Yang Katanya 44 Cara Nambah Penghasilan


Kalo soal duit, apalagi soal nambah duit, pasti banyak yang mau. Iseng - iseng browsing, ketemu artikel di situs Forbes yang ngasi tips gimana caranya meningkatkan penghasilan. Sarannya gak cuma 3, 5, 7, atau sepuluh. Tapi 44!

Mumpung lagi gak ada kerjaan, dan mumpung lagi mood, saya ulas lagi disini buat catetan ke diri sendiri kalo - kalo pengen mempraktekannya suatu saat nanti. Kali aja artikel aslinya yang masih berbahasa Inggris dihapus sama Forbes. Semoga bermanfaat juga untuk kalian.

Kita mulai tips yang pertama.

1. Pindah Kerja.
Ini cara paling logis. Kalo ngerasa penghasilan di tempat kerja yang sekarang gak oke, solusinya cuma dua: pindah ke kerjaan yang ngasi income yang lebih gede, atau bertahan dan syukuri apa yang dimiliki sekarang. Kalo pilihan kedua yang diambil, jangan ngeluh lagi! Dan jangan ngiri sama temen yang hidupnnya lebih baik.

2. Minta Kenaikan Gaji
Dalam keadaan sulit, kadang kita jadi susah mikir jernih. Saya pun kalo misal dalam keadaan terjepit gak bakal kepikiran cara yang ini. Cara yang simpel tapi ya memang ini yang harus dilakuin. Asal inget, minta kenaikan gaji juga harus diiringi kenaikan kontribusi ke perusahaan. Jangan sampai bukannya gaji naik, malah kita dipecat.


3. Freelance
Nyambung dari tips nomer 1, pekerjaan baru yang bisa dilakuin jaman sekarang adalah Freelance. Apalagi di jaman serba canggih kayak sekarang. Banyak situs di internet bisa jadi jembatan antara pencari jasa dan penyedia jasa, tinggal nyari yang cocok aja. Wadah bagi yang pengen jualan online pun udah buaaaanyak banget.

4. Blog
Saya seneng banget Forbes memasukkan dunia yang sedang saya sukai ini sebagai salah satu sumber peningkatan penghasilan. Kalo dari Forbesnya sih mereka nyaranin masang Google Adsence dan iklan - iklan gitu di blog, tapi masih banyak cara lain yang saya tahu. Misalnya bikin buku dari blog, review produk, atau jualan barang kita sendiri. Forbes ngasi saran yang oke banget tentang ngeblog: 
"Jangan fokus ke duit dan keuntungan. Ngebloglah dari sesuatu yang kita bisa dan sukai. Setelah itu baru fokus ke memberi manfaat ke orang lain"
5. Trainer
Kalo ngerasa punya pengalaman dan keahlian yang cukup dalam suatu bidang, menjadi trainer bisa dicoba. Misalnya melatih karyawan - karyawan pada sebuah perusahaan. Apalagi kalo keahlian public speakingnya bagus, bisa jadi MC atau motivator.

6. Guru Privat
Ternyata jadi bimbel privat adalah salah satu kerjaan yang oke juga di luar sana. Kirain di tempat saya doang.

Jadi guru itu gak gampang. Musti sabar dan pinter mentransfer ilmu biar bisa masuk ke si murid. Disini butuh kreatifitas dari si guru, dan sekali lagi, musti sabar. Waktu kuliah saya pernah ngajar les, tapi sekarang belum berani nycoba lagi. Hoho

7. Mengajar di Kursus Online
Ini pekerjaan yang baru saya tahu, jadi gak banyak yang bisa saya komentarin. Yang juga pengen tahu lebih dalem, Forbes ngasi beberapa situs Kursus Online yang bisa jadi tempat kita ngajar. Diantara Udemy dan Skillshare.

8. Pegawai Kontrak
Menjadi pegawai dengan kontrak dalam kurun waktu tertentu menjadi salah satu pilihan Forbes. Kalo di Indonesia misalnya kerja di lembaga - lembaga survey, daily work, atau crew di event - event. Setau saya sih salary yang mereka kasi lumayan gede. Tinggal nyari info lowongannya aja. Kalo gak salah BPS lagi ngebuka lowongan untuk 400 ribu orang sebagai tenaga Survei Ekonomi 2016 pada bulan Mei. Gajinya 3 juta/bulan, dan fasilitas lengkap lainnya. Kalo pengen gabung, buruan daftar ke BPS di tempat kalian. Soalnya pendaftarannya sampe Maret (kalo ga salah).

9. Jualan Kerajinan Tangan
Ini masih berhubungan dengan tips nomer 3 yang jadi Freelance. Buat yang kreatif, bisa bikin barang - barang lucu dan menarik, bisa tuh dijual - jual. Mau saya bantu jualin? ;)

10. Jadi Guide
MUAHAHAHAHA! Ini ide kreatif banget. Saran saya, kalo mau ngejalanin cara ini, jangan nanggung. Sekalian jadi yang profesional, dengan melabeli kita 'GUIDE'. Soalnya orang Indonesia yang kental dengan budaya timur (meski sekarang udah gak kentel - kentel banget, udah mulai encer oleh budaya barat), masih lekat dengan sifat gak enakan. Misalkan saya yang tinggal di Bali, ada aja temen yang minta dianter kemana - mana. Namanya temen, mana enak saya minta ongkos. #curcol

11. Catering
Catering di luar agak beda dengan catering disini. Catering di Indonesia identik dengan kawinan, meeting, atau acara - acara besar dengan pesanan makan yang gak sedikit. Kalo di luar, cateringnya bisa juga melayani pesanan untuk dating. Mungkin bagi kamu yang bisa masak, temen dan keluarga selalu suka sama masakan kamu, bisa mulai membuka jasa ngemasakin orang lain dalam order yang gak sebanyak catering kawinan. #IDEBISNIS



*

Sebentar,

ini serius saya mau lanjut sampe 44??

Kayaknya gak deh. Ini aja udah panjang. Saya lanjutin di tulisan selanjutnya aja, ok? Biar yang 11 ini diresapi dan dipahami lalu dipraktekan. Kalo kebanyakan entar malah gak ada yang masuk ke kepala (alesan padahal capek ngetik).

Oke, segitu dulu copy-paste-edit tips dari saya hari ini. Sampe ketemu di tulisan selanjutnya.

Salam remes pantat. :*



2 bukan komentar (biasa):

Niki s said...

Ayo dund bang lanjutin lagi masih ada 33 cara lagi
Ane tunggu bang
Itu tipsnya langsung dibarengin bang
Wah mesti multitalenta y bang kalo dibarengin mah

21inchs said...

syukurlah berhenti di 11,
kapok aku mbacanya..

Post a Comment

Jangan lupa cek twitter saya @tukangcolong
Dan channel YOUTUBE saya di
SINI