Ini Bukan Shopper (biasa)


Di postingan Ini Bukan Handphone (biasa) kemaren, ku sempet cerita kalo aku tukeran hape ama pacar. Ini karena ku butuh hape pacar buat proyek yang mengharuskanku merekam suara dan telpon masuk. Dan ini dia proyeknya. Aku bekerja sebagai shopper. Pekerjaan yang paling ditakuti oleh orang bank. Jadi buat orang-orang bank, waspadalah kepadaku!

Ketika menjadi shopper, ku pura-puranya menjadi nasabah dan melakukan skenario kepada sebuah bank yang udah ditentuin. Nanti aku melaporkan gimana pelayanan bank tersebut dan gimana keadaan bank bersangkutan? Kalo ampe di laporanku bilang bank itu di bawah standar dari pusatnya, maka pegawai itu bisa dipecat. Bahkan  bukan ga mungkin bank itu juga ditutup. Sudah banyak kejadian seperti ini.

Ini adalah sidejob ku. Mungkin bulan depan aku udah ga jadi shopper lagi. Shopper cuma beraksi sekali dalam sebulan selama 3 bulan. Bulan kemaren aku udah jalan sekali. Dan minggu ini aku bakal beraksi lagi. Ini berkas surveinya.


Skenario pertama bulan lalu adalah aku harus ngirim imel ke pihak bank. Aku pura-pura mau bertanya tentang produk reksadana. Aku harus nyantumin nama dan no hape asli tapi alamat saja yang palsu. Sepertinya, aku ga terlahir sebagai agen beginian kali ya? Aku baru ngirim imelnya malem-malem. Itu pun buru-buru. Karena deadline ngirim imelnya adalah tepat tengah malam hari itu. Enggak tau kenapa aku males banget ngirim paginya!

Karena buru-buru, aku ga tau kalau aku salah nulis alamat tujuan. Padahal tugas keduaku adalah nunggu ditelpon  ama pihak banknya sebagai respon dari imel kita. Dua hari ku nunggu ga ada balesan. Hari ketiga kordinatorku ngasi tau kalo aku salah nulis alamat! Ya udah aku kirim lagi, dan kali ini beneran ditelpon. Apesnya, aku ga pernah denger hapeku bunyi!!

Otomatis tugasku nihil. Untung boss ga mempersoalkan ini. Tugas selanjutnya aku ga boleh gagal lagi pokoknya nih. Btw, dari tugas imel ini aku jadi tau bedanya "cc" dan "bcc". Kalo cc kita kan tau imel yang dikirim ke kita di-cc ke siapa aja. Kalo bcc kagak! Mayan dapet ilmu baru. Tapi karena bcc ini juga kesalahanku ketahuan. :(

Tugas selanjutnya nelpon ke bank dan pura-pura jadi customer. Eh parah suara satpam yang ngangkat kecil banget. Di rekaman juga kecil. Moga aja tuh satpam ga dipecat gara-gara ini deh.


Tugas terakhir adalah arrival. Berkunjung kesana dan mengamati situasi dan kondisi bank. Aku dianter pacar sampe deket bank, terus kesana naik taxi. Biar terkesan tajir gitu. Pakeanku juga harus mencirikanku orang berada. Pokoknya aku pura-pura jadi orang kaya! Susah payah nyari pakaian, ujung-ujungnya tetep aja penampilanku kisut. Gapapa lah, tampangku aja udah orang kayak banget kan? :D

Nyampe di dalem aku langsung salting. CS-nya nanya usahaku apaan, namanya apa, tempatnya dimana? Ebuset! Untung aku rajanya ngeles. Hahahaha. Tugasku kali ini selalin berkujung juga bikin tabungan. Uangnya udah dikasi meski sempet panik minjem ATM temen (ATM ku udah ga aktif), dan dengan KTP yang biodataku semuanya salah. Tapi akhirnya tugasku selesai.

Ketika proses perekaman suara (dengan sembunyi-sembunyi) ga begitu sukses. Ibukku nelpon mulu, jadinya rekaman sering putus ketika ada telpon masuk. Capek gitu deh ngidupin rekaman mulu. Saking paniknya sering ditelpon, ketika pura-pura ngangkat telpon ga nyadar rekamannya masih aktif. Suaraku deh yang jadi terekam. :(

Parah, rekaman di hape ga bisa kebaca di laptop. File rekamannya ga keliatan. Untung pacarku punya temen yang punya PC-suite. Setelah semua beres, aku ke tempat boss. Si boss disana bilang ketika ke bank aku salah orang! Harusnya aku ke marketing, bukan ketemu CS. Ahh, gagal maning, gagal maning.

Anw, selama jadi shopper aku berusaha menolong orang bank. Kalo emang berdasarkan penilaianku, aku bantu sebiasanya. Tapi kalo emang fakta misalnya fasilitas ada yang kurang atau penampilan yang kurang berkenan, aku ga bisa bohong. Disini aku tau kalo jadi orang bank itu kerjaannya juga susah!

Fyi, Ketika kakekku meninggal ibukku minta aku ngirim fax ke paman yang di Surabaya. Meminta kantornya ngasi ijin pulang ke kantornya. Sumpah aku ga ngerti cara ngirim fax. Aku tulis pesennya di kertas bekas. Kiraen bakal diketik lagi ama tukang fax-nya sebelum dikirim. Taunya kertas itu langsung di-scan!

Biar ga malu-maluin, aku bikin ulang lagi. Minta kertas baru di sana (ga modal). Ku tulis hati-hati, biar tulisanku yang udah mirip tulisan hasil kaki kiri jadi rada manusiawi. Fiuh, untungnya semua lancar.


33 bukan komentar (biasa):

K-On said...

Biasanya tugas spionase berkaitan erat dengan zero-zero-seven....Sorry, jarang dateng kesini...

Gedubrax...njungkel...mlumah...mengkurep...njengking...ndlosor...

Najibblog2010 - JavaHostIndo Web Hosting Indonesia said...

Kedua dari Pertamax...hehe.....Wah bagus nih sob...hehe...Ditunggu kunjungan balik n komntnya...hehe
Dukung aku diKontes SEO JavaHostIndo Web Hosting Indonesia
http://najibblog2010.blogspot.com/2011/03/javahostindo-web-hosting-indonesia.html

Keep Blogging, smg sukses selalu

Blogger Cerita Dewasa said...

Wah mav neh ru tw yang namanya profesi shopper..
But tq ceritanya. He

Ra-kun lari-laRIAN said...

wah, saya baru tau ada kerja semacam itu. sulit juga ya. kalo saya sih pasti gak bisa harus jadi mata-mata begitu...

Geafry Necolsen said...

seru ceritanya!
kayak mau ngrampok bank aja..

huh..
si Bli ini, cepet sekali posting baru..
padahal baru tadi pagi aku baca postingan soal hape yang dijadiin giveaway :D
emang ga ada matinya.

sekalian absen rutin ya

ReBorn said...

ghahahaha, bego juga lu ya. potonya keren banget! :D

Muhammad A Vip said...

waduh, ke bank buat ini itu, gak sanggup dah. gua kalo nggak penting amat males ke sana, nabung aja ke kantor pos.

asuransioke said...

cerita cukup seru....om

i-one said...

wah,ngeri banget kerjaannya.klu ada waktu kunjungi blog ane ya

Rawins said...

wah harus datang ke bank disini om... biarpun antrian sampe ke halaman tetap saja tellernya cuma 2 biji dan pelayanannya santai sekali. atm ada tapi sering gada duitnya...
sukses deh jobnya bos..

Megi Rahman said...

"gagal maning"
maning ntu artinya apa ya ?
sering denger tp artinya gak tau :P

Ami said...

Ternyata pinter ngeles bermanfaat yah...

Bunda Loving said...

ada -ada aja deh...ceritanya seru jg....

Rusa said...

hehe lucu kuga ya jadi tukang shoper
bisa usil2 dikit donk :D

sawali tuhusetya said...

woi, teknik permainan perannya dah oke, mas. tinggal cari sutradara dan produser, hehe .... sapa tahu bisa nyaingi sinetron "islam KTP", hehe ....

Batu said...

waw...
kerjaannya keren, pake nyamar2 segala...

arta said...

keren deh rasanya jadi shopper gitu. awalnya sih kukira shoper itu tukang shopping hihihi

niee said...

hmmm ternyata ada gitu yak penilaian pegawai bank dengan cara seperti itu,, aku baru tahu deh..

NanSite said...

Supar shopper, ngga ngerti saya, sobat...he..he...

jay said...

wah peralatannya 007 perlu ditingkatkan gan :D

Motivasi

Kisah Abu Nawas said...

salam sob
lumayan ada job sob

Multibrand said...

Hmmmm rupanya begitu tugas seorang shopper yang anda maksud.
Pantaslah kalau orang bank takut.

Mas Odjie said...

hmmm ternyata ada ya profesi seperti ini, saya baru tau, pingin nyoba ikut2an...
heheheh

Adittya Regas said...

lalu giemana tu om pekerjaannya ?

Herdoni Wahyono said...

Ada berbagai macam cara dan metode untuk mengevaluasi kinerja bawahan. Cara seperti itu tentunya diperlukan persiapan yang matang baik fisik, mental, penampilan, sarana dan prasarana pendukungnya. Sebuah 'operasi' yang harus sempurna, jangan sampai gagal, mendapatkan hasil yang maksimal, efisien dan efektif. Yang kami lihat di daerah kami utamanya bank swasta nasional, pelayanannya sudah bagus, prima dan ramah. Di depan pintu masuk kita dibukakan petugas dengan senyum ramah dan ucapan selamat pagi atau siang. Begitu juga saat di dalam kita disambut dengan pelayanan yang ramah.

B.S.U. said...

hahahah.. baru tau ada profesi kaya gitu

wiyono said...

selamat siang sobat... kunjungan di siang hari untuk mencari follow dan backlink... semoga berkenan

Geafry Necolsen said...

ini juga, hiatus kemana bli?

fizer0 said...

wah kerjaannya keren jg nih sepertinya...:D

place to study said...

Kok semua yang ada disini bukan yang biasa sih? Terus... yang biasa yg spt apa ya? :p

the others.... said...

Kok tugasnya sbg shopper gagal terus sih..?

ai said...

kayknya nyenengin tuh kerja begitu.... hm.. serasa om james bond

obat herbal kanker payudara said...

makasih atas infonya gan....

Post a Comment

Jangan lupa cek twitter saya @tukangcolong
Dan channel YOUTUBE saya di
SINI