Yang Katanya 5 Miliar


Kalo kamu pikir jadi orang yang punya banyak duit di negeri ini enak? Lo salah, sob.

Tiba-tiba duit miliaran masuk ke rekening kita, ditangkep. Mendadak punya banyak duit dan belanja ini itu, dicurigai tetangga, terus dilaporin polisi, ditangkep lagi. Ditanya duitnya dari mana, selama ini kerjanya apa, ujung-ujungnya dipenjara dengan tuduhan rekening gendut.

Dapet duit hasil kerja keras pun musti taat bayar pajak, tidur gak tenang karena takut kerampokan, dan ga bole boros biar gak bangkrut.

Kantor saya heboh dan rusuh seminggu penuh gara-gara duit 5 MILIYAR dari pemerintah pusat. Ini lima kali lipat dari yang kami minta di Rencana Anggaran yang kami ajukan. Katanya sih ini Dana Alokasi Khusus (DAK) dari pemerintah pusat kepada kami yang sedang pengadaan laboratorium baru dan rencananya akan efektif menerima sampel dan melakukan pengujian mulai tahun depan.

Ini kayak makan mie, dikasi 1 kurang, dikasi 2 kebanyakan. Dulu dikasi duit 1 miliar kurang, sekarang dikasi 5M malah bingung gimana cara ngabisinnya. Aturan mengharuskan kami hanya boleh memakai uang ini untuk membeli alat lab. Masalahnya, sebagian besar alat lab yang kami perlukan sudah terbeli tahun ini, jadi bingung mau beli apalagi. Kalo saja gak ada aturan yang mengatur, bisa saja duit ini saya pakai studi banding seluruh staf ke lab yang ada di luar negeri, lalu sisanya beliin helikopter dengan alasan untuk sampling ke titik-titik yang tidak bisa dilalui oleh kendaraan, jet pribadi buat pak kepala dinas keluar, dan biaya akomodasi pacaran analis lab. :p


Denger – denger duit ini gak harus dihabiskan dalam setahun, tapi instruksi dari atas tetep nyuruh menghabiskan semua uang yang dikasi. Saya takut karena kewajiban ini, dan waktu prencanaan yang mepet, barang – barang yang dibeli gak tepat guna, gak efisien, dan gak optimal. Apalagi alat-alat yang kami butuhin udah dateng tahun ini, jadi sisanya gak begitu banyak. Bingung dah mau beli apalagi..?

Sekilas ngabisin duit itu tampak gampang. Uang 5 miliar ini juga begitu. Bangun aja lagi lab baru beserta alat-alatnya. Nah, nyari alat-alat yang bener, dan sesuai aturan itu yang susah. Salah-salah kami bisa ditangkep Inspektorat, dilaporin ke BPK, dipenjara oleh KPK. Banyaknya alat – alat juga menambah tanggung jawab kami – kami yang di lab sebagai analis. Butuh perhatian ekstra untuk penggunaan dan perawatan. Yang enak itu kalo menggunakan alat – alat yang memang benar – benar kami butuhin, bukan yang sengaja dibutuh-butuhin demi untuk ngabisin anggaran.

Kayaknya alasan atasan kami tetap memerintahkan kami menghabiskan uang ini agar anggaran tahun depan tidak dikurangi. Karena dalam aturan pemerintah, instansi yang daya serap anggarannya kurang dianggap kerjanya gak optimal, sehingga anggaran ke depannya akan dikurangi menjadi jumlah yang mampu digunakan tahun sebelumnya. Makanya banyak yang mencari akan untuk menghabiskan anggaran dengan berbagai cara yang tidak melanggar aturan, daripada ngembaliin sisa dan dianggap gak kerja.

Dalam pembuatan anggaran 5 miliar ini saya gak ikut terlibat (semoga gak dipecat karena ini). Gimana mau terlibat, ide-ide saya dibantah mulu. :v



9 bukan komentar (biasa):

Heru 'Siuplug' said...

rawan markup ya bang jadinya

Firly Kinnara said...

Ya ampuuun! 5 miliar kalo dibeliin kerupuk seberapa ya?

Si Beje said...

yang penting tetap amanah dalam mengelola anggaran itu :-)

Immanuel Lubis said...

Baru tau ada kayak gitu case nya. Thank for sharing. :)

nuggisarah.xyz said...

Baru tau aturan rencana anggaran kaya gitu ternyata, itu mungkin ya yang dimaksud dengan "uang panas", dibeliin susah dikembaliin sayang hehe

thanks for sahring gan, mantap!

CARA MENGATASI PENYAKIT said...

Suatu kebanggaan bersama

Hairul Achsan said...

Saran aye sih bro. orang baik itu bukan 100% berlaku baik, tapi dalam kehidupannya lebih banyak hal baiknya yg dilakukannya dari keburukannya. kalo kasus kayak gitu. banyak2 doa dan minta ampun ke Tuhan aja bro dan tetap melakukan tugas sebagaimana mestinya :P
blogwalking ke blog aye boleh juga bro :P
www.hairulachsan.com

nyebarberita said...

wah 5M bisa buat beli kuaci seabrek abrek itu

Unknown said...

5m bisa buat beli permen satu gudang tuh hehehehe
Salam para POKERMANIA....
Dalam Event Ulang Tahun Poker99.net situs poker online terbaik & terpercaya mengadakan
Hot Promo Poker99.net Edisi Ramadhan :
- Bonus Extra Deposit 10% ( Max 50Ribu )
- Dalam 1 hari bonus hanya di berikan 1 kali
- Maksimal bonus yang di berikan 50.000 / hari
- Pengambilan bonus harus di konfirmasi ke live chat terlebih dahulu
- Minimal turn over harus mencapai 3x dari nilai deposit anda
NB : jika ada terdapat unsur kecurangan maka bonus akan kami tarik kembali

Mari segera daftarkan diri anda dan nikmati bonus deposit nya setiap hari :)
LINK >>> http://poker99.co/

Jangan Lupa Memberitahukan Promo Menarik ini kepada Kerabat Anda.
Silakan hubungi kontak kami di :
WEB : http://poker99.net/
LINK ALTERNATIF : http://kartu99.net/
LIVECHAT : http://bit.ly/1TTxFqq / http://bit.ly/1WCbo4A
FB : http://bit.ly/1TP3NJ2
PiN BB : 5C0356AE
WA : +669 8314 500
YM : Poker99_cs1

Post a Comment

Jangan lupa cek twitter saya @tukangcolong
Dan channel YOUTUBE saya di
SINI