Yang Katanya Gerhana Matahari Total Pas Nyepi


Saya terpaksa melanggar salah satu pantangan di hari Nyepi yaitu Tidak Menghibur Diri. Pantangan itu saya lakukan karena saya menonton Gerhana Matahari Total.

Jika dikasi umur panjang, tahun depan saya bisa ketemu sama Nyepi. Ya kita optimis aja dulu, kan. Kalo Gerhana Matahari Total, terjadi setiap 33 tahun sekali yang bisa dilihat di Indonesia. Karean itu saya rela - relain bolong ibadah Nyepi-nya demi GMT.

Dari info - info yang saya denger, GMT gak bole dilihat dengan mata kaki, soalnya mata kaki ga bisa melihat. GMT juga ga bole dilihat dengan mata telanjang karena sinarnya bisa merusak mata. Karena ini event 33 tahun sekali, saya sudah mempersiapkan menonton fenomena alam langka ini dengan sebaik - baiknya, biar resikonya bisa diminimalisir, dan nontonnya jadi maksimal.

Meski ga punya kacamata khusus nonton gerhana, tapi saya sudah menyiapkan alternatif lain yang pasti gak bakal merusak mata saya saat nonton GMT.


 Persiapan sudah, kini saya dan ibu, dan adik, dan pacarnya udah ready di lapangan menghadap ke langit timur menunggu detik - detik terjadinya GMT. Sampai saat tiba waktu memasuki pukul 7 pagi waktu Bali, langit mulai gelap. Gak segelap yang di Belitung atau Sulawesi, tapi cukup bikin kami kagum.

Penampakan matahari awal - awal dimulainya GMT sungguh menakjubkan.


Langit berubah jadi biru tua muram. Gelapnya seperti mendung, tapi kita masih bisa melihat langit tanpa awan satu pun!

Sembilan menit telah berlalu, tapi pemandangan gelap masih saja saya lihat. Yang ada di depan mata saya hanyalah matahari berbentuk cincin dengan lubang hitam di tengahnya. Katanya GMT hanya berlangsung 9 menit, tapi ini sudah sejam berlalu tapi matahari masih saja saya lihat berlubang. sampai akhirnya saya sadar, yang saya lihat adalah:


Esok harinya kami baru bisa mengitu euforia GMT di TV karena kemarin sinyal TV di Bali diputus dalam rangka Nyepi. Kami sekeluarga juga tidak menyimak beritanya di hape karena kami sepakat untuk tidak membuka gadget saat Nyepi, sebagai salah satu kewajiban Nyepi untuk tidak bekerja dan tidak menghibur diri.

Satu hari berlalu setelah GMT, rasanya ingin sekali kembali merasakan fenomena itu. Saya bersyukur selama saya hidup saya sudah melihat gerhana bulan dan gerhana matahari. Sesuatu yang saya impikan dari kecil dan saya kira gak akan bisa terwujud.

Lalu tiba - tiba ibu saya balik dari pasar dan bilang melihat matahari tertutup bayangan hitam lagi. Saya gak langsung percaya. Tapi ibu saya ngotot, dan diapun menunjukan foto saat terjadi gerhana matahari yang Ia lihat pagi itu.


8 bukan komentar (biasa):

Diar Nurhakim said...

Hehehe saat gerhana matahari, logo mataharinya ilang ya ketutup... wkwkwkw hehe :)

ninda said...

ngakakk kok jatohnya depatmensetor yg gerhana :D

Naufal Akhdan Baihaqi said...

hahaha..ada-ada aja ya.. ngakak lihat gambarnya itu. lucu-lucu.

nurul iman said...

Hmm saya suka gaya lo, ahi hi hi keren banget tuh yang pakai kaca lampu depan motor, ahi hi hi.

bodet bey said...

kocak picture nya :V terima kasih atas info yang sangat unik dan beda ini

Obat Tradisional Yang Sangat Efektif Menyembuhkan Penyakit Hepatitis

Unknown said...

hahahaha itu bkn gerjana mata hari tapi gerhana mall
Salam para POKERMANIA....
Dalam Event Ulang Tahun Poker99.net situs poker online terbaik & terpercaya mengadakan
Hot Promo Poker99.net Edisi Ramadhan :
- Bonus Extra Deposit 10% ( Max 50Ribu )
- Dalam 1 hari bonus hanya di berikan 1 kali
- Maksimal bonus yang di berikan 50.000 / hari
- Pengambilan bonus harus di konfirmasi ke live chat terlebih dahulu
- Minimal turn over harus mencapai 3x dari nilai deposit anda
NB : jika ada terdapat unsur kecurangan maka bonus akan kami tarik kembali

Mari segera daftarkan diri anda dan nikmati bonus deposit nya setiap hari :)
LINK >>> http://poker99.co/

Jangan Lupa Memberitahukan Promo Menarik ini kepada Kerabat Anda.
Silakan hubungi kontak kami di :
WEB : http://poker99.net/
LINK ALTERNATIF : http://kartu99.net/
LIVECHAT : http://bit.ly/1TTxFqq / http://bit.ly/1WCbo4A
FB : http://bit.ly/1TP3NJ2
PiN BB : 5C0356AE
WA : +669 8314 500
YM : Poker99_cs1

Bimo Aji Widyantoro said...

itu apaan coba logo mataharinya hilang segala, hehehe

Public Speaking Semarang 0821.4150.2649 T.Sel said...

ini yang namanya miss komunikasi
PELATIHAN TRAINER SURABAYA

Post a Comment

Jangan lupa cek twitter saya @tukangcolong
Dan channel YOUTUBE saya di
SINI