Yang Katanya Eksplorasi


Hampir dua bulan tidak ada TV di rumah saya. Puluhan episod Jodha Akbar terlewati. Puluhan episod ajang pencarian dangdut sudah tidak saya caci maki. Sekalinya dapet numpang nonton TV di kantor, lagi tayang pembuatan benda paling legendaris di dunia kuliner Asia dan Indonesia pada khususnya. Mangkok cap jago.

Mangkok putih berbahan dasar keramik bergambar ayam jago di bagian luarnya sudah jadi pattern yang gak bisa dilepaskan kalo lagi ngomongin kuliner Indonesia, terutama yang berkuah - kuah. Mangkok ini sering dipake kalo kita mau beli mie atau kuah. Sering juga dipakai istri melempari suaminya kalo lagi berantem.

Ketika saya nonton TV di kantor, sedang ditayangkan cara bikin mangkok cap jago. Ternyata bahan dasarnya adalah tanah! Tanah yang digunakan berasal dari Kalimantan. Pabrik yang sedang diliput memproduksi 50 ribu mangkok per hari. Tanah yang diekslpoitasi untuk mangkok ini pasti banyak banget!! Abis abis dah tuh tanah di Kalimantan. Bukit jadi dataran, dataran jadi lubang besar menganga menyisakan bopeng di wajah ibu pertiwi. Padahal tanah bukanlah sumber daya yang bisa diperbaharui. Kelak jika tanah sudah habis dikeruk, entah dimana lagi manusia akan tinggal?

Itu baru tanah, di daerah pariwisata juga ramai penyedotan air bawah tanah untuk keperluan hotel dan kolam renang. Dalam satu harinya, truk - truk gak bakal stop datang ngambil air dari sumur sampai airnya gak bisa disedot lagi. Kemudian dalam waktu satu hari mereka akan nunggu sampai air muncul lagi dan ditampung sementara di dalam sumur untuk disedot lagi. Di saat sistem drainase makin buruk, hutan penampung air hujan makin jarang, banyak air yang terbuang, tabungan air di dalam tanah malah diambil habis - habisan. Semua demi kepentingan beberapa pihak saja. Karena faktor uang, sehingga manusia seakan tak bisa berbuat apa - apa.


Ketika sudah tidak ada lagi tanah untuk dipijak, dan tidak ada air untung diminum, manusia akan sadar kalau uang gak bisa dimakan.

Eksploitasi pun kerap terjadi di hal lain. Cinta misalnya. Saat manusia jatuh cinta, kita mengeruk habis - habisan rasa cinta yang ada. Cinta membara, menutup logika manusia. Jangankan hal kecil yang gak penting, hal besar yang sifatnya utama pun diabaikan demi memuaskan hasrat. Berusaha selalu ketemu di setiap kesempatan. Selalu berkirim pesan di setiap keadaan. Lalu pada akhirnya, saat cinta mulai habis, disitu lahir rasa jenuh.

Bagi cintanya bisa diperbaharui, berhenti sejenak cukup untuk menumbuhkan kembali cinta yang pernah ada. Tapi ada juga yang cintanya seperti tanah, ga bisa diperbaharui. Sekali habis, cinta berakhir untuk selamanya. Semoga kamu adalah manusia yang diberkati cinta dengan stok yang unlimited. Gak hanyut diterjang derasnya waktu.

Gak cuma sampe disitu, eksploitasi cinta bisa benar2 berarti pemanfaatan dalam arti harfiah. Ada penyalah gunaan kepercayaan dari satu pihak ke pihak yang lain. Pihak yang menjadi korban, sadar tidak sadar, telah digerogoti bagai kanker ganas. Sampai tidak ada lagi yang bisa diambil, atau pelaku sudah bosan dan merasa tidak butuh lagi, korban pun ditinggalin.


22 bukan komentar (biasa):

kips said...

Segala sesuatu yang berlebihan tentu akan merugikan, termasuk pengerukan tanah, pengumbaran cinta, dan lain sebagainya. Mudah-mudahan hadirnya postingan ini menjadi pengingat bagi semua yang terkait ya, amin!

Rumah Ide said...

katanya eksplorasi kok malah bahas eksploitasi ya bang...hehehe
tapi kerennya tuh bisa mengadopsi eksploitasi ke dalam hal percintaan, mantap nih

Immanuel Lubis said...

Lu lagi dikecewain cewek lu? Kok malah bahas cinta?

Ridu said...

Saya semalem nonton film Mad Max dan ceritanya tentang kehidupan setelah bumi habis sumber dayanya karena perang dan eksplorasi

Asriani Amir said...

balada mangkok cap jago vs cinta ini mah. :)))

AuL Howler said...

Buahahahhaha udah seriusan bacanya taunya ending nya lari ke eksploitasi cinta X))))

rahadjars said...

ekploitaso cinta.. yang namanya ekploitas emang ga baik. tanah aja ga boleh di eksploitas, apalagi perasaan..

obat herbal luka bakar said...

wahahaha, dapet shock ending yang memorable setelah bacanya

Ipah Kholipah said...

lagi serius baca yang di atas tentang pemnuatan mangkuk ayam jago eeh pas ke bawahnya menceritakan cinta haduuuuuh :D

obat kanker prostat satdium 4 said...

apalah artinya eksplorasi, kalau kita ujung2nya makan duit kertas, hha,...

siswanto said...

hemmmmm lucu jg gmbar pa vidio y?

Ibrahim M.Pd.I said...

Indonesia Tanah Airku, hmm Tanah dan Air di Indonesia pada bayar tu kita heehee, apa masih bisa lagunya pake itu , entahlah oya mas, salam kenal ya :D

Desain UnNi said...

Aduh nyesek deh kalo bhas cinta, gak da habisnya dan terbuang sia-sia :-)

toko sulap jogja said...

lucu juga..

ahli herbal said...

bli lagi curhat ya hahaha

ummu khansa said...

ya bener..eksplorasi yang berakhir jdi eksploitasi besar-besaran, tanpa ingat dampakny buat alam dan manusia sekitar..
Download Lagu Terbaru

Aksi Cepat Tanggap said...

tv indonesia emang spt itu yah, tp sekarang ada NET tv

alat laboratorium said...

hidup tv masa kini

Jual Incinerator, IPAL Lab, bakteri pengurai limbah, Reverse Osmosis(RO), Waste Water Treatment Plant said...

mangkok cap jago emng udah mendunia haha

Semberani Rent Jogja said...

Postingan yang menarik.. Eksplorasi cinta habis-habisan itu namanya morotin hehe..

Health Care said...

hmm cinta lagi cinta lagi, lagi males ngebahas cinta hehe

Keiko Kitagawa said...

ekplorasi tuh apa ya? tembus2nya masalah cinta hihihi :p

Post a Comment

Jangan lupa cek twitter saya @tukangcolong
Dan channel YOUTUBE saya di
SINI