Istilah Bahasa Sunda

gambar dicolong dari catatanku

Tiga minggu PeKaeL di Bandung, berinteraksi ama masyarakat disana, kurang lebih aku mengerti bahasa Sunda. Meski gag banyak banget sih. Kadang mereka yang malah pengen belajar istilah bahasa Bali.

Aku baru tau kepanjangan batagor. Yang artinya Bakso Tahu Goreng. Kiraen artinya Bata Goreng, atau Batako Goreng.:D

Singkatan lain misalnya Bacil. Aku pernah nyeritain makanan ini di postingan berjudul POKOKNYA KEMARIN ITU SIAL. Nama panjang Bacil adalah Baciiiiiiiiiiiiiiill...

Bukan ding, becanda. Nama panjangnya: Bakso Cilik.

Bandung banyak punya nama daerah berawalan "ci" di depannya. Ci itu artinya air. Misalnya Ciliwung artinya air liwung. Cicadas = air cadas (dalam bahasa Indonesia cadas itu kayaknya punya arti lain deh?). Terus CICI ULANG artinya air ici ulang. :D

Tapi untuk air terjun bukan bernama citerjun. Aku pernah diketawain gara-gara salah tafsir ini.

" Ke curug yuk?", ajak Gea.
 "Ngapain kita nonton tikus?",tungkasku.
  "Bukan curut kalee..tapi curug, air terjun!"

Ternyata yang dimaksud curug itu air terjun. Aku salah denger.:p

Aku emang rada susah mencerna kata-kata istilah dalam bahasa Sunda. Ampe saat ini aku masih salah panggil bapak-bapak. Antara kang, pak, atau mas. Ujung-ujungnya jadi Om. Hadeeh.

41 bukan komentar (biasa):

Nuy said...

ngahahaha... tapi kalo lama-lama ngomong Sunda nanti terbiasa kok kak! Aku aja wong Jowo ngerti Sunda :P

kiky_rose said...

hahaha...
konyol :D sampe ketawa sendiri bacanya >:D

febriyanto said...

hha..... bermacam2 makna..... curug di bhasa jawa juga air terjun... kyknya mereka plagiat.. LOL

Kapuk Online said...

Kalau Cicolong artinya kira-kira apa ya?

Reza Saputra said...

belajar dari banyak hal yang ada disekitar kita gan :D

iLLa said...

wew.. lagi di sunda toh.
soal F sama P ini, sy jg ada cerita. waktu di tempat diklat kantor sy di bogor, ada kamar namanya Flamboyan. sy dapat kamar flamboyan 4. herannya, semua inisial barang2 di kamar itu tulisannya P4. dikirain semangat pancasila gituh, nulis P4 dimana2. ternyata P4=plamboyan 4. hedeuh.. :D

TRIMATRA said...

kalo di jateng juga pake ci , istilahnya pe-CI CI-lan artinya mlotot , wkwkwk :D

stupid girl said...

Aku sunda asli.
Haha jadi ketawa sndiri. .

Penyamun Code said...

Jiahhahha.. asal jgn terjadi pertumpahan darah aja... hehehe..
-----------
Ramadhon sebentar lagi.. mhon maaf lahir dan batin yah...

Diana Afiifah said...

iya, cadas punya arti lain di bahasa indonesia :DDD
postingannya lucu :D

Internet Box said...

salam kenal sob...

Mood said...

Mantap bukan pelajaran bahasa dari tanah Parahyangan.

rawins said...

wahkalo ke jogja lebih parah lagi soal istilah. aku aja sempat setres ketika pertama datang. enak aja orang nyebut jamal, ternyata jalan magelang. jakal, jalan kaliurang. trus ada yang aku ga tega ngomongnya, jalan karangturi...

rizal said...

haa..ha.. saya malah baru tau juga kalau BATAGOR itu singaktan, selama ini saya kita namanya emang itu...

sori baru mamapir soalnya lagi CIbuk hee..he..

Lusi said...

Liburan lusi mamper kaaq

Fahma Nurika said...

gyahaha curug jadi curut ada2 aja tuh kupingnya :p tapi kayanya seru ya perjalanannya.

ariefborneo said...

Hahaha..bhasa sunda memang sulit ya sob...!!
Klo cipamokolan artinya apa ya?

WONG SIKAMPUH said...

Memang kadang2 istilah dalam bahasa daerah bikin kita bingung dan gak paham ya sob...

naevawebmurah said...

hahah ahaha
www.gambar-lucu.com

sky said...

sy termasuk org yg agak sulit bergaul dgn org Sunda...krn gaya bicara mereka terlampau lembut...kadang ndak enak klo ngomong sama mereka...secara...gaya bicara daerahku terlalu sangar :D

dreesc said...

jadi inget dree lom mam batagor hari ini...

hellgalicious said...

emang perlu adaptasi kalo tinggal di daerah orang
hehe
pengalaman yang menarik nih

RAMDHAN said...

Ada satu kata yg bagi Q cukup menarik "BATAGOR". Q baru tau gan ternyata BATAGOR itu singkatan dr "Bakso Tahu Goreng" kok baru tau ya padahal simkuring teh urang sunda wkwkwkwk... Kabuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuurrrrrrr.....

sufyan kazama said...

kak caranya bikin sharenya bagus kayak gitu n yang di kanan bawah blognya kakak tu gi mana......
minta java scriptnya dong

Aditia Novit said...

Hahaha lucu jga pengalamannya kang :-D

Oji said...

Hahaha lucu banget gan :D

cara sembuhkan varikokel tanpa operasi said...

itulah hebatnya indonesia.. haha emang yang paling sulit dari bahasa sunda itu pengucapannya. itu menurut orang2 yang lagi belajar bahasa sunda.

cara mengobati kulit gatal bersisik yang sudah menahun said...

budayakan bahasa sunda.. hebring lah

cara cepat mengobati penebalan dinding rahim tanpa operasi said...

hatur nuhun sateuacana

cara mengobati kulit gatal bersisik dan mengelupas said...

hatur nuhun sateuacana..sukses

obat kulit kepala gatal dan berkerak yang paling ampuh said...

hatur nuhun sateuacana.. sukses ya

cara menghilangkan penebalan dinding rahim said...

matur nuwon.. sing sukses

pengobatan penebalan dinding rahim selain kuret said...

matur suhun sanget

obat kulit gatal kering dan berdarah said...

wah.. sunda itu susah-susah gampang.. artinya susah dulu kemudian gampang.. hehe
yang paling sulit biasanya intonasi dan pengucapan kata antara ( e' , e , dan eu ).

obat penyakit kekurangan pigmen said...

hidup orang sunda.. gak mudah juga belajar bahasa sunda

pengobatan kulit gatal dan bersisik secara alami said...

kalo bicara masalah sunda gak akan ada habisnya..

obat penebalan dinding rahim said...

ciri-ciri nama urang sunda,namanya diulang-ulang. salah satu contohnya : maman suparman,udin saefudin,yati suryati,dll. tapi masih mending sih dari pada nama-nama aneh kayak anti dandruf,dan kamingsun.. haha

Cara Mengatasi Daya Ingat Menurun said...

hAHA, Ngakak

Jejen Zaenudin said...

Thank you has been giving a lot of information to me through your blog. you may still exist provide the latest information and certainly useful for our readers.

cara mengobati penebalan dinding rahim tanpa perlu kuret

Jejen Zaenudin said...
This comment has been removed by a blog administrator.
cara alternatif terbaik mengobati penebalan dinding rahim said...

gracias

Post a Comment

Jangan lupa cek twitter saya @tukangcolong
Dan channel YOUTUBE saya di
SINI