Otonan

Hari ini saya otonan. Jadi musti pulang ke rumah untuk diupacarai meski sudah malem.

Apa itu otonan?
Itu kayak ulang tahun kalo di adat Hindu bali tapi dirayaen setahun dua kali. Tiap 210 hari sekali. Otonan itu gag pake tanggal tapi pake hari. Acaranya juga gag dirayain pake pesta. Kesakralan budaya tetap dijaga. Kalo masih bayi mungkin diadain upacara besar-besaran. Kalo udah gede ya pake ritual sederhana aja. Gag usah dijelasin disini, terlalu panjang nanti dan saya juga kurang terlalu paham prosedur ritualnya. :-)


Pernah denger jumat keliwon kan? Otonan berdasarkan kayak gitu juga. Jadi keliwon itu punya 4 sodara lain yaitu umanis, pahing, pon, dan wage. Saya lahir saat jumat pon wuku Juluwangi. Keluarga keliwon itu di Bali dikenal dengan Panca Wara yang hadirnya berurutan tiap hari secara silih berganti.

Apalagi itu wuku? Dan apalagi pula Juluwangi?
Wuku itu mirip kayak zodiak. Hebohnya disini, wuku ada 31! saya cuma hapal beberapa aja. Bodoh yak?
Satu wuku itu satu minggu. Beda kan ma zodiak yang sampai satu bulan.

Oleh karena itulah orang bisa otonan dua kali setahun. Karena itungannya, satu wuku bisa terulang dalam setahun

Masalahnya sekarang, kalo umur saya sekarang 20 tahun berati kali ini otonan yang keberapa? 39, 40, 41? Kalo tiap 1 oton itu adalah 210 hari.. *bingung*

11 bukan komentar (biasa):

Fajar said...

wee...hapal hitungan jawa tho...huebat...

Ratasoe said...

Wah ane g ngerti sob, tp lo sobat ultah..ane ucpkan mg kdpanx tmbh sukses aj hehe;-)

deekkyy said...

aku ga tau...hehehe

7 taman langit said...

saya tidak tahu Otonan nya ke berapa
otonan nya rumit juga

Aishi Lely said...

hehehe...selamat otonan...^^
yup di jawa juga ad...

Sungkowoastro said...

"Otonan" jika di daerah saya berarti memakai "oto". Oto ialah pakaian "super mini", yang biasanya dipakai oleh bayi atau ibu yang baru melahirkan. Wujudnya kain tebal yang telah dibuat sedemikian rupa untuk dibalutkan di bagian perut bayi atau ibu tadi agar perut tetap terbentuk "rapi", meski banyak gerak. Kalau bayi, juga untuk penghangat.

yayah said...

datang berkunjung sob

buwel said...

wah salute dah ilmu otonannya.. he

achen said...

otonya aku sama songkosuwastro... he

bonk AVA said...

aku gak tahu kapan otonan, itu semua urusan ibu
haahhahahah
maklum SOK kebarat baratan
hahhahhiiii

wayan bali said...

he he he he
milu sik nah, k ngitung otonan jani...

Post a Comment

Jangan lupa cek twitter saya @tukangcolong
Dan channel YOUTUBE saya di
SINI