(ga sekedar) Bule Jerman ke Rumah


Hari ini tepat setahun lalu pertama kali saya mulai menjalin komunikasi dengan pacar di awal pertemuan kami. Media yang kami gunakan via SMS. Tanggalnya gampang diinget karena bertepatan dengan hari Ibu.

Facebook, TV, BBM, semua temanya tentang hari ibu. Ibu saya sendiri kalo diingat - ingat tahun ini ada 2 sifat yang menonjol. Pertama: dia gampang ketawa dan ketawanya renyah sekali. Hanya mendengar dia ketawa saja satu rumah ikut ketawa. Tawanya menjadi sumber bahagia kami, seakan seorang comic stand-up comedian paling petjah, anggota keluarga yang lain penontonnya, rumah kami panggungnya, dan suara ketawanya adalah bit sekaligus punch line miliknya yang gak pernah gagal bikin kami terbahak - bahak.

Sifat kedua adalah kecepatan berpikir yang tak diikuti oleh kecepatan bicara. Bibir dan otaknya gak nyambung. Otaknya sudah memerintah sesuatu, tapi lidahnya belum siap. Sering terjadi dialog - dialog seperti ini:

Ibu: 'Wan, tolong ambilkan itu di sebelahnya itu ya!'

Saya: 'Oke..'

Dan anehnya saya ngerti! Meski hanya menggunakan kata 'itu'.

Anggota keluarga yang lain pun memiliki kemampuan ajaib yang sama seperti saya hingga tetap mampu mengerti tiap kalimat yang ibu katakan meski ibu hanya menggunakan kata 'itu, anunya, itunya, si itu', tanpa keterangan yang jelas dan detail. Kalo ibu sadar kalo dia telah bicara kayak gitu tertawanya langsung meledak dan kami pun tertawa bersama.

Sebaiknya tahun depan saya harus mulai serius menyiapkan sesuatu yang spesial untuk ibu di hari yang penting ini. Tahun ini gak ada sesuatu yang spesial yang saya kasi. Paling hanya ngasi tambahan kerjaan dengan mendatangkan rombongan tamu dari kantor saya bersama beberapa mahasiswa bule dari Jerman dalam rangka pemasangan alat penyaring air alam (dalam hal ini sumur saya) hingga menjadi air yang aman untuk diminum tanpa perlu dimasak dahulu.

Tak ada yang spesial yang saya kasi ke ibu di Hari Ibu tahun ini. Pelukan pun tidak. Apalagi foto bareng agar bisa saya pajang di akun social media kayak anak gaul lainnya. Eh tapi ada satu kali saya dan ibu foto bersama, pas tamu bule mau pulang. Kami fotoannya bersama semua tamu yang dateng --,

Tapi fotonya pake kamera si bule, dan saya lupa minta hasilnya.

Bos saya ikut serta dalam rombongan. Bos saya merangkap menjadi penerjemah dari apa yang dikatakan dan diinstrusikan oleh si bule ke kami yang kurang bagus bahasa Inggrisnya. Hanya saja bukannya mendengarkan dengan seksama, saya malah hilang konsentrasi dan pandangan jadi fokus tertuju ke kaki mulus si bos dan pantatnya yang perfect. *dipecat*

Sebelum pulang bos sempet nanya enaknya makan dimana kalo di deket - deket rumah saya? Saya saranin aja ke Rumah Makan Merta Sari. Itu tempat kuliner favorit di perbatasan Bali tengah dan Bali timur tempat saya tinggal. Kalau di Denpasar Timur (tempat kantor saya berada), saya seringnya makan di KFC Sanur. Saking seringnya, saya ampe tahu 5 hal unik yang menmbedakan KFC ini dengan cabang lainnya.

Lebih Mahal 1000
Semua menu disini lebih mahal seribu daripada cabang lain. Kemungkinan karena sewa gedung di Sanur lebih mahal daripada daerah lain. Atau karena Sanur adalah daerah pariwisata jadi meski harga tinggi pun turis tetep banyak yang belanja kesini. Atau mungkin karena poin selanjutnya:

Tidak Menyediakan Drive Thru
Kalo dipaksakan sebenarnya bisa saja ada Drive Thru, tapi mungkin pihak manajemen punya kebijakan lain. Terakhir saya kesana antriannya panjang banget karena bertepatan dengan libur sekolah. Banyak yang mau ngantri akhirnya ga jadi karena malas dan ngeri melihat antrian yang sudah sangat panjang. Bayangkan jika ada Drive Thru, mungkin mereka milih pesan bawa pulang. Jadi, tanpa kehadiran Drive Thru, banyak pemasukan yang hilang. Dan kekurangan inilah yang mungkin menyebabkan harga juga beda dengan cabang lain untuk mengejar omset.

Gedung 2 Lantai
Dulu di cabang lain juga ada yang 2 laintai, tapi sekarang sudah menjadi satu lantai saja. Sanur pun sebenernya mengalami pengurangan jumlah lantai. Dari 3 menjadi 2. 

AC
Di beberapa titik hawanya panas banget. Misalnya di barat kasir yang agak pojok ke dalem. Di KFC Cafe di bagian tengah juga pengap. Tapi 50% di lantai 1 dingin sih, apalagi yang di deket - deket kasir. Kalo di lantai atas karena sebagian besar terbuka yang juga berfungsi sebagai smoking area, ruangannya gak sedingin di area kasir. Efek udara Denpasar yang panas juga mungkin berpengaruh. 

Kasir Cafe kemana??
Jumat 19 Desember kemarin karena di bagian depan rame, saya pindah ke KFC Cafe mesen minuman. Waktu saya dateng kasirnya gak ada. Setelah salah satu cleaning service manggil dia, ternyata orangnya lagi di dalem (dapur). Pembeli setelah saya pun mengalami hal yang sama. Cuman setelah pengunjung cafe gak berhenti datang akhirnya sang kasir tidak balik - balik lagi ke belakang. Malahan dia mau berinisiatif membersihkan meja yang kosong. Kayaknya si kasir lagi 'dapet' makanya lemes dan ga enak kerja.

Ini semua sangat subjektif loh ya. Hasil dari analisa dangkal saya yang sangat mungkin salah. Ngebandinginnya pun dengan KFC yang pernah saya kunjungi saja dan itu pun gak semua cabang KFC di Bali, dan waktu saya berkunjung ke KFC lain sudah cukup lama.

Balik lagi ke hari ibu, dari tahun ke tahun saya selalu salut sama oang yang melewati Hari Ibu tanpa Ibu. Terutama yang ibunya sudah meninggal. Mestinya jomblo - jomblo yang menggalau tiap malem minggu belajar sama mereka. Malam minggu tanpa pacar tidaklah seberapa dibanding Hari Ibu tanpa Ibu ~

Sebagai penutup dalam rangka Hari Ibu, saya habiskan hari ini dengan menonton film dokumenter bertemakan Ibu, misalnya Hot Mom & Son...


Wife's Younger Sister...


While Her Husband's Away..




13 bukan komentar (biasa):

Immanuel Lubis said...

Ajiigile, bening cooooy cewenya!!!!

Lidya Pawestri Ayuningtyas said...

Hahahaaha kenapa judul dan filmnya begituuu :')))

cara menyembuhkan paru paru basah said...

selamat hari ibu , dan makasih infonya..
ibu memang seseorang yang sangat sangat spesial for me :)

cara menghilangkan lemak di bokong said...

happy mother's day :) semoga selalu diberi kesehatan

Cara Cepat Sembuhkan Penyakit Sesak Nafas said...

waduh gambarnya gan hahaha sensor

feri angga said...

haduh, speechless, deh kok bisa ya judul filmnya begitu, jadi inget itu bikin jadi begini deh.. hahaha, bisa aja nih si juragan, jadi ga koment ke isi tulisannya yang mengalir dan enak di baca..

IT Solution Jakarta said...

Beuh mantap gambar ilustrasinya gan!
hehehehe...

gps garmin 78s said...

hehehe ceritanya nyangkut sam fotonya gan hehhehee jadi enak ma judulnya

zatimrock - said...

wah wah

Data Jumlah Penduduk Indonesia Terbaru said...

tulisannya menarik dan seperti lagi ngeliat stand up comedy aja :)

vitalitas perkasa said...

mantep2 ceweknya,,, jadi ngiler neh

jualsini said...

waduh dah serius baca dari awal, akhir-akhirnya gitu hahaha

casiogshock said...

Haha kok lucu juga ya KFC bisa beda-beda gitu. Kalo saya di perumahan citra raya KFCnya kebalikan yang ditulis diatas deh. Jadi pengen rasanya wisata kuliner cobain semua KFC di Indonesia hahaha

Post a Comment

Jangan lupa cek twitter saya @tukangcolong
Dan channel YOUTUBE saya di
SINI