Cukur Rambut Memakai Jas Ujan


'Pak', bisikku sambil mencolek kaki bapak yang lagi telungkup di kasur pagi ini di kampung, udah mirip penyu kambang. 'Potongin rambut dong', kataku lagi sesaat dia menoleh, tanda kalo dia udah bangun.

Matanya berkaca-kaca, serius, dia langsung bangun. Wajahnya segar merona Sumringah. Beda banget pas dia terbaring tadi. Emang, nyukur rambut anak bagi bapakku udah kayak diijinin nyari istri baru.

Bapak mendekatiku membawa sisir dan gunting. 'Perlu buka baju gag?' tanyaku ke Bapak, kalo rambut jatoh ke baju bakal susah ngilanginnya.

'Gag perlu',jawab bapak sekenanya.

Wow! Ternyata bapak mau memakai teknik tutup kain, kayak tukang cukur profesional gitu. Eh! Alih-alih ada kain, bapakku bawa....jas ujan.

'Pake apa itu?!', aku kaget.

'Pake ini aja, gapapa kok'.

Okeh, aku sekarang udah kayak orang ujanan rambut.

Pertama kali aku minta cukur ama bapak pas SMA. Capek bergantung ke orang lain. Meski gag profesional, tapi dengan bapak aku bisa komunikasikan keluhanku. Bentuk kepalaku yang asimetris jadi gag keliatan. Yah emang sih referensi model rambutnya terbatas.

Yang paling penting untuk diketahui, sesaat akan selesai mencukur, durasi cukur rambut bisa jadi lebih lama. Lima gerakan gunting cuma ngasilin s'dikit banget potongan rambut. Kalo kita ampe ketiduran karena bosen, jangan salahkan kalo pas selesai cukuran kuping kita udah terkapar di lantai.

Istilah yang tepat untuk bapak bukan cukur rambut, itu terlalu mewah, lebih pantes disebut 'cabut rambut'. Entah karena guntingnya tumpul, ato emang gitu stylenya. Tapi sekarang udah agak mendingan kok.

Sejam udah berlalu, aku hampir selesai cukur rambut ketika ibuk baru dateng dari ngurus KTP. Ibuk bilang KTP-ku senin baru kelar. Masalah tanda tanganku udah dipalsuin ibuk.

Hm..ada yang ganjil dengan kalimat 'pemalsuan tanda tangan'. Tanda tangan, KTP. Berarti aku akan memakai tanda tangan ciptaan ibuk selama lima tahun, bahkan bisa lebih. Dem.

Suasana makin ngeri ketika ibuk bilang,'tenang, tanda tangannya simpel kok. Cuma huruf 'S' isi cacing gitu". Oh, aku bakal memakai cacing itu selamanya? OMG.

Bapak gag memperbaiki suasana. Teori jas ujannya salah, rambut masih nempel di bajuku! Sedangkan ibuk pergi lagi ke kantor camat ngurus KTP-ku lagi, pulang ke rumah minta aku tanda tangan, dem! saat begini aku yang grogi, tanda tanganku tiba-tiba mirip cakar babi!

Yah beginilah kehidupan rumahku dikampung bersama ibuk dan bapak. Ibuk yang pernah ku ceritain dulu, hari ini lebih manis dari sebelumnya (catetan: aku gag naksir, cuma menghormati), apalagi sifat tanggung jawab dan seneng ribet yang ngelarang aku ngurus KTP sendiri (sifat ini turun ke aku), bikin aku makin sayang keduanya.

I love you, ibuk dan bapak. Minta uang jajan dong. :p

38 bukan komentar (biasa):

dindasaurus said...

wahahha..aku juga pernaah waktu kecil di ajak ke salon pria sama bapak..eh malah ikutan potong rambuut juga,pas pulang ke rumah ibu aku ngadat2 gara2 anaknya jadi kaya tuyul gagal.ckckck
malah saking dodolnya bapak aku,*nularin ke aku*..pernah pas dulu aku nangis2 pengen potong rambut..,dan bapaku motongin rambut aku..tapi di cetaak pake mangkook =))))

edmira said...

hahahaha...
lucu bgt ya bapa&ibunya...
kirain ttd terjelek itu punya aq,,ternyata ada yg lebih parah: mirip cakar babi,,hehehe :D

febriyanto said...

apa ga gerah ya pake jas hujan... np gak pake daon pisang aj? :))
potongan bapak sendiri sering kurang memuaskan... jadi males potong rambut.....

Adib said...

hahaha lucu juga klo pk jas hujan biasanya kan Kain wkwkwk

Muhammad A Vip said...

ete tukang colong apa tukang ngibul sih :D

Ferdinand said...

wah aku juga waktu Sekolah bapakku yg motong rambutku haha... org mau dipotong kaya apa pasti dipotong guru lagi ya mending sama bapakku aja biarpun sama tuh cuma modal simetris soank haha....

Semangat n happy blogging Bli...

yudex said...

hahaha ternyata blogger juga anak bapak dan ibuk :)

salam buat bapaknya yah? kapan2 aku mau potong, gratis! hehe

Fahrizal said...

masalah cukur rambut ... aku nggak suka aklo bapa yang cukur ... soalnya kepalaku dijadiin bahan percobaan melulu ... ngetes model aneh2 di kepalaku .... argh asli ...

Riska mbem said...

mending kepalanya masih asimetris, lah punya ku udah kaga ada bentuknyaa...

wkawkawka. dari dulu ampe sekarang, budaya mintak uang jajan emang tiada duanya :p

ariefborneo said...

Wah boleh ikt cukur ga ni sob..??hehehe

elok langita said...

hehee.. engga pernah cukur rambut, elok mah :D

kesehaRian Ra-Kun said...

ah, jadi pengen cukur rambut juga nih :)

anak SMP | Juara Olympiade Matematika Tingkat Dunia said...

hahaha... lucu bngt cara berceritanya bro...

riesta said...

wah,,,kalo aku kmaren perpanjang KTP akhirnya make tanda tangan yg di scan...potonya juga di scan...wkwkwkwkk

wah,,jadi pengen pulang kampung lagi...

AkuInginPulangDiKalaSenja said...

hihi....itu artinya bapak menggunakan asas manfaat :D

Tapi koq ya aku lebih tertarik dengan pemalsuan tanda tangan oleh ibu ya...hmmm...

catatan kecilku said...

Hahaha.., acara cukur rambutnya seru..!
Masih untung pakai jas ujan, jadi gak bakal masuk angin hehehe

the others.... said...

Jadi penasaran nih pengen lihat tanda tangannya... :p

fitrimelinda said...

wah ternyata jas hujan bisa digunain untuk gunting rambut juga yah.. :D

Goyang Karawang said...

kalau diluar ruangan dan mendadak hujan bagus juga tuh

Piet Puu said...

Assalamualaikum...
apa kabar tukang colong...??
wew.. alamatku pindah,
jangan lupa mampir iah ke sini laskarhijab.co.cc
di tunggu lohh ^^

Rizky2009 said...

klcukur rambut,aq biasa pk jasa tukang cukur lewat

tomo said...

hehe lucu banget kawand ya

Felicia Putri said...

So sweet :p

rizal said...

inavasi baru, potong rambut make jas ujan...kren juga tu...aku lagi kecil sering potong rambut ama orang tua tapi udah gede nggak lagi

Sungkowoastro said...

Kalau saya cukur selalu ke tukang cukur madura. Sudah menjadi langganan. Tapi, hingga kini tak pernah saya dapat diskon potong rambut. hahahhaa...
Salam kekerabatan.

Mood said...

Keluarga yang kompakan dan harmonis sekali nih, eh bapaknya beneran bisa nyukur gak tuh ?

Vina said...

Aduduh, berkali2 ngakak aku mbaca pos ini, motong rambut pake jas ujan, haha :D

Jadi inget dulu waktu kecil saya pernah iseng potong rambut sendiri, alhasil sama ibu saya malah dipotong ampe pendek banget, kapok, hehe

mantan anak smp said...

bapakku paling bisa nyukur rambut anaknya dibotakin paling gampang n praktis.

kiky_rose said...

hahah...mengingatkan aku sama KTPku yang lama...tanda tangan cuma huruf K aja :p

rawins said...

kalo aku lebih suka potong rambut ke istriku. biar ga profesional yang penting ga akan dikomentarin jelek atau kurang ini kurang itu. hehehe

Aby said...

so sweetnya kisah ibu bapak pada dan anaknya
aku pernah sih potong rambut sama abah waktu sd
xixi

masndol said...

hahahhah lucu lucu

munir ardi said...

waktu sekolah sih aku gampang saja karena saya nggak pernah punya rambut panjang selalu cepak jadi cukup kakak yang selalu gunting he he

ayhez Syamsuri Wahyu said...

WKWKWKWK.... AYA ay wae gan... sayangnya ga ad foto Hasil rambutx yg udah kelar dicukur... kn pembaca penasaran gmn hasilx konco....:)

Corat - Coret [Ria Nugroho] said...

potong rambut make jas ujan hihihi sekalian aja make payung :))

rezKY p-RA-tama said...

aku dulu pertama potong rambut kapan ya?
sudah lupa tuh
hehehe

COMPLETE - ALL in One Blog said...

Cukur pake sarung aja lebih mantap...
jihahahaha....

ReBorn said...

sabar lah dengan cacing itu nak... ghehehe

Post a Comment

Jangan lupa cek twitter saya @tukangcolong
Dan channel YOUTUBE saya di
SINI