Ini Bukan Hari Raya Saraswati (biasa)


Postingan ngebut nih. Jam 12 nanti janji bimbingan ama pembimbing 2. Kemaren ga bisa ngeblog gara-gara wifi mekdi mati. Pulang-pulang rencananya ngebenerin bab 2, eh bablas ketiduran ampe jam 7. Bangun-bangun mata bengkak. Heu

Dua hari belakangan di Bali lagi ngerayain Hari Raya Saraswati. Hari turunnya ilmu pengetahuan. Umat Hindu melakukan persembahyangan memuja dewi Saraswati. Dewi ilmu pengetahuan sekaligus saktinya dewa Brahma. Ku lupa kalo punya padmasana di fakultas. Hampir aja ga sembahyang kesana. Untung aja diajakin sembahyang kesana.

Padmasana MIPA
Nyampe padma MIPA ternyata lagi ada yang sembahyang. Ku dan rombongan (yang cuma bertiga, hihi) nunggu ampe mereka selesai sembahyang. Ada beberapa orang, kayaknya sih udah paham daerah sekitar padma. Mereka menyebrangi semak-semak biar bisa menuju padma tanpa ngelewatin orang sembahyang. Duh, gue mah ogah lewat begonoan. Kita ga tau "ancaman" apa yang ada di balik semak-semak itu kan? :)

Ritual setelah sembahayang adalah metirta dan mebija. Metirta adalah pembercikan dan pemberian air suci ke umat yang sembahyang. Sedangkan mebija itu kita dikasi beras basah lalu kenakan masing-masing 3 bulir di kening, leher, dan ditelan. Aku ga fasih mercikin tirta ke pacar. Ga ada bakat nih kayaknya. Padahal ku pengen jadi pemangku (pemimpin upacara). Ku mercikin tirta kayak orang emosi. Banyak dan keras (lebih mirip mandiin sapi XP).

Selesai sembahyang di padma MIPA, lanjut ke pura Blembong yang letaknya di belakang rektorat Universitas Udayana. Selanjutnya kami sembahyang ke padmasana Unud di Bukit Jimbaran. Setelah ngelungsur (meminta) tirta di padma Unud, tirta itu kupake mebanten canang Saraswati di kamar. Kue cicak di canang Saraswati ini akan ditelen ekornya besok harinya. Katanya sih biar pinter. Hahahaha. Tapi menurutku ini ada makna lainnya. Cuma dikasi arti kayak gini biar anak-anak mau makan kue ini.:)

Pura Blembong
Padmasana Unud

Senjata Sembahyang!
Selama Saraswati juga katanya ga boleh belajar, ga boleh baca. Tapi ku lebih percaya kata seorang pendeta yang bilang kalo di hari Saraswati ga boleh membunuh huruf.

Keesokan harinya sebagai penutup rangkaian hari Saraswati ini, umat Hindu melaksanakan Banyu Pinaruh. Umat Hindu menyucikan diri dengan mandi di mata air. Boleh air sumur, boleh juga pantai. Makanya kemaren hampir semua pantai, terutama Sanur, penuh banget! Kalo aku cukup mandi di rusunawa aja make air kumkuman. Air yang dibuat khusus. Wangi-wangi gitu. Sekali make wanginya ga akan hilang seharian. Sayangnya ku lupa cara makenya. Ku pikir airnya dipake sebelum mandi, ternyata kebalik. Heu

Yeh (air) kumkuman
Oia canang Saraswati juga harus "dibuang" di depan rumah sehari setelah hari Saraswati. Tepatnya hari Minggu kemaren.

29 bukan komentar (biasa):

Multibrand said...

Selamat merayakan Hari Raya Saraswati.

Felicia Putri said...

Eh eh, sori, mau tanya. Misalnya besoknya ujian terus gimana?

Noeel-Loebis said...

semangat bro buat TAnya.... gw juga nih mau kebut rencananya skripsi bab 3 gw.... mau off dulu blognya.... buktinya gw ga apdet beberapa hari kan???? hehehhe.....

Rawins said...

aku seneng banget kalo nonton acara adat. kapan ya bisa sampe ke bali..?

Muhammad A Vip said...

tidak baca asal tidak membunuh huruf, bagus itu daripada membaca tapi membunuh huruf (yang ini apa maksudnya ya?)

Ajeng Sari Rahayu said...

Bali masih menjadi mimpi, btw, membunuh kata maksudnya gimana?

Gaphe said...

met merayakan hari ini yaak.. saraswati, mirip pendekar wanita 008. hahaha.. *doh, jaman kapan itu?.
pulang bawa oleh-oleh, semoga berkah..

met ngadep dosen PA juga deh. hihiii

B.S.U. said...

gilee pengen liat neh

asuransioke said...

salam sahabat, pengen liat nih Gan sepertinya ramai ya Gan, nice post D gan

kaki kecil said...

beberapa istilah bali dijelasin lagi, dan tradisi saraswatinya lebih di tonjolkan seperti tradisi "banyupinaruh".
tulisan nya udah oke :)

Ami said...

Kalo cerita soal tradisi jadi pengen ke Bali... Terakhir pas SMA. Uhhh.... Kapan lagi ya ke sana...

Nova Miladyarti said...

wew, air kumkuman itu gimana wanginya ya???penasaran,hhehe

Asriani Amir said...

ah.. bali.. slalu banyak cerita.. adat istiadatnya itu loh. ckckkckckk. mantaf tenan

sllu suka postingan jenis ini. :D

adiekeputran said...

maksudnya membunuh huruf apa bli???

hehehe^^

Nurul Imam said...

Maksud dari air kum2an itu buat apa yah ?
Di Minum ? atau Buat Farfus Sehabis mandi ?

rezaprama said...

selamat merayakan mas,,

salam kenal, saya rezaprama dari ponorogo ( sangat ingin berkenalan dengan anda )

salam hangat,,

Meriahkan pesta ulang tahun bersama GarudaFood said...

Ikut nyimak saja deh....he..he..

situs dofollow said...

Emang membunuh huruf itu dosa bro...?

ToM kuU said...

hahahahahah... so interesting ihhh.... pengen nyaksiin langsung.... haduh kamu ini gimana sih bro... masa bisa salah pake air wewangian itu... hahhHh

iam said...

Wah ternyata begitu ya tatacara pelaksanaan hari raya saraswaati :)

Dhana/戴安娜 said...

salam sahabat
wah ada air kumkuman segala yach mas,unik banget jadi pingin kesa lagi soalnya paman saya sampai sekarang masih di bali
maaf telat

Ra-kun lari-laRIAN said...

unik juga. sayang di sini tak ada perayaan hari raya saraswati...

seo said...

jaga kondisi gan jangan ngebut saja nanti sakit.

Meriahkan pesta ulang tahun bersama GarudaFood said...

saya baru tahu tentang adanya tidak boleh membunuh huruf,..
terimakasih bnyak sobat, saya jadi tahu tentang budaya Bali..

blue rose said...

kapan ya aq bisa ke bali

Medicine Of Herbal said...

enak banget bisa ke bali

Nature-Pills said...

andai aq gayus tambunan..bisa pergi ke bali..hehehe

sinhui said...

idih pake acara nyanyi segala....
nice articles

mainelyequal said...

mimpi di siang bolong tuh...ahahaha

Post a Comment

Jangan lupa cek twitter saya @tukangcolong
Dan channel YOUTUBE saya di
SINI