Ini Bukan Pengrupukan (biasa)


Saat pemuda pemudi Bali bikin ogoh-ogoh di kampung masing, aku sibuk dengan tugas akhir. Bener-bener derita mahasiswa semester akhir terancam terkucilkan dari pergaulan.

Envy banget liat temen-temen share di jejaring sosial tentang progress ogoh-ogohnya, kegiatan mereka menyiapkan acara pengrupukan, dan bla bala bla.. Tapi kalo pun aku senggang biasanya juga ga ikutan, hehe


Buat yang belum tau apa itu ogoh-ogoh, aku jelasin dulu dikit.
Ogoh-ogoh semacam boneka raksasa yang dibuat berbentuk raksasa atau mahluk yang menyeramkan. Yang ku tau sih, ini adalah simbol sifat - sifat jelek dalam diri manusia. Pada malam pengrupukan (H-1 Nyepi), ogoh-ogoh dibawa ke pantai untuk dibakar.


















Sebelum pengrupukan umat Hindu juga melakukan melasti atau melis (nama ini tergantung daerahnya). Umat Hindu bersama-sama ke pantai melakukan upacara. Ke pantainya ada yang dengan kendaraan, ada pula yang berjalan kaki. Sebenernya aku rada ga enak ngebahas upacara-upacara Hindu, sebagai umat yang murtad, aku ga begitu paham gimana detailnya.



















Pokoknya kalo hari raya besar gini, jalanan pasti macet karena umat Hindu sedang melakukan persembahyangan. Untuk umat lain, harap maklum ya..:)

Aku juga rencananya pulang cepet hari ini, biar ga keburu nemu macet. Karena hari ini ogoh-ogoh dikeluarin  ke jalan, dan kalo kita ketemu ogoh-ogoh udah diarak, pasti kita ga akan bisa lewat. Jalan penuh, ditutup untuk sementara!

Besok nyepi, Bali bakal lega dari polusi udara dan suara.
Saat Nyepi umat Hindu melakukan Catur Brata Penyepian. Empat larangan yang tidak boleh dilakukan saat Nyepi. Diantaranya:

  1. Amati Geni. Ga boleh menyalakan Api (dan sinar kalo ga salah. Api juga berarti kemarahan)
  2. Amati Lelunguan. Ga boleh bersenang- senang dan berfoya-foya.
  3. Amati Lelungan. Ga boleh bepergian.
  4. Amati Karya. Ga boleh bekerja.
Ga mau munafik, aku juga ga sepenuhnya melakukan semua pantangan ini. Bahkan tahun lalu meski di dunia nyata sepi, dunia maya tetep aja ada aktivitas. Banyak umat Hindu yang buka facebook. Hihi

Terus kalo ada yang nanya, kalo ga boleh nyalain api, berarti ga masak dong? Ngapain aja yang boleh dilakuin kalo ga boleh menghibur diri dan bekerja?
Kalo meurutku sih, Sang Hyang Widhi (Tuhan Hindu) membantu memberikan waktu untuk umatnya dan alam beristirahat sejenak. Sehari dalam setahun untuk merenungi apa yang telah dan akan dilakuakan. Korbankan sehari kepentingan diri untuk-Nya, maka Dia akan memberikan lebih dari yang diharapkan.

Beberapa kebiasaan yang dilakukan orang non Hindu di Bali menghadapi Nyepi misalnya membeli stok makanan yang banyak. Bahkan ada yang meninggalkan Bali untuk beberapa hari.

Jadi inget ama anak-anak Asrama dulu. Mereka memasang kardus di setiap lubang kamar. Jadi kalo nyalain lampu di kamar, ga akan keliatan. Sebagai anak kos dengan uang bulanan minim, ga bisa ngeborong isi swalayan untuk stok sehari, mereka harus puas makan mie seharian selama nyepi. :D

Budaya memberi ucapan pun juga bergeser, dari silaturahmi ke rumah, ke kartu pos, trus telpon, lalu sms, wall facebook, twitter, bahkan chat. Hemat dan praktis adalah alasan utama. Ckckck

Aku sendiri orangnya pasif. Jarang banget berucap salam hari raya gitu secara khusus ke seseorang. Tergantung mood disana aja gimana.










SMS ucapan hari raya yang paling absurd adalah yang masuk ke kartu hapeku yang lagi satu. Pengirimnya dari pak Gubernur! Sebentar gue mau kaget dulu,.. udah. Ternyata ini semacam layanan dari providernya. Sempet ku mikir, aku kan tukeran nomor ama anaknya, kenapa bapaknya yang ngirim SMS..

SMS dari gubernur ini aku pake bales sms ucapan hari raya ke temen-temen. :D

Ngomongin SMS, pas aku mantengin paha mulus ibuk-ibuk kemaren, pacar dapet SMS penipuan berkedok kirimin papa pulsa. Singa dikucingin, kita bales aja SMS itu dengan nge-forward sms pemberitahuan transfer pulsa udah berhasil (yang biasanya kita terima sehabis beli pulsa). Mampus lo!

Sebagai penutup, aku mengucakan, Selamat Hari Raya Nyepi. Semoga Hari Raya Nyepi dapat membawa kedamaian bagi kita semua! Ini copas dari SMS gubernur, :p

FYI,
Sendal ku yang putus hilang di parkiran mekdi. Aku taroh di motor, pas pulangnya udah ga ada. Mungkin jatoh kena jas ujan, dan aku ga tau. Soalnya buru-buru mau pulang, hujan.

48 bukan komentar (biasa):

♥chika_rei♥ said...

sempet liat di tipi katanya ada ogoh2 bentuk gayus ya :D
hehee...

fitr4y said...

aku ikut nontong yg agy goyang2 tuh ... :)

K-On said...

Luangin waktu sehari dong Mas Bro....Buat ngucapin syukur ma yang diatas....

Gedubrax...njungkel...mlumah...mengkurep...njengking...ndloshor...

Noeel-Loebis said...

selamet menyepi...

btw ini yah maksud tweet lo semalem mau tobat?? hehehhe... peace yo...


oh yah nice ifo terutama soal yang ngisengin sms minta pulsa.. kapan-kapan mau gw praktekin bro,.... hehehhe

Muhammad A Vip said...

selamat nyepi. tapi jangan jejingkrakan begitu dong, nyepi dikamar sendirian tapi jejingkrakan.

kaki kecil said...

selamat hari raya nyepi buat umat se-dharma.. :)
hati2 pulkamnya :)

combrok said...

Wah,dikit lagi hari nyepi, Selamat hari nyepi...!

hoedz said...

Selamat hari raya Nyepi ...
wah .. jadi pengen kesana pas nyepi .. katanya ogoh-ogoh nya bagus² ya .. ?
sayang ya di bakar .. T_T

BeDa said...

benar-benar bulan blog (biasa). baru pertama ke sini. Menjalin silaturahim

Salam ukhuwah (alexanya bagus)

Rizkyzone said...

nambah pengetahuan saja deh buat acara ada istiadat bali, saya juga pernah dapat sms penipuan modus kirim mama pulsa, perasaan mamam q g bisa nilis sms

Najibblog2010 said...

Good post sob...

gandiwor said...

Sekedar Info Buat kawan2 sesama blogger,
Posting juga artikelnya di http://www.sekilasinfo.net, dapatkan vote, backlink dofollow, dan trafict balik keblog kawan. trims

Irawan said...

Yang terbang kok mirip ama gatotkaca... selamat hari nyepi ya (buat besok, soalnya kalau taat biasanya ga nyalain komputer)...

Megi rahman said...

met hari raya nyepi sob :D

Zan Insurgent said...

berarti ente orang besar juga ya di smsin pak gubernur ;p

Corat - Coret [Ria Nugroho] said...

ogoh-ogoh gayus itu orang daerah mana ya yg bikin hehehe :p
btw itu gambar gif yg dibawah *doh* bikin aku geleng2 kepalanya liatnya toh =))

hanya said...

met hari nyepi dagh buat kawan2 yg memperingatinya...
ternyata adat dibali begitu ya

moenas said...

banyak banget pantangannya ya brow, sampe 4 pantangan tuh

BANDAROSATI said...

met nyepi bli..... tiang udah knagen mo maen ke bali... nich..

Gaphe said...

selamat hari raya nyepi Kro.. nggak papa nggak ikut bikin ogoh2.. asal besok pas omed-omedan ikuut. hahahaa

Meutia Halida Khairani said...

wah jujur aja, saya baru tau loh kalo sampe ngga boleh nyalain lampu, bekerja, foya2, etc. it's nice to know sob. jadi bertambah wawasan. :D

archer said...

emang anak pak gubernur cakep ya?? hehe kenalin donk

SMP 3 LEMBANG said...

hallo Sob semoga semua acaranya berjalan lancar , rasanya pingin lihat langsung ogoh-ogoh itu pasti luar biasa

NINDAAA said...

waah keren sekali konsep blog ini salam kenal :D

Nyach said...

ogoh ogoh yang paling ngetren sekarang apa ya ?

mbletek mbletuk said...

met nyepi ea?

☺☺☺ said...

hei selamat nyepi huahaha merenung sana jangan ngeblog ;p

place to study said...

Selamat Hari Raya Nyepi Om... :)

jejak langkahku said...

Sandal yg putus hilang jangan ditangisin dong.... hahaha

catatan kecilku said...

Beberapa hari yg lalu aku lihat di koran ada yg buat ogoh2 yg lucu, sengaja dibuat spt itu biar gak serem kata si pembuatnya.

the others.... said...

Ogoh2 yg terbang spt itu buatnya gimana ya..? Keren banget.

ndaroini said...

kematin kayaknya gayus juga sudah naik pangkat jadi ogoh ogoh iuga yak?

M Mursyid PW said...

Selamat hari raya NYEPI untuk saudara2ku umat Hindu di Bali.

kamal said...

kalo budaya yang ciuman massal apa namanya bro... bahas.. dong bro.. heheh serrrruuu tuch":)

..:..Rez Iras ..:.. said...

sayang yaa,,susah2 buat ogoh2 trus dibakar,,hehe,,
btw selamat hari nyepi,,

niee said...

wah bli mali selamat nyepi ya..
jadi teringat kawan aku satu2nya di Pontianak yang ngerayain nyepi,
tapi sekarang udah pindah ke Bali, jadi kagak ada yang bisa dikunjungi lagi deh :(

Dhana/戴安娜 said...

salam sahabat
ouw raya nyepi yach selamat bagi yang merayakannya yach

Mobil Gratis dari Telkom said...

ah kenangan di tanah lot kembali terbayang..
setahu ane nyalain komputer atau hape kan termasuk kategori 'nyalain api' bli, he he

damai di hati damai di bumi :)

kisah abu nawas said...

salam sob
ikutan nonton

Multibrand said...

Selamat Merayakan Hari Raya Nyepi.
Semoga dunia, khususnya Indonesia, semakin damai sejahtera.

ica puspita said...

selamat hari raya nyepi. nyepi jangan fesbukan lho, he3

salam kenal, semoga bisa terus saling berkunjung :)

attayaya_harimau said...

aku dulu pernah liat ogoh2...
asiiik ya
rame2

AeArc said...

bukan komentar (biasa)

iam said...

Jahaha masih ada aja sms kirimin papa pulsa :p

Putrie said...

Sejak kapan Blogmu berubah,Bli??
Aku kok nggak tw yah??

Felicia Putri said...

Selamat hari raya Nyepi?

Btw, Bali kan daerah wisata ya, nah kalo Nyepi gitu gimana?

Putrie said...

Oh ya, Aku ngasih award. liad yah..

andre said...

selamat hari raya nyepi juga buat yang merayakan. salam kenal

Post a Comment

Jangan lupa cek twitter saya @tukangcolong
Dan channel YOUTUBE saya di
SINI