Audisi Menulis Setan 911


Setan 911 bukan jenis setan baru, ato satuan unit 911 Amerika yang teranyar pula. Jangan juga bingung setelah membaca tulisan 'menulis setan'. Audisi Menulis Setan 911 adalah lomba menulis yang diadakan oleh Penerbit Leutika yang bermarkas di Jogja. Tema lomba ini adalah memberi kesadaran lebih tentang keberadaan hal-hal mistis atau semacamnya, agar pembaca gag terlalu buta atau bahkan terjebak dengan dunia fana ini.

Tercambuk oleh kegagalan sebelumnya, karena gagal juara atau gagal gag ikut lomba, aku cukup serius membuat tulisan untuk Audisi Menulis Setan 911 kali ini. Hasil akhir nomor dua, yang penting proses yang kujalani dan usaha dalam melaluinya.

Melalui kurang lebih tiga proses editing bareng pacar. Pertama, dari segi penulis sendiri apakah aku udah puas dengan tulisanku? Editing selanjutnya melihat seberapa menarik tulisanku dari segi pembaca. Editing terakhir memperkirakan gimana kalo juri yang ngeliat tulisanku. Semua proses ini sesuai kiat menang kontes atau lomba menulis yang pernah ku posting.

Hasilnya masih belum memuaskan. Alurnya masih lambat. Ceritanya masih biasa. Targetku bukan cuman bikin pembaca bergidik ngeri atau takut ke kamar mandi sendiri setelah membaca ceritaku. Sasaranku lebih ke penyampaian tema yang unik. Melalui cerita yang padat tak merayap, pambaca bisa melihat makna yang kusirat. Karena peserta lain pasti udah bikin cerita yang blak-blakan ngasi himbauan seperti apa yang dimaksudkan tema lomba.

Sayangnya aku belum cukup sukses mencapai tujuan penulisanku.Tulisanku sama dengan peserta lain. Kendala kosakata lumayan jadi penghambat. Namun, ini gag bikin aku berhenti. Aku bakal makin rajin membaca dan menulis. Setidaknya ada dua tulisan yang masih jadi PR ku untuk kuikutkan lomba. Selain misi untuk rutin posting blog tiap hari.

Oia, pesertanya 114 orang dan akan diambil 50 tulisan terbaik. Jadi peluangku 1:114. Atau biar mirip kuis baru di Indosiar, 1 lawan 114. Kalo mau baca draft 1 naskahku, baca aja di SINI. Tapi masih kasar, belum diedit, dan tentunya cukup berbeda dengan naskah yang ku kirim ke lomba karena sesuai syarat lomba kalo naskah gag boleh dipublikasikan, jadi cukup yang hancur dulu ya.

Pengumumannya tanggal 20 september. Katanya tim juri masih lebaran. Jadi kalo menang, aku akan ngasi review ceritaku secepatnya. Tapi kalo kalah, akan ku muat semuanya namun mungkin gag segera. Mau ngumpulin mood dulu untuk ngebahas kekalahanku. haha.

31 bukan komentar (biasa):

riesta said...

waaa,,,gud luck ya...
smoga berhasil bli....

andi said...

semoga menang....

Dhana/戴安娜 said...

salam sahabat
ehm kok mas banyak ikutan kontes yach kreativ banget..be winner ya

harga handphone terbaru said...

dari ngebaca tulisan mas yang ini aja saya sudah bisa membayangkan serunya naskah yang mas buat...,

moga bisa lolos ya... hihihihihihihi...

sekalian numpang follow..., sepertinya artikel artikelnya bagus bgus semua... bisa jadi inspirasi buat nulis neh...

febriyanto said...

napa ga 666 aj ya, 911 malah kayak polisi, kayak mobil... :D
semoga menang gan.... :)

Bang NgangaN said...

hahah Tukang colong emang ga' pernah mati gaya...
salut.
salam hangat n met idul fitri sob..

dindasaurus said...

ada yg salah ga sih kan kk bilang pesertanya ada 114..harusnyaaaa tuh 1:113..atau 1 lawan 113..kan kk salah 1 pesertanya..kecuali kk cuma ngaku2 doang jd peserta hahahah.wah aku tertarik bgt sm hantu2an gituu..apalagi kalo hantunya doyaaan makaan..bs di jadiin sobat haha.okedeh good luck yee k..moga toblos eh lolos

Piet Puu said...

Sibuk nyantai sambil ngabisin kue lebaran....
hahahaha :))
ga tau tuh.. error gt laskarhijab.co.cc nya
jd yaaa besok" aja klo aku mood lagi...
hehehe :D

Cipu said...

hi... thanks for dropping by at my blog.

Hebat euy tekadnya, semoga tulisannya dimuat yah.... oh iya, link nya saya masukkan ke blogroll ku yah :)

secangkir teh dan sekerat roti said...

apaan nih...?
kok rasanya berbau memedi..?hehee

Ferdinand said...

Wah smoga menang Bli aku udah review ke Scribd mumpung punya akunnya haha....N keren ceritanya Bli hhe... aku rasa harusnya menang tuh apalagi katanya itu masih kasarnya... gmn udah dihalusinnya hhe.. aku tunggu review disini hhe...

Rizky2009 said...

sama nih sob tulsan postngan q juga masih ga karuan strukrnya morat bin marid

Fahrizal said...

hebat nih mas ... sering sering ikut kontes ... supaya tenar ... uhuhuhu ..

tomo said...

Jadi ngeri bicara setan kawand

tomo said...

Setan bisa dijadikan audisi juga ya.
ini lain dengan audisi lainnya

tomo said...

Y semoga saja lancar acara audisinya kawand

Fajar said...

semoga sukses..om.....dan karyanya bisa terangkut...

Gede Lumbung said...

Wah, keren....
Semoga lancar & sukses audisinya brow....

sawali tuhusetya said...

selamat mengikuti Audisi Menulis Setan 911, mas, semoga lancar dan sukses. mau baca draft-nya kok koneksi net lagi lemot banget nih.

Ksatrio Wojo Ireng said...

Mudah2an berhasil ya mas.. semangat terus berkarya melalui tulisan-tulisannya.. salam hangat dari Kuwait City..

split said...

good luck bli...salam kenal

Pakde Cholik said...

Tak doakan semoga menang ya mas.
saya nggak punya pengalaman dengan dunia mistis jadi ya nggak ikt lomba deh.
salam hangat dari Jombang

ReBorn said...

numpang baca sob.

Tip Trik Blogger said...

Semagat sobat...
Semoga berhasil.

joe said...

semoga sukses gan...

harto said...

911 inget nomor darurat tuuh...
selamat berlomba, semoga menang

Hartohadi dot com mengucapkan :
Selamat Iedul Fitri 1 Syawal 1431H, Taqobalallahu minna wa minkum Shiyamana washiyamakum Taqobalallahu Yaa Kariim, Minal Aidin Wal Faidzin ....Mohon maaf lahir dan batin....

Mood said...

Sukses buat lombanya, semoga menang ya Sob.. .

"om rame" said...

saya baru tau nih kaLo ada uadisi menuLis sejenis ini.
hanya mengucapkan, semoga sukses daLam kontes ini tanpa mengaLami kendara berarti. trims.

little foot said...

kalo gag menang, setan yang dalem ceritanya suruh nyari jurinya. sebagai imbalan gitu kalo dia udah di jadiin artis di tulisan kk.. wkwkwkw

saidiblogger said...

infonya di mana sob? balas di blog aku yah... trims..

bliyanbayem said...

yep, semoga menang bro... entar hadiahnya bagi2 ya! heheheheheh!!!

Post a Comment

Jangan lupa cek twitter saya @tukangcolong
Dan channel YOUTUBE saya di
SINI