Yang Katanya Orang Lakuin di Akhir Tahun


Saya harap akhir taun kalian semua gak seperti orang - orang di baris terbawah di ilustrasi di atas. Semoga hidup kita semua selalu seperti baris teratas di ilustrasi itu, selalu heboh dan seru! Selalu merasakan happy apapun keadaan kita juga merupakan salah satu cara menunjukkan syukur kepada Tuhan.

Kalaupun ada yang ngerasa gak bahagia, itu wajar aja sih, namanya juga manusia. Banyak faktor yang mempengaruhi keadaan itu semua. Dan keadaan - keadaan ini pula yang membuat orang - orang merayakan akhir tahun dengan cara yang berbeda - beda.

Party
Orang - orang di Bali biasa merayakan akhir tahun dengan manggang ikan, bikin sate lilit, dan ngebir bagi yang bisa minum bir. Sebagian golongan menengah yang sudah modern mengadakan party di cafe - cafe. Yang lebih g4ul (baca: norak) biasanya ngumpul ajojing ria di poskamling pinggir jalan diiringi bisingnya lagu disko dari yang lagi tren sampe lagu dari genre lain yang di-mix menjadi lagu disko maksa, acara mabuk - mabukan gak akan kelewat, sembari ngeboikot jalan.

Menangkap Alien
Di dunia ini masih banyak orang yang mau merelakan waktunya untuk kepentingan orang lain, bangsa, negara, dan planet ini. Ekspansi mahluk asing penghuni planet di galaksi Andromeda sedang gencar - gencarnya. Mereka mencari lokasi baru untuk membangun rumah, gedung dan hotel, dan jika ada kesempatan lain akan mengubahnya menjadi landmark agar tak ada yang bisa menyerang atau merampasnya.
Oleh sebab itu, pahlawan - pahlawan bumi dengan setelan jas dan kacamata serba hitam ini sedang memburu mereka yang tengah menyamar di antara kita. Bisa jadi gebetan kamu, orang yang dekat dengan kamu sekarang, sebenarnya adalah Alien. Hati - hati aja, saat kamu lengah otakmu akan mereka hisap lewat pori - pori kulit di belakang leher. Ciri - ciri manusia Alien yang menyamar: lubang hidung menghadap ke atas, foto di SIM-nya gak jelek.

Petasan & Kembang Api
Meskipun sudah dilarang, yang maen maupun yang jual petasan tetep aja banyak. Tahun 2014 lagi in petasan dari pipa atau kaleng yang disusun menjadi tabung panjang. Di dalamnya dimasukin karbit, air, dikocok bentar, lalu diledakkan kayak meriam (sumber api dimasukkan ke lubang api). Cuma berbunyi satu kali, tapi bikin kaget. Kalo petasan bunyinya kecil tapi nyebelin.

Dari dulu saya gak terlalu tertarik main petasan. Selain ngeri, juga sayang uang. Apalagi kembang api besar yang harganya 100 ribuan. Nyari duitnya seharian, ngabisinnya 10 detik. Saya juga gak tahu cara nyalain kembang api yang gede ini. Banyak yang beraksi konyol menyalakan kembang api besar ini dengan megang langsung pakai tangan saat menyala. Iya kalo syukur - syukur nyala kembang api meluncur dengan sukses ke udara. Kalo meledak di tangan gimana? Trus ledakan lainnya meluncur ke samping dengan mengenai orang - orang atau membakar benda di sekitar gimana?

Berikut ini tragedi kembang api jumbo yang paling saya inget, yang terjadi setahun lalu di Indonesia, yang sampai menghancurkan tubuh anak kecil yang menyalakannya.


Kalo udah namanya meledak dengan tidak benar, meski gak dipegang tangan langsung pun tetep berbahaya. Misalnya dengan diiket di kayu, tapi tetep meledak ke samping, tetep aja mematikan. Atau di tanem di tanah atau media lain, tetep meledak ke samping, sami mawon.

Saya pernah lihat saat perayaan tahun baru di Lapangan Puputan Denpasar tahun lalu ada yang ngeledakin kembang api besar dengan tidak dipegang langsung, tapi di letakkan di tanah. Saya ulangi lagi: DILETAKKAN DI TANAH. Iya, cuma diletakin saja. Lebih tepatnya, dia coba letakkan kembang apinya dalam posisi berdiri, lalu dia kabur biar ga kena ledakan. Ya keleus kalo kembang apinya tetep berdiri selama nyala apinya meletus sih gapapa, ini kembang apinya tumbang ke tanah nyett!!

Semua orang lari berhamburan menjauh, bersembunyi di balik pohon menghindari ledakan yang mengarah ke mereka.

Dan namanya anak kecil, makin dilarang makin niat ngarahin ledakan kembang apinya ke atas rumah saya.

Beli Kalender
Hal kecil tapi sangat penting untuk dilakukan. Jangan diremehin, meski udah banyak yang ngasi kalender gratis, tapi masih ada kok yang gak punya kalender di awal tahun. Apalagi bagi orang Bali yang bentuk kalendernya khusus karena kami mengenal sistem hari berdasarkan Sasih, Sapta Wara, Tri Wara, Panca Wara, dan Wuku. Kalender Bali yang paling terkenal adalah karya Almarhum Bambang Gde Rawi. Beliau adalah pelopor pembuatan kalender Bali yang dimulai sejak tahun 1950 atas desakan sulinggih - sulinggih Bali - Lombok kala itu.


Saya sempet liat ada ibu - ibu tua yang jual kalender di pinggir jalan. Jualannya gak banyak. Gak sampe 10 kalender Bali. Kala itu saya gak sempet beli. Kalo ketemu lagi, saya pasti beli. Sedih lihat ekspresinya. Meski banyak orang yang bilang dia itu penipu, ada bandar yang memakai mereka untuk berjualan dan menyentuh hati yang lihat. Bodo amat ah, gak akan pernah rugi kalo niatnya mau berbuat baik.

Resolusi
Joke yang mengaitkan resolusi dalam hal ini dengan resolusi gambar dengan satuan pixel mulai sedikit ditinggalkan. Seperti kamu yang dengan jahat ninggalin aku demi dia yang punya segalanya. Kenangan yang terjadi di antara kita sudah tak ada nilainya lagi. Kini semua kau bakar tak bersisa. #upssorrycurhat

Banyak yang resolusinya masih kopi paste dengan resolusi tahun lalu. Gak sedikit juga yang menggebu - gebu menyongsong tahun lalu dengan harapan besar, kemudian di Februari semangat itu menguap hilang entah kemana.

Resolusi saya sendiri akan saya buat di tulisan terpisah.

Keluar Negeri
Ini sekaligus mewujudkan resolusi tahun lalu. Melihat matahari pertama di tahun baru di tempat impian memang menyenangkan. Bonus temen perjalanan yang menyenangkan. Sekalian untuk pamer ke temen.


Belajar
Percaya atau enggak, ada yang ujian hidup lho di tahun baru. Sehingga mereka harus mempersiapkan diri sehari sebelumnya. Seperti halnya diriku yang selalu belajar untuk selalu tulus mencintaimu. :3
Tidur
"Tahun baru itu gak penting, sama aja dengan tanggal - tanggal lainnya. Enakan di kasur!"

Sendirian

Ada yang merasa sendirian di keramaian. Ada juga yang memang sendiri disaat semua terbenam dalam perayaan. Alasannya: harus bekerja (misalnya para artis yang harus manggung), sedang intropeksi diri menyiapkan diri menghadapi 1 tahun ke depan, gak punya pasangan, gak ada temen yang ngajakin.

Memang sih kalau dipikir - pikir ada baiknya kita merenung sebentar di dalam pergantian tahun. Terutama untuk negeri ini, banyak musibah yang terjadi bahkan sampai penghujung 2014. Pesta suka ria rasanya akan melukai hati keluarga korban. Rakyat yang terpecah akibat pemilu, longsor Banjarnegara yang memakan korban ratusan nyawa, kebakaran Pasar Klewer, dan yang terbaru adalah tenggelamnya Air Asia penerbangan dari Surabaya ke Singapore membawa 155 penumpang dan 7 awak. Terima kasih untuk pemerintah dan tim yang telah dengan sigap dan cepat merespon semua musibah.

Blogging
Dan sebagai blogger, ada yang diem di rumah, nulis artikel ini. :)

Oia, mulai 2015 jargon blog saya yang tiap artikelnya selalu diawali dengan "(Ga Sekedar)" berganti dengan "Yang Katanya". Thx buat bidadari cantik atas idenya. :*

19 bukan komentar (biasa):

GUNAWAN EFENDI said...

wah ganti ya jargo nya.....
keren jargo baru nya....

Return to My Blogg said...

waduh, 2015 lebih bagus disambut dengan #konkretaja hehehe

agen xamthoneplus said...

siapp menyongsong masa depan lebih gemilang di 2015

Penitishop.com Jual Almamater Terbaik said...

Tahun baru harapan baru

Immanuel Lubis said...

Elo ngebir juga ga?

Btw hebat si sukro ini bah. Selalu menarik segala sesuatu dari hal positif,

joni said...

hmmm sayangnya aku di baris terbawah dr ilustrasinya kwkkw molor pas pergantian tahun,, actually i dont care about new years eve hahaha,,

Muzi said...

Banyak hal yang di lakukan tahun 2015. harus menjadi resolusi bagi pribadi masing-masing sob. nice share mas bro.

Budi Smart said...

wah unik nih nama blognya. hehee kalau akhir tahun sendirian ini deh kayaknya yang seru. hehee salam kenal mas dari bas-studio.com

Ayu said...

semoga di 2015 ini kita bisa lebih baik lag dan segala impian da usaha yang kita lakukan tercapai dan berjalan penuh kesuksesan. amin

hunian murah di jakarta said...

mantab neh

sinemaisme moviedownload said...

Haha, walaupun saya masih 20's tapi udah kayak digambar 30's sejak umur belasan :D

Salam,
sinemaisme
sinemaisme.blogspot.com

gps garmin 78s said...

Yang penting mah gan kita harus bersyukur kpd tuhan YME atau allah swt. agar kita di awal atau berjalannya waktu di iringi oleh doa .

Geafry Necolsen said...

Jargonnya belum muncul, soalnya belum ada artikel baru setelah ini :p

Zan said...

Wew, kalo saya termasuk yang bobo' manis pas tahun baru, hehe.

Immanuel Lubis said...

Dapat tag dari gue ya

http://www.immanuels-notes.blogspot.com/2015/01/mari-menghidupkan-kembali-permainan-tag.html

jual peralatan makan bayi said...

wah ini bener sekalii yah , ketika umur under 30 masih sering merayakan tahun baru dengan berbagai macam acara , kalau uda 30an kyknya mendingan tidur aja deh hahaha

wanita dewasa said...

Seperti Anak Panah, Dimundurkan Untuk Melesat Ke Depan

GLOW Enhanz said...

kalo saya sih di akhir taun cuma ngumpul sama tmen sambil menikmati suasana pantai dan hujan kembang api...hehe

Contoh Memo Dalam Bahasa Inggris said...

saya sangat suka dengan imajinasi dari ekspansi aliennya sangat lucu dan keren :)

Post a Comment

Jangan lupa cek twitter saya @tukangcolong
Dan channel YOUTUBE saya di
SINI