Yang Katanya Cara Ngatur Brightness Laptop yang Rusak


Saya dapet ilmu baru.

Sampai awal 2008 aktifitas ngetik, ngenet, dan main game komputer saya lakuin di warnet atau tempat rental. Ketika mulai kuliah pun masih seperti itu. Nyari tugas OSPEK musti ngantri di warnet karena tempatnya penuh. Pas kuliah udah mulai berjalan, saya masih begadang ampe pagi buat tugas di komputer warnet.

Lalu pada suatu subuh di pertengahan 2009, saat saya masih kutak kutik depan layar komputer, masih komputer warnet tentunya, ibu saya tiba - tiba nelpun nanyain kabar. Waktu itu udah jam 3 pagi, saya jawab aja jujur lagi di warnet bikin tugas. Denger jawaban saya, ibu saya kaget.

Kaget karena ada warnet yang mau nerima orang macem anaknya ini.

Becanda. Ibu saya kaget anaknya subuh - subuh masih di luar. Setelah kejadian itu Ibu saya membelikan saya sebuah laptop hasil uang tabungan yang Ia sisihkan dari uang hasil jualan di pasar, biar anaknya gak perlu bikin tugas keluar rumah ampe malem.

Karena sudah punya laptop, saya gak perlu lagi bikin tugas ke warnet. Cukup di kos saja. Tapi karena udah terbiasa bikin tugas dalam suasana warnet, saya dekorasi kamar kos saya jadi ala warnet lengkap dengan orang - orang yang pura-pura lagi nyewa internet. : ))

Laptop pemberian ibu masih bertahan dan saya pakai sampai sekarang. Gak saya ganti - ganti.

Namanya dapet mainan baru, tentu seneng banget, dong. Saya pakai laptop itu hampir nonstop 24 jam setiap hari. Alhasil lama kelamaan batrenya ngedrop. Cuma butuh 1 menit untuk bikin dia penuh 100 persen lagi dari keadaan mati total, tapi baru dipakai 5 menit langsung mati. Padahal indikator batrenya gak menunjukkan penurunan kapasitas.

Mulai sejak itu saya gak bisa lepas dari chager setiap mau make laptop. Laptop saya gak bisa dipakai kalo gak terhubung ke colokan. Saya males beli batre baru karena bakal terulang kesalahan yang sama. Karena masih bisa bertahan dengan keadaan yang sekarang, saya tetap bekerja dengan laptop ini meski dalam keadaan batre gak jalan.

Resiko laptop dinyalakan dalam keadaan batre gak berfungsi adalah saat listrik tiba - tiba mati atau ada yang nyabut colokannya, laptop akan langsung mati. Selain data yang sedang dibuat ikut hilang, laptop yang mati mendadak akan merusak RAM dan motherboard. Biaya ngebenerinnya bisa seharga laptop baru.

Resiko lain dari colokan laptop yang selalu terhubung adalah kecerahan layar gak bisa diatur, soalnya udah diatur secara otomatis oleh laptop. Kagak bisa dinaik turunin.

Laptop saya stuck dikecerahan tinggi. Biar gak bikin mata silau, saya bungkus aja layarnya pake kertas plastik transparan warna gelap. Saya tempel pake isolasi. Sekalian jadi screen protektor, melindungi layar dari goresan dan percikan air hujan kalo lagi kerja di luar.

Saya bekerja dengan laptop kayak gitu sampai awal tahun ini. Sampai pada akhirnya setelah laptop saya balik dari bengkel untuk dibenerin slot headsetnya, kecerahan laptop saya berubah yang awalnya mode tinggi, ke mode paling redup. Kalo pas cerah bisa ditutupin kertas gelap, ya kali kalo redup kayak sekarang, saya ngeliat layarnya pake senter?!

Karena udah urgent banget butuh kerja di laptop ini, saya cari tahu solusinya di google.

Laptop saya memakai Windows 8. Itu lho, yang layar wallpaper default-nya kayak gini:

Yang baru nginstal Windows 8, pasti langsung dikasi wallpaper ini 

Geblek, kenapa gue baru kepikirannya sekarang nanya tante Google?!

Ternyata, ngatur kecerahan layar yang not responding itu gampang banget!

Jadi caranya gampang banget. Saya klik ikon batre (biasanya letaknya di pojok kanan bawah), lalu akan muncul tab baru. Saya pilih "Adjust Screen Brightness".


Selanjutnya akan muncul tab Power Option. Saya cari pengaturan Screen Brightness, letaknya di paling bawah. Langsung deh kecerahannya bisa saya atur.


Layar laptop saya yang awalnya burem, kayak berendem di kolam yang penuh berisi Ponds, cerah!


3 bukan komentar (biasa):

Niki Setiawan said...

Oh gitu y cara atur kecerahannya ya mas
Kirain layar laptopnya dikasih ponds biar cerah
Resikonya tinggi juga tuh kalo tiba2 mati listrik
Kenapa ga beli baterainya mas
Di warungkan murah2 mas bateri
2 ribuan

Gilang Surya said...

waduh mas, ciptain gitu batrei dari polusi udara. tahan lama dah itu

Gilang Surya said...

waduh mas, ciptain gitu batrei dari polusi udara. tahan lama dah itu

Post a Comment

Jangan lupa cek twitter saya @tukangcolong
Dan channel YOUTUBE saya di
SINI