasil seleksi. Sabar..sabarr..

Btw, saya gag menang lomba dari mbak fanny..*sedih*

Ok last..
Ini gambar terakhir saya..


















*) Gambar saya dapet setelah ngopi dulu di:
Universitas Warmadewa (penjor), Christmast at Bali (babi), Pande Baik (Jalan Sepi), Forum Ponsel (XL), The Adventure of Life (mati lampu), Universitas Mahasaraswati (PIMNAS), SMAN 1 Semarapura [group FB](logo SMA), Sunrayz Brockerz (ucapan galungan)

37 bukan komentar (biasa):

Ferdinand said...

Galungan sm Nyepi bedanya apa toh Sob???

temenQu banyak yg Agama Hindu, ya kirang lebih kayanya sama tuh sjm yg sobat bilang....tp sm2 ga boleh Nyalain listrik ya Sob?

Klo Sapi Sobat yg Agama Hindu ga boleh makan ya Sob???

Rizky2009 said...

aq malah g punya temen yang beragama hindu.... itulah sebabbya aq g mau pindah ke operator lain aq masih setia dengan (baca:Indosat)

tomo said...

Mak nyus libur panjang dan jalan2 enak donk hehe

TUKANG COLONG said...

ferdinand->beda..nyepi nyitu kayak tahun baru nya Hindu, harus ngelaksanain pantangan2 juga salah sAtunya ya gag bole nyalain api..

galungan itu merayakan kemenangan darma melawan adarma..

Iya, di hindu itu sapi dianggap suci..;)

Uswah said...

Wah menarik nih ampe potong babi segala

Tomo said...

Aku baru mengetahuinya kawan

tomo said...

Maaf kawan komenku ndak kelihatan di lihat dr hp.maaf jika lbh dr satu.jdny ya numpuk2.suwun

Febriyanto(フェブリヤント) said...

Baru tau saya... nice topic bro.... ga beda kalo idul fitri, natal, dll... Ada ucapan2 gtu.... Kalo nyepi malah ga ad y bro? mati smua.. hhe..
Ganti operator aj bro.... 3 emang yg paling yahut.. hhaha.. *promosi

PanDe Baik said...

Waduh, yang nyolong malah bikin tulisan yang jauh lebih edan. Mantap tenan... Tapi orang Bali jarang punya Twitter ya ? he... bisa jadi, wong hari"nya sibuk dengan upacara agama dan bengong di warung. Hihihi...

TUKANG COLONG said...

tomo->y gpp..:D

DewiFatma said...

Kok babi jadi simbol kemalasan? Emang babi tuh pemalas ya..kikikiki..

Anonymous said...

haluuuu kawan blogger ^_^
apa kabar...
mampir iah ke blog saiia, lagi ikutan lomba niihh... jangan lupa tinggal jejak dikotak komentar iah ^^...
caranya gampang banget tinggal klik :
http://pelangiituaku.wordpress.com/2010/05/10/seorang-cowok-menjaga-kesehatn-kulit-wajar-nggak-sih/

trus baca deh artikelnya dan kasih komentarr... =)
kontribusi temen-temen sangat membantu saya untuk menyampaikan informasi seruuu
check it out =)

makasiiihhh ^^

r10 said...

taeman blog yang hindu yang paling terkenal adalah "itik bali" si Ayu Laskmi

Adib from kompinter said...

mantab meskipun aq g tau Ni adat mana hik hik..

teori ngeblog said...

Mantab Infonya menarik sob...

Delia said...

ohhh begitu ya....
makin lengkap pengetahuan ku tentang Galungan..

ada blogger yang ikut acara ini... hiatus sebentar.... ^_^

Yari NK said...

Yang posting bagian galungan saya agak2 ngerti deh... tapi pas waktu sampai pada masalah operator XL, apa hubungannya ya?? Apa aku kaleee yang telminya kebangetan kali yaaa... :D

Kalo masalah mandi, maksud saya mandi pagi dan mandi sore biasa, saya sudah biaa ga mandi maupun mandi. Kalo ga mandi ya digojlog (halah bahasa apa ini???) pakai parfum. Temenku aja sampai heran... kok kamu bisa sih, nggak mandi langsung pakai kemeja, dasi dan jas??

hahaha... ga nyambung ya komennya?? :D

Ariyanti said...

wah itu gambar googlenya beneran ga tuh... yah namanya provider telpon... penuh akal-akalan...

Sungkowoastro said...

Jangan sedih sebab kalah itu bisa berarti "menang" jika Tukang Colong tak bersedih, tapi tersenyum dan menghadapinya dengan tenag-tenang saja. Artinya, menang untuk melawan kesedihan dan kekecewaan. Hihihihi....

Girant_31 said...

Oh galoongan tuh bgtu ya... ane baru tw mas..
makasih neg dh di share..


BTW.. jngn bersedih ya ga mnang lomba..

Menurut ane sih semua jd pemenang ko..
Sukses ya mas..

Nu_Imuts said...

Babi tuh simbol malas ya?? baru tw jg ane..

Kasian bngt ya si "B".. sdh haram dimakan, pemalas lg.. hehehe..

Ratasoe said...

Ap bdanya ya sob galungan ma nyepi, hehe..

Serabi Machine said...

Tenks ya mas bt infonya..

Ane jd tw neg skrng apa tu galungan..

Herdoni Wahyono said...

Hari Raya Galungan yang penuh dengan simbol dan makna kehidupan ini. Semoga semakin tercerahkan. Trims sharingnya.

senja said...

ok bgt infonya sob,jadi tahu nih seperti apa saat galungan ^^

salam knld an ijin follow ya...

exort said...

met galungan ya
eh pas galungan elo ga nyolong juga kan?

wigati said...

Oooo gitu ya Galungan..:D,
btw ribet juga sama sms&mati lampunya ya..salam cerah..

achen said...

wah thanks neh galungannya.. eSSip..

buwel said...

Mantab sobat artikelnya.. hehehe

nietha said...

XL ditempatku malah nggak ada sinyal. sukur aku nggak pake.

Ferdinand said...

Sob aku ikutan lagi nie....makasih penjelasannya hhe...aku penasaran aja owh ternyata gtu ya......

ouhmaigoat said...

nice post.. :)

untung ga paje XL.. :P

halim inside said...

hahaha.. gambar ba**bi nya lucu sob..

pengen ke BALI gak kesampean.. asik bgd d sono kayake..

ehh iia.. btw happy Galungan & Kuningan sob.. mohon maab lahir bathin *lho kok??*

Girant_31 said...

Kunjungan malam mas..
Met liburan az ea..

ureh said...

wah jadi tahu nih galungan itu kek gimana.
BTW,ente jarang mandi ya??haha..contoh nih ane, tiap hari mandi, biarpun mandi pagi di sore hari,haha..

Nu_Imuts said...

Wah kmn az neg mas???
Lg sibuk ya??

ilmu-coin said...

wah, blogger dari bali ya bli???
salamkenal,,,, :)

Post a Comment

Jangan lupa cek twitter saya @tukangcolong
Dan channel YOUTUBE saya di
SINI