(ga sekedar) Donor Darah


Saya ngga pernah menyangka jika acara donor ke - 20 saya akan banyak kejutan yang terjadi.

Untuk pertanma kalinya saya pergi mendonorkan darah tanpa membawa kartu anggota. Saya jadi bergantung pada database tempat saya melakukan donor. Konsekuensinya, saya hanya terhitung telah 7x mendonorkan darah. Padahal di kartu saya tercantum 20x. Mereka ngga menghitung donor yang saya lakukan di tempat lain.

Selesai urusan di meja registrasi, saya menuju ruang donor. Tampak dari kemeja putih dan celana bahan berwarna hitam yang Ia kenakan, sepertinya karyawan yang menerima saya adalah anak magang.

Namanya juga anak magang, cara melayani konsumen berbeda dengan yang udah pengalaman. Saat Ia akan mengambil darah saya untuk tes hemoglobin (Hb), darah saya ngga keluar - keluar. Saya berpikir kalau saya sedang tidak dalam kondisi yang fit.

Jari manis saya ditekan - tekan beberapa kali agar lubang yang sudah Ia buat dengan alat khusus di ujung jari manis saya mau mengeluarkan darah. Setelah beberapa kali usaha, akhirnya darah yang keluar cukup untuk diuji di alat khusus. Darah udah terkumpul dengan susah payah, sekarang alat uji HB yang bermasalah. Alatnya ngga mau ngebaca darah saya.

Pengambilan darah pun diulangi. Kali ini jari tengah saya ditusuknya agak ke tengah, dan darahnya mengucur deras tidak seperti sebelumnya. Rupanya yang tadi kenapa sampai darahnya macet, itu karena salah tempat nusuk. -___-'

Percobaan tes yang kedua ini berhasil. Darah mau keluar dengan mulus, dan alat tes Hb pun berjalan dengan baik. Saya lulus tes Hb sebagai syarat donor darah.

Tes selanjutnya yang harus saya jalani adalah cek tensi. Tensi yang pas menghindari pendonor dari peristiwa pingsan setelah donor misalnya.

Saya berbaring di ranjang donor siap untuk diperiksa tensi saya. Alat sudah dibalutkan ke lengan saya. Balutannya lebih keras dari biasanya. Saya ngga heran kalau nanti pulang ke rumah saya hanya bertangan satu.

Saya lolos tes tensi (meski ga terlalu percaya dengan pembacaan hasil alat tes tensi oleh anak ini). Saya pun mulai masuk tahap yang sesungguhnya: donor darah. Anak magang ini mulai menyuntikkan jarum ke lengan saya. Saya terbiasa untuk tidak melihat tangan saya yang disuntik. Mencoba cuek sambil mencet - ,mencet apapun biar sakitnya ngga begitu terasa. Tapi kali ini tusukan jarumnya lebih terasa dari biasanya. Rasanya seperti bukan saluran darah yang tertembus, tapi daging. Saya rasakan beberapa kali anak ini mencoba menusuk saya lagi, sepertinya darah saya susah keluar..

Anak magang mulai kebingungan. Dan akhirnya Ia memanggil suster senior (kenapa ngga daritadi??). Oleh suster ini jarumnya dimainkan dan akhirnya darah saya mau keluar meski ada beberapa darah saya yang muncrat dan mengotori ranjang. Bersamaan dengan cepirit saya yang keluar sedikit.

Ketika darah saya sedang diambil, di tengah jalan si anak magang ini panik kembali. "Apalagi?", pikir saya dalam hati.

Darah saya macet lagi. Oh Tuhan, mau berbuat baik saja susah amat.. Yang saya khawatirkan adalah ada kelainan pada tubuh saya sehingga darah saya jadi tidak lancar. Suster senior dipanggil lagi. Jarum suntik di lengan saya dimainkan lagi oleh suster senior ini. Dan darah saya pun mau mengalir lagi. Untung tidak muncrat lagi. Karena penasaran kenapa sih daritadi kayaknya ribet banget nyedot darah saya, biasanya ngga kayak gini.. Setelah saya toleh lengan saya, akhirnya saya tahu penyebabnya. Ternyata si anak magang ini menyuntikkan jarumnya bukan tepat di tengah sendi siku bagian dalam saya. Tapi di samping. Ya iyalah darah susah keluar dari sana.

Setelah donor darah paling lama yang pernah saya rasakan, ternyata penderitaan saya belum berakhir. Sebuah rombongan yang entah dari organisasi apa minta foto dengan petugas donor. Saya menjadi objek pura - pura sedang diperiksa oleh petugasnya. Padahal saya sudah pengen banget pergi dari tempat penyiksaan ini.. 




51 bukan komentar (biasa):

Dihas Enrico said...

saya gak pernah tuh donor darah karena saya takut sama jarumnyaa...
:P

1mmanuel'Z-Note5 said...

sabaaaaar, kan buat tujuan mulian ini.... hehehe

Cara Herbal Menyembuhkan Penyakit Keputihan said...

yelahhhh,,nyebelin banget tuh kalau hal itu terjadi,,karena tubuh kita jadi percobaan..:'(
sabar blii..

Lucky Eno Marchelin said...

20x? segede apa tu lengannya disuntikin mulu? =.=

Elsawati Dewi said...

sakit gak ya dites darah begitu. saya belum pernah dites karena takut jarinya ditusuk hehe :D

Nandar said...

Habis donor dapat makanan enggak.. Biasanya habis donor suka dikasih makanan enak.

yanuar catur said...

hehehe, harap maklum gan namanya juga anak magang. biar kenyang pengalaman doloe

Cara Mengobati Penyakit Kista said...

itu asli apa rekayasa

Obat Alami Sakit Diare Pada Anak said...

ahaa selau aja da pic yag gokil.

Pengobatan Lambung Perih said...

ah ga terlalu sakit tuh

Obat Kanker Kolon said...

saya cuma pernah di sedot saja pake suntikan kecilitu, rasanya kaya di gigit semut,ga tau tuh kalau donor darah..:)

Pengobatan Infeksi Saluran Kemih said...

donor darah berapa yang di ambil darahnya

Pengobatan Kanker Payudara said...

donor darah belum pernah tuh, gimana rasanya

Obat Tulang Keropos said...

belum pernah nyobain tuh

Obat TBC Untuk Anak said...

sakit ga

Obat Kanker Lidah said...

ya ampun 1x aja dah cukup,ini 20x wow gimana rasanya ? semoga sehat aja deh

Pengobatan Penyakit Vitiligo said...

20x dimana aja nusuk jarumnya

Pengobatan Maag Kronis said...

wow 20x,gimna ntu rasanya gan?

Pengobatan Penyakit Liver said...

moga sehat ya,setelah donornya.amin

Pengobatan Luka Bakar Alami said...

yaelah kenapa ada salah masuk segala, moga di sehatkan saja

Cara Mengobati Luka Bakar said...

ko bisa salah masuk sih kak

Pengobatan Gagal Ginjal said...

sore, kenapa bisa salah

Pengobatan Gagal Jantung said...

sakit ga waktu salah masuk

Pengobatan Asam Urat said...

ko bisa salah masuk segala

Pengobatan Insomnia Alami said...

ko bisa salah nusuk gitu ya?

Pengobatan Paru-Paru said...

adegan yang berkelahi tuh rekayasa bukan?

Pengobatan Hepatitis B said...

gimana tuh waktu salah nusuk?

Cara Mengobati Bronkitis said...

wih,napa ko bisa salah nusuk kak?

Pengobatan Jantung Bengkak said...

ga sakit apa ya?

Cara Mengobati Kista said...

wah ada-ada salah nusuk jarum segala

Cara Mengobati Kanker Serviks said...

wah kok bisa2 salah nusuk.

Pengobatan Lambung Bengkak said...

kak adegan berkelahi rekayasa bukan?

Pengobatan Epilepsi said...

20x gimana nusuknya,

Pengobatan Paru Paru Basah said...

wah pas mancret gitu gimana tuh kak?

Pengobatan Radang Tenggorokan said...

ya ampun ada macet lagi,emang kenapa lagi masalahnya darahnya jadi macet ka?

Pengobatan Kanker Hati said...

ko bisa macet dan salah,sakit ga tuh?

Pengobatan Sakit Pinggang said...

wow 20x ya ampun ga sakit mas?

Pengobatan Sinusitis said...

sakit ga tuh

Pengobatan Kanker Usus said...

napa harus 20x?

Pengobatan Penyakit Kencing Berdarah said...

20x ?? gimana nusuknya tuh?

Cara Mengobati TBC said...

ya,walaupun 20x semoga di beri kesehatan..amin

Pengobatan Infeksi Jantung said...

walaupun 20x yang penting kita ikhlas menjalaninya

Cara Mengobati Darah Tinggi said...

aduh ada2 aja vidoenya..hehhe:)

Cara Mengobati Radang Tenggorokan said...

ada2 saja kesalahannya

Cara Mengobati Epilepsi said...

belum bisa kali ya yang bagian nusuk jarumnya.jadi salah terus

Cara Mengobati Tumor Ganas said...

masa penyiksaanya gitu ada2 saja ah kak

Cara Mengobati Sinusitis said...

aduh ada2 aja tuh bisa salah nusuk segala

Cara Mengobati kanker Usus said...

semoga di beri kesehatan aja,setelah donor darahnya

Cara Mengobati Kencing Berdarah said...

anak itunya belum bisa kali jadi salah nusuk

Cara Mengobati Kanker Hati said...

vidoenya boleh juga tuh

Pengobatan Kanker Pankreas said...

kaka ada2 aja nih videonya

Post a Comment

Jangan lupa cek twitter saya @tukangcolong
Dan channel YOUTUBE saya di
SINI