Ini Bukan Nyepi (biasa)


Yeyy! Aku balik lagi dari peradaban setelah seharian Nyepi!
Ada komentar lucu nih :)












Ehm, gini ya, sebagai salah satu kerabat dekat ogoh-ogoh yang paling ganteng (dan paling serem di kalangan manusia), aku adalah spesies yang jago melarikan diri dan bersembunyi. So, ga ikut diarak dan dibakar. Hohohoho.



Daripada diarak, mending ikutan omed-omendan deh. :p
FYI, omed-omedan adalah tradisi yang digelar sehari setelah Nyepi oleh pemuda-pemudi banjar Kaja, Sesetan, Denpasar. 2 kelompok saling berhadapan, 50 pemuda dan 50 pemudi dari umur 17 sampai 30 tahun yang belum menikah. Setelah aba-aba dari sesepuh desa, dua kelompok itu bertemu dan orang paling depan akan saling berciuman.

Tapi tenang, biasanya orang yang paling depan itu udah diatur.Yang paling depan merupakan pasangan yang akan dinikahkan secara adat beberapa hari kemudian.


Pada pengrupukan kemaren di kampungku hujan. Hujannya ga begitu deres tapi cukup membasahkan. Nanggung karena rumah udah deket, aku ga make jas ujan. Alhasil aku basah kuyup sampe rumah. Huh!

Hujannya sepanjang sore ampe malam. Tapi ga menghentikan orang-orang mengarak ogoh-ogoh, meski kalo hujan ogoh-ogohnya pasti makin berat (bahkan ada yang rusak duluan karena hujan).

Aku sendiri ga ikutan ngarak ogoh-ogoh. Aku diem di rumah mengobati mataku yang bengkak. Makasi banget buat temen-temen yang udah ngasi saran untuk mengobati bengkak di mataku ini. Ada juga yang berpendapat bengkak di mataku ini karena ngelihat paha mulus ibuk-ibuk. Hem..kayaknya sih bener juga ya.. :D Selengkapnya bisa dibaca di http://separonyolong.blogspot.com/2011/03/ini-bukan-mata-bengkak-makan-siang.html

Aku jadinya memakai cara ibukku. Ibukku ngebikinin tipat pusuh (ga dimasak dan ga diisi apa-apa dalemnya), lalu mencocolkan ke pusat mata yang bengkak 3 kali. Terus tipat itu dibuang ke depan rumah.

Mitos banget memang, tapi mungkin karena sugesti, bengkak ini sembuh!

tipat pusuh!












Jam 9 acara ngarak ogoh-ogoh seharusnya udah selesai. Karena adikku belum dateng, jadi aku jemput dia ke pantai (tujuan akhir ogoh-ogoh diarak). Kucari pelan-pelan dari pinggir jalan ampe pantai, adikku ga ketemu. Cemas, putus asa, aku balik lagi ke rumah. Eh, tu bocah udah di rumah!!

Besoknya, ketika Nyepi tiba, adik minta diurut. Dia mengeluhkan lengannya pegel abis mikul ogoh-ogoh berkilo-kilo meter bareng kelompoknya. Berhubung cara bapakku mijet kayak ngaduk adonan, dan ibukku bertenaga kuda, jadi aku yang ngurut. Yah meski ga ada tenaganya, pijetanku lebih manusiawi. Mau?

Sore harinya hujan lebat. Di beberapa daerah katanya banjir. Idealnya sih dari pagi ampe sore hujannya, terus malemnya ga hujan. Biar ga ada yang maen-maen ke jalan gitu. Tapi mungkin tuhan ga mau jadi polisi moral bagi umatnya. Bukannya aturan Nyepi udah jelas, ngapain dilanggar? Jadi malem hari dicuci dulu alamnya dari segala kotoran yang telah diperbuat.

Aku sendiri meski ibadahku ga taat, aku ga begitu melanggar pantangan Nyepi. Aku hanya tidur seharian. :p



Nyepi kemaren sebenernya ku lewati dengan ga tenang. Senin pembimbing minta bab 2, tapi ampe sekarang belum ku buat gara-gara belum punya literatur. Perpustakaannya keburu tutup. Abis BW deh aku kelarin, semoga..

Kata temen-temen blogger yang komen di http://separonyolong.blogspot.com/2011/03/ini-bukan-pengrupukan-biasa.html, ada ogoh-ogoh bentuk markus dan hal menggelitik lainnya? Wah aku ga tau itu. Kayaknya sih disiarin di TV. Ogoh-ogoh boleh bentuk apa aja yang penting mendekati bentuk raksasa. Seram, bertaring, dan sebagainya lah.


Terus gimana dengan para wisatawan yang terjebak Nyepi? Sekarang udah ada hotel dan tempat-tempat tertentu yang menyediakan fasilitas khusus Nyepi. Jadi meski Nyepi, mereka tetep bisa ngerasain liburan. Ga tau deh gimana sistemnya.

Ga sedikit wisatawan yang terjebak Nyepi. Mereka pengen melihat pawai ogoh-ogoh sehari sebelumnya, dan tradisi omed-omedan sehari setelahnya dan tradisi lain yang memaksa mereka terjebak Nyepi. Bahkan ada kok wisatawan yang sengaja ikutan Nyepi biar tau rasanya kayak gimana. :)


32 bukan komentar (biasa):

s said...

tidur seharian ya....

Djangan Pakies said...

bener ada ogoh-ogoh gambar gayus lengkap dengan uangnya.
Wah enak donk ya seharian kemarin tidur.

Inspirasiku said...

Halo Halo bli,,,,
Aku juga ikut nyepi lhoo...

kaki kecil said...

ternyata gak post juga pas nyepi, good job d^^b

Noeel-Loebis said...

hihihi...dan sukro di barisan paling depan.... besoknya udah ada foto sukro sedang kawin... hehhehe... becanda yo.. no offence..

Megi Rahman said...

pingin liat ogoh2nya gayus :)

btw sembunyi dimana sampe gk ditemuin ?
padahal pingin liat admin tukang colong dibakar :P

HALAMAN PUTIH said...

ternyata di sini juga sedang nyepi ya???
lho, ada ketupatnya juga tuh...

Rose said...

yay kmarin g ikutan liat pawai ogoh2 yg d monas, hem mungkin taon depa

catatan kecilku said...

Kemarin aku lihat di TV ada 3 orang turis yg ketangkap basah berkeliaran di jalan.
Yang sepasang (bule) berhasil dipaksa masuk kembali ke penginapannya. Mungkin juga penginapannya gak kasih tahu sebelumnya tentang Nyepi itu.
Yang satu (dari Malaysia) sepertinya ada di sebuah bangungan (mungkin semacam balai desa), dia mengatakan sejak semalam bingung karena semua gelap dan sepi. Jadi dia tak tahu ada acara Nyepi, dan mungkin juga dia tak punya persiapan utk menyambut Nyepi.

the others.... said...

Tipat pusuh itu ketupat to..? Trus... dicolokin ke mata gitu..? Idihhhh... horor banget deh.

place to study said...

Tidur seharian emangnya gak pusing dan badan jadi lemes..?

jejak langkahku said...

Sayang gak ada ogoh2 yg sedang diarak ya..?

ratansolomj9 said...

Selamat ya, udah sembuh dari bengkak di mata
Resep khusus dari ibu anda, apa sudah turun-temurun?

Irawan said...

bentuk tipat pusuh kok kaya ketupat ya... kalau ketupat bisa ga buat nyembuhin bengkak

Nurul Imam said...

Iya Nih.... Ko Kayak ketupat yah ...?

smp 3 lembang said...

wah yang saling cium itu seru sob, tapi yang memang mau dinikahkan ya

Rawins said...

kalo ogoh ogoh sih dah sering denger. kalo omed omedan suer baru tahu sekarang.
komen duluan neh, sambil nunggu buffering videonya. internetnya lambat banget neh...

Bunda Loving said...

kalau sdh seharian nyepi....trus mlm gini ngapain lagi ????
aku kurang ngerti...karena didaerahku gak ada yg ngerayain nyepi....

Majalah Masjid Kita said...

terimakasih mas... jadi tau istilah ogoh-ogoh :)

Multibrand said...

Untung anda ga ikut diarak seperti ogoh-2

ToM kuU said...

hiahahahahahah ngakak bacanya... ihh TK pengen ikutan donk acara omed2an... hahahaha kaya seru!!! hahahaha

ih TK juga mu ngerasain nyepi.. eh klo nyepi boleh main HP or internetan ga???

Akmal Fahrurizal said...

ia, omed-omedan baru tau sekarang gue juga.. hehe.. penasaran pengen tau ni kaya gimana acaranya.. wah kapan ya gue bisa jalan2 ke Bali.. wwkwkwk.. Beruntung lo uda lahir dan tinggal di Bali.. hahaaha..

Geafry Necolsen said...

aku pengen ikut omed-omedan aaahhhhhhhhhhh............... barisan paling depaaaaaaaaaaaaaaan, sapa mau lawan?? hehe

kristiyana shinta said...

aku suka layout barunya,,
sehari setelah nyepi pasti langsung rame lagi,,,
kalo nyepinya sebulan gimana yaaa?? hehhe

3sna said...

lah pas nyepi masih bisa bloggingan toh... :D xixixi...

☺☺☺ said...

huahahahaha! iyaaa kamu emang pantes diarak, tapi kalo kamu diarak terus di buang kelaut nanti aku ga ada temen buat dijailin lagi --, eh kemana aja sih berasa sepi nih.

cepot said...

hehe nyepinya tidur seharian,, but its ox.. menyenangkan ceritanya.. lain kali saya mau dong di urut.. hehe

Meutia Halida Khairani said...

huahahahaha =))
ogoh2 gayuss??! =))
asli deh ngakak beneran.. emang paling enak kalo ga boleh kemana2 n ngapa2in ya tidur aja :D

Muhammad A Vip said...

setelah nyepi kok nggak ada perubahan kayaknya? itu gambar cewek tabok2an kok dipajang, bahaya.

r10 said...

aku sudah ga kuat tidur seharian ... eh videonya kok bisa lulus sensor youtube? :p

Wiwied said...

ahahahahaha...
kayak apa ya fenomena wisatawan yang ikutan nyepi biar bisa ikutan ngerasain itu???
gak kebayang deh ^____^

Personal Blog of Ayuni Rianthy said...

great post...
success for u always
http://stopkeringatberlebih.com

Post a Comment

Jangan lupa cek twitter saya @tukangcolong
Dan channel YOUTUBE saya di
SINI