(ga sekedar) Kuvet



20 JUTA??!

Teriak saya dalem hati. Terkejut denger jawaban penjaga toko alat kimia soal harga kuvet yang saya pecahkan sewaktu saya hendak melanjutkan penelitian di lab fakultas Teknologi Pertanian. Dari awal penelitian, saya sudah cemas dengan barang satu ini. Sebelum penelitian; ketika dapet judul penelitian; proses pembuatan proposal; sampai presentasi saya tak menduganya. Baru setelah mulai penelitian saya nyadar, INI KAN BARANG MAHAL ITUH!! Saya jual lapy, motor, hape, rumah, bahkan jual diri pun kayaknya ga kebeli tuh barang. *bunuh diri 

Hari itu -hari H kuvet pecah- serasa masuk dalam acara 'Kena Deh!". Salah satu tujuan penelitian saya adalah mendapatkan angka sampel kisaran 0,1 sampai 1,0. Tapi, selama 2 hari angka yang muncul di alatnya adalah....*ijin pipis bentar*..... 2,0! Jauh dari tujuan awal. Ga tau kenapa deh ini?? Saya coba bikin larutan lagi dengan hati-hati. Sebisa mungkin ga ada pengotor. Saya coba lagi, dan...... *bentar ada telpon*... DENG! Idem!. Stres. Saya SMS pembimbing saya, nanya ini kenapa? Lama nunggu ga ada balesan, saya inisiatif ngebuang stok larutan saya. Barangkali karena kelamaan disimpan, mereka jadi basi. Mending buat lagi.

Sambil bekerja, saya masih berpikir. September bentar lagi datang. Saya harus ke Jawa nerima panggilan kerja, namun skripsi belum kelar. Karena ga konsen, terjadilah tragedi itu. Tanpa sengaja saya nyenggol si-kuvet-kaca-sialan-brengsek-nan-mahal. Ampun Gusti...cobaan apalagi ini..???? Kuvet ini jumlahnya sepasang. Saya pecahkan satu diantaranya.

Saya rapikan semuanya. Sebisa mungkin ga menarik perhatian. Setelah semua bersih, kemudian saya berbisik ke Andry -laboran (petugas lab) yang hadir saat itu. "Nanti saya ganti kuvetnya ya..Saya ga sengaja nyenggol".

"Hihhiii..Ko bisa pecah? Saya ga tau tempat jualnya", jawabnya dingin. Respon yang tak terduga. Respon yang tak terkira. Jauh dari harapan saya. Udahlah, mending saya pulang sambil nyari cara ganti kuvet ini. Sambil makan saya berpikir, sambil ngenet saya berpikir, sambil mikir saya berpikir.. (?). Saya nanya ke Adit, salah satu temen saya, dia ngaku punya. Ah! Emang Adit ga pernah ngecewain saya. "Tapi yang plastik..",katanya lagi. *kemudian hening* (Ga jadi deh gue muji lo dit...). Kita tetep janjian hari jumat. Kali aja kuvet yang Adit punya bakal beguna.

Istri korban. Dia telah menjadi janda sekarang.

Kelar makan saya langsung ke Bratacem, sebuah toko kimia. Disanalah saya tau harga kuvet ini. Pantes aja dulu ada mahasiswa yang mecahin kuvet lantas ganti nama facebook pake kata "Kuvet" saking stresnya. Akhirnya, muncul ide untuk nanya ke orang itu.

Ga nunggu lama, balesan SMS dari Cabul - senior saya dalam pecah memecahkan kuvet itu - akhirnya datang juga. Dari Cabul – saya juga ga ngerti gimana ceritanya dia bisa punya nama panggilan ini- saya tau kalo kuvet ada 3 jenis. Jenis paling mahal adalah tipe kuarsa seharga 3,5 juta, hanya bisa dipesan ke Jerman (dia dibantu ketua jurusannya untuk mesen). Jenis kedua adalah kaca, jenis yang saya pecahin. Jenis ini harganya ga ampe 600ribu dan bisa dibeli di Denpasar. Fiuh..saya lega. Satu jenis lagi adalah plastik. Ga usah dijelasin yak? Lagi seneng nih! Ihy!

Sekarang tinggal mikirin dimana dapet duit segitu? Kembali saya melakukan sebuah kegiatan yang sangat jarang saya lakukan: berpikir. Sambil mikir, saya sempetin posting tentang Draft Sent. Mengamati arsitek - dengan logat Balinya yang kental -sedang  berdiskusi dengan calon kliennya. Oia, saya lagi menikmati wifi gratis saat itu, di Mekdi Sanur, ga di Mekdi Jimbaran seperti biasanya. :)

Jam menunjukkan pukul setengah 6, waktunya saya ngajar. Di les privat saya yang terakhir ini, saya dateng kecepetan, pulangnya kemaleman. Mana si murid pake acara ngantuk segala.Selama ngajar saya ga begitu konsen. Masih kepikiran si kuvet –kutu kuvret!. Di akhir perpisahan, haru juga rupanya. Apalagi si ibuk ngasi kejutan "kecil' sebelum saya pulang. Saya dikasi duit 600ribu secara cuma-cuma!! Katanya sebagai tanda perpisahan dan bekal di Jawa nanti. 4 kali gagal ngajar, sekalinya selesai ngajar bukan karena diberhentikan secara sepihak, saya dapet apresiasi yang begitu tinggi.

Yup, semua ini karena-Mu. Suksma, Ida Sang Hyang Widhi Wasa.



PS: Buat temen-temen yang membutuhkan kuvet, silakan hubungi Ivan di 087881669798. Beliau berdomisili di Jakarta dan menyediakan kuvet.

39 bukan komentar (biasa):

kaki kecil said...

di balik segala cobaan pasti ada pelajaran berharga yang bisa kita petik. Tuhan emang maha penyayang ya :)
semoga kuvetnya cepat bisa dipesen.

Adittya Regas said...

cieee sukur deh mas itu seatu keberuntungan.... tapi sayang kaga bisa nikmatin uang 600rb yg dikasih hhe

Gede Lumbung said...

Wuich, barang sekecil gtu harganya sampe 600 ribu...
makin gila aja harga barang jaman sekarang...

R. Indra Kusuma Sejati said...

Segenap Keluarga Besar Ejawantah's Blog mengucapkan selamat hari raya Idul Fitri 1432 H.Taqobballahu Minna wa minkum. Mohon maaf lahir dan batin.

Semoga segala amal perbuatan kita di bulan suci Ramadhan diterima disisi Allah SWT dan kembali kepada fitrahnya.

Seiring salam dengan kerendahan hati kami berharap sudikiranya sahabat menjemput kartu ucapan dari kami di
http://ejawantahnews.blogspot.com/2011/08/kartu-lebaran-idul-fitri-1432-h-untuk.html#comments

Sukses selalu dan salam untuk keluarga.
Salam
Ejawantah's Blog

Multibrand said...

Rp 600,000 masih jauh lebih murag dari Rp 20 juta.
Tapi tetap maha.

ardi said...

kasihan semoga bissegera menggantinya

nonasan said...

huaa syukur deh akhirnya bisa keganti :)
om nama fb saya tuh gak bisa di ganti , jgn bilang alay dong -_-'
komen nya bukan ga di stujui tp emg saya lupa moderasi smuanya :p

wirasanubari said...

bang bang, kuvet itu apah?????

Said Arsyad said...

saya kesini ingin mengucapkan selamat menunaikan hari lebaran. minal aidin walfaidzin ya.

saya kesini ingin mengucapkan selamat menunaikan hari lebaran. minal aidin walfaidzin ya.

t h y a said...

kuvet mengalihkan dunia ku. hahaha..
alhamdulilah yah.. 600 ribu. hehe..

mohon maaf lahir batin yaa :D

nuel said...

oh yah gw penasaran (sori oot). lu masih ngajar les laggi ga? setau gw lu ngelesin bocah2 smp gitu kan?

riestabacil said...

kirain bakal jual bb buat gantiin itu kutu8 kuvret....hehehehhee

niee said...

Wuih masih bersyukur banget yak gak jadi 20juta.. ihiy..

David BlogNews said...

Tulisan yang menarik
di awal bikin penasaran, sampe saya ngebaca sampe akhir (?)

Obat Sakit 2011 said...

Selamat idul fitri mohon maaf lahir dan batinSelamat idul fitri mohon maaf lahir dan batin

Gaphe said...

dulu jamannya latian ngukur pake spektrofotometer di lab, cuman dibolehin pake yg plastik.. sekali pake langsung buang. pernah sih liat yang kaca gitu. ya wajar mahal, susah bikinnya soalnya

Anonymous said...

juragan..kalu temannya ada yg butuh kuvet bisa liat dimari ya..ini link nya..

http://www.kaskus.us/showthread.php?t=7445794

makasih..semoga bermanfaat.

TUKANG CoLoNG said...

@Anonim oke thx infonya ya :)

Vee@n said...

ckck,, suka deh baca disini,,bener2 menghibur tulisannya..

wow mecahin kuvet.. padahal kuvet gitu aja ya,, ini lah salah satunya kenapa gue malas juga buat praktikum,,takut pecah, bla bla bla,, ini mending kuvet, la klo yang lain,, ais,,pernah disuruh nyuntikin sampel ke GS MS,,haha ogah ,,takut tu suntikan patah,,mending2 suntikan beneran paling harga rebuan..la ini 1 jarum aja 1.5 juta..aje gile,,hhaha,,BTW selamat ya dah jadi S.Si..aku mah pendidikan kimia jadi skripsinya bukan penelitian murni,,

Rebelion said...

assalamu'alaikum...belinya dimana ya mas, aku mecahin nih...

Anonymous said...

ada yang punya tutup kuvet nya gak ?

meg said...

lumayanlah 600 rebu

obat herbal kanker kelejar getah bening said...

keren banget,,,,

obat herbal kanker payudara said...

bagus banget postingnya ,,,,
sukses selalu ajah gan...

Anonymous said...

bedanya kuvet yang bahan silika sama yang bahan gelas itu bisa keliatan ga bedanya?

Anonymous said...

jadi belinya di mana?boleh minta infonya krn sy juga lg bingung nyari si itu kuvrett...hehehe..

Anonymous said...

saya sedia kuvet nich...

warisan usaha bokap, jadi murah meriah eiy...

http://livebeta.kaskus.co.id/thread/000000000000000007445794/jual-kuvet-silica/1

makasih

Anonymous said...

pengertian kuvet itu apa sih ??
jawab yaa :)

Anonymous said...

pengertian kuvet itu apa sih ??
jawab yaa :)

Dunia Lab Online said...

wkwkwk suka banget ma tulisan ini. padahal saya cuma lagi nyari artikel tentang spektro untuk web perusahaan.

yane meiliana said...

Saya butuh kuvet juga.. Bisa tlong infonya,. Apa no yang tertera di atas masih menjual kuvet?

Anonymous said...

http://m.kaskus.co.id/post/000000000000000385350199/1#post000000000000000385350199

Itu lapak ane gan, jual kuvet murah, bisa beli satuan, cocokbgt buat kasus mecahin kuvet di kampus...
Silahkan....

Dini Zewail said...

lucu hehehehe :D ceritanya sama banget dengan yang saya alami sekarang hiks info ya gan yg jual kuvet atau yg tau tempat jual kuvet yang bisa beli satuan :D butuh bgt bwt gantiin kuvet lab huuuuuuaaa dlu 600 rb sekarang berapa ya :-I

nurfahmam russja said...

Tadi siang aku jg mecahin kuvet kuarsa.....! Sedihh..hikshikshisk

nilza koto said...

No.tlpon d atas sudah tidak aktif ya...saya mau beli kuvetnya, karrna saya baru pecahin kemarin entah knpa...
Mohon info no hp terbarunya mas ivan terima kasih

nilza koto said...

No.tlpon d atas sudah tidak aktif ya...saya mau beli kuvetnya, karrna saya baru pecahin kemarin entah knpa...
Mohon info no hp terbarunya mas ivan terima kasih

nilza koto said...

No.tlpon d atas sudah tidak aktif ya...saya mau beli kuvetnya, karrna saya baru pecahin kemarin entah knpa...
Mohon info no hp terbarunya mas ivan terima kasih

nilza koto said...

No.tlpon d atas sudah tidak aktif ya...saya mau beli kuvetnya, karrna saya baru pecahin kemarin entah knpa...
Mohon info no hp terbarunya mas ivan terima kasih

ruth bestria said...

mmmgnya harga kuvet plastik brp kalo boleh tau? tks

Post a Comment

Jangan lupa cek twitter saya @tukangcolong
Dan channel YOUTUBE saya di
SINI