Yang Katanya Video Blog / Vlog


Maunya hari ini gak ngeblog. Buka laptop, konekin ke internet, terus baca - baca dan nonton video - video aja. Realitanya, baru buka laptop bentar, pas ngebuka situs lain kok perasaan jadi gak tenang. Geli - geli basah gitu. Berasa ada yang kurang. Kayak hape tanpa layar.

Untuk mengobati kegelisahan, saya buka dasbor dengan niatan baca - baca blog - blog orang. Yah malah bablas bikin tulisan ini. :))

Udah hampir 7 tahun sejak saya ngeblog tahun 2009. Udah banyak yang berubah. Temen - temen blogger saya dulu udah pada gak ngeblog lagi. Udah pada nikah. Udah pada sukses. Diantaranya masih ngeblog, tapi gak serajin dulu. Gaya tulisannya jauh lebih dewasa dan bijak. Cuman gue aja yang gak berkembang - berkembang. Muehehehehe

Yang juga berubah dari dunia blog adalah media untuk ngeblog. Dulu blog dikenal sebagai singkatan webblog. Sekarang mulai banyak orang - orang terkenal karena ngeblog, tapi lewat media lain. Video.

Perkembangan dunia digital meroket tinggi. Alat ngerekam udah pada canggih banget dan gampang didapet. Bikin video blog bukan hal yang susah. Yang susah itu adalah niat. Saya juga sedang mencoba menuju ke arah sana. Ayo generasi muda Indonesia lainnya, mari mulai berkarya!

Mulai dari yang simpel - simpel aja dulu. Bikin video blog, misalnya. Mulai dari keseharian kamu atau hal - hal yang meresahkan pikiran kamu. Tidak semua video bisa sukses. Coba aja terus, kali aja di percobaan yang kesekian, kita bisa berhasil. Kita generasi mudah harus bangkit. Gak bole cepet nyerah!

Biar gak melulu share video bikinan orang aja. Saya aja mulai gak nge-share artikel orang lain, kecuali beritanya emang menarik atau lucu. Di sosmed saya cuma share blog saya aja. B)

Beberapa selebblog mulai rajin bikin video blog, atau yang disingkat VLOG. Menariknya, ada perbedaan yang terlihat di video yang dibuat oleh orang yang basic-nya blogger, dengan yang memang dari awal bukan blogger.

BloggerKarena terbiasa dalam menulis, yang biasanya kalo menulis pasti dipikirin dulu konsep dan alurnya, video oleh blogger cenderung lebih rapi, lebih kaku, dan terstruktur. Tampak gak alami memang, cuman bisa dilihat kalo video itu segalanya dipikirin secara detail.
Cara penyampaiannya juga masih rada ragu, atau ketawa - ketawa gak pede.
Ngomong depan kamera emang gak gampang. Saya pernah ngoba di video - video saya. Meski pas syuting gak ditonton banyak orang, tetep aja selalu cemas dengan penampilan diri sendiri.
Tapi ga semua kayak gini, ada juga blogger yang keren banget videonya.
Vlogger
Orang - orang yang dari awal udah bikin video tanpa pernah ngeblog sebelumnya, videonya lebih alami. Berasa tanpa naskah. Semua terjadi mengalir, dan hal - hal yang terjadi terkesan memang kayak gitu adanya.
Editan videonya tampak kasar, tapi saya tahu, mereka lebih paham cara ngedit daripada yang lain.

Berlaku juga kebalikan kalo vlogger disuruh nulis di blog. Itu dibahas nanti aja di topik yang lain.

Banyak youtuber yang saya suka banget vlognya. Ada Skinnyindonesian24, Benakribo, Aulion, Kevin Anggara, Pewdiepie, Raditya Dika, Arief Muhammad, Edhozell, AA Uta. Dan masih banyak yang lain, gak bisa saya sebutin satu - satu semuanya. Saya tampilin beberapa diantaranya.

Bayu Skak


Kalo kalian search namanya di google, bakal kalian temui banyak banget video maupun tulisan yang ngebahas orang ini. Dia udah terkenal banget. Sering masuk TV dan main film karena ketenarannya di youtube.

Konsepnya unik. Berbicara dengan bahasa jawa, dan konten yang disampaikan terkadang serius, tapi dengan cara komedi.

Dulu saya sering lihat dia di trending youtube, cuman gak terlalu tertarik. Setelah Ia diajak main film oleh Raditya Dika, barulah saya mulai penasaran dengan video - videonya.

Chandra Liow


Saya tahu Chandra dari video benakribo. Dasar orangnya emang lucu dan kreatif, jadi mau bikin video apapun juga lucu. Video di atas salah satu contohnya.

Rezaoktovian
Biasanya dipanggil Arap. Dia lebih sering bikin video tentang game. Saya suka mendengar celetukan - celetukannya bersama teman - temannya pas main game. Pokoknya gak lolos sensor banget! Asli kocak parah


Laurentius Rando
Ini vlog paling nyante yang pernah saya tonton. Videonya direkam seadanya. Semua tampak biasa - biasa aja. Tapi bisa bikin saya terus menyimak sampai akhir, padahal durasi vlognya panjang - panjang. Seneng aja nonton kesehariannya dia, yang kayaknya gak ada matinya, dan caranya dia menghadapi sesuatu yang kayak gak make mikir tapi tetep seru.


Saya terinspirasi sama L Rando, terutama dalam caranya dia menyampaikan kesehariannya. Dia salah satu pengaruh dalam gaya saya menulis blog. Makanya sekarang saya biasanya ngetik pake gaya kayang, kadang yoga, kadang pake kaki.

Candaaa... Yang saya maksud adalah perngaruh ke gaya penulisan saya. Yang mengalir, apa adanya, gak pake aturan ini itu. Asik. Berasa jadi diri sendiri.

Dengan sifatnya yang ceria, gokil, selalu semangat, saya kira dia lahir dari zodiak - zodiak yang emang terkenal supel dalam bergaul. Ternyata zodiaknya sama dengan saya!

Tapi kok kami beda banget ya?

Saya gak mau lagi deh percaya zodiak! *bakar kalender


16 bukan komentar (biasa):

Niki Setiawan said...

terus kapan nih nikah nyusul temen-temennya eh, kapan punya vlog kang?

Diar Nurhakim said...

Coba dibikinkan video tentang ngeblog yang nggak berkembang-kembang, dibandingkan dengan temen-teman yang sudah sukses nikah wkwkwkwkwkwwkw :) hehehe :)

AuL Howler said...

mau merambah dan mengepakkan sayap ke arah video juga sih

tapi cover lagu. nggak vlog vlog an
belum berani hihi

ninda said...

bli kemaren kemana aja? haha
eh mau ikutan vlog jadinya?

Watch movie HD said...

di tunggu vlog nya bli, IMO channel genre gaming yg lg booming2nya xD

tokounix said...

jadi kepikiran buat vlog juga, apa ya ada yang ngeliat ya?? hmm

Andrew said...

di tunggu vlog nya sob, kalo saat masih mau mendalami blog dan SEO nya dulu,,heheheheh

momogrosir said...

kalau aku lebih suka LDP

Rangga Rahadi said...

ikut nyimak aja nih, masih newbie :V

gunawan efendi said...
This comment has been removed by the author.
gunawan efendi said...

Kayak nya asyik ni kalo bikin vlog..
Tapi bikin tulisan aja masih kacau balau apalagi bikin video.

Gak kebayang hancur nya kayak mana ?

Pengobatan kanker ovarium said...

video yg pertama bikin greget :)

putri marulia said...

gak minat bikin vlog juga, mas?

i Jeverson said...

tim2one masih jadi favorit sih kalau indonesia, kalau barat.. nigahiga masih topmarkotop! buset, udah lama jug ayak ngeblog.. dari 2009..

uben herdian said...

Masih inget dulu waktu bayu skak, belum terkenal banget, ngomongnya juga masih bahasa jawa, gak ngerti, tau terhibur. Eh taunya sekarang udah sukses banget. Kalo di indo saya suka reza oktavian.

Order Label Baju said...

hahaha bayunya di sensor :v

Post a Comment

Jangan lupa cek twitter saya @tukangcolong
Dan channel YOUTUBE saya di
SINI