JENIS TRIPOD-TRIPOD KEREN YANG BARU SAYA TAHU


Kelar ngerilis video terbaru, saya istirahat sejenak dari pembuatan video lagi. Saya lagi hunting beberapa aksesoris kamera, terutama tripod. Banyak hal yang baru saya tahu setelah seharian searching info soal tripod.

Ada yang namanya mini tripod. Ukurannya kecil. Sering dipakai untuk bikin daily vlog (video blog) tentang kesehariannya. Mirip dengan monopod untuk gopro atau tongsis. Saya sendiri suka mini tripod yang fleksibel. Yang kakinya bisa digerakin ke segala arah. Yang kakinya mirip logo ban Michelin.



Yang akhirnya saya tahu namanya adalah tripod horizontal! Dulu saya penasaran gimana cara ngerekam video orang masak, ngegambar, atau tutorial lain yang kameranya menghadap ke bawah. Ternyata salah satu caranya adalah menggunakan tripod ini. Nanti peraganya tetap menghadap kamera (gak perlu susah-susah rekaman dari belakang kamera dan dihalangi kaki tripod). Soalnya nanti hasilnya bisa di flip 180 derajat di aplikasi dan seakan kameranya searah dengan si peraga.


Yang sudah punya tripod biasa, tinggal beli kepala dan tongkat tripodnya saja, nanti tinggal dipasang di kaki tripod biasa yang sudah dimiliki.

Ketika searching bentuk dan jenis - jenis tripod, nyangkutlah saya pada gambar tripod yang unik. Bentuknya mirip monopod, cuman isi kamera kecil bundar di atasnya. Monopod ini juga dipakai di salah satu iklan yang sedang tayang di Indonesia. Youtuber kondang Indonesia pun ada yang memakainya. Keren dan unik sekali.

Rupanya itu bukan tripod ataupun monopod. Itu adalah kamera!


Namanya DJI Osmo. DJI adalah pabrikan China yang dikenal dengan kamera drone-nya yang memang sangat tangguh dan hasil rekaman yang keren banget. DJI Osmo sendiri adalah 4K Kamera! Itu di atas kualitas HD. Mungkin karena merupakan 4K kamera jadi banyak yang make. Harganya pun terjangkau. sekitar $600. Standar lah untuk harga kamera (saya prefer beli ini daripada iphone 7).

Yang bulet di atasnya itu adalah kameranya. Preview dan segala navigasi untuk mode kameranya bisa langsung diatur dari hape kita. Hape kita bisa dipasang di monopod DJI Osmo, dengan menambahkan gagang dan taro hapenya disitu.


Saya hampir membeli tripod, mini tripod, dan mic. Sudah tinggal bayar aja nih secara online. Lalu tiba - tiba saya inget kamera saya di rumah belum saya cek masih bagus apa enggak. Selama ini bikin video kan minjem kamera kantor atau dari hape. Ga jadi transfer. Tunggu setelah ngecek kameranya dulu. Biar gak rugi terlanjur beli




3 bukan komentar (biasa):

Rezky Pratama said...

sumpah bang,,speechles sama video yang baru,,,,wkwkwkwk
gokil tapi,,hahahahaha

salaminzaghi said...

mini tripod pengen deh :D

body slim herbal said...

Saya pernah tuh punya tripod yang mirip gambar nomor 2, di pinjem orang trus katanya ilang.. Sekarang masih ingat dengan sejarah tripod yang pertama itu..
dibandingkan dengan tripod yang ada saat ini saya lebih menyayangi tripod yang pertama..

Post a Comment

Jangan lupa cek twitter saya @tukangcolong
Dan channel YOUTUBE saya di
SINI