Istilah Bahasa Sunda

gambar dicolong dari catatanku

Tiga minggu PeKaeL di Bandung, berinteraksi ama masyarakat disana, kurang lebih aku mengerti bahasa Sunda. Meski gag banyak banget sih. Kadang mereka yang malah pengen belajar istilah bahasa Bali.

Aku baru tau kepanjangan batagor. Yang artinya Bakso Tahu Goreng. Kiraen artinya Bata Goreng, atau Batako Goreng.:D

Singkatan lain misalnya Bacil. Aku pernah nyeritain makanan ini di postingan berjudul POKOKNYA KEMARIN ITU SIAL. Nama panjang Bacil adalah Baciiiiiiiiiiiiiiill...

Bukan ding, becanda. Nama panjangnya: Bakso Cilik.

Bandung banyak punya nama daerah berawalan "ci" di depannya. Ci itu artinya air. Misalnya Ciliwung artinya air liwung. Cicadas = air cadas (dalam bahasa Indonesia cadas itu kayaknya punya arti lain deh?). Terus CICI ULANG artinya air ici ulang. :D

Tapi untuk air terjun bukan bernama citerjun. Aku pernah diketawain gara-gara salah tafsir ini.

" Ke curug yuk?", ajak Gea.
 "Ngapain kita nonton tikus?",tungkasku.
  "Bukan curut kalee..tapi curug, air terjun!"

Ternyata yang dimaksud curug itu air terjun. Aku salah denger.:p

Aku emang rada susah mencerna kata-kata istilah dalam bahasa Sunda. Ampe saat ini aku masih salah panggil bapak-bapak. Antara kang, pak, atau mas. Ujung-ujungnya jadi Om. Hadeeh.

25 bukan komentar (biasa):

Nuy mengatakan...

ngahahaha... tapi kalo lama-lama ngomong Sunda nanti terbiasa kok kak! Aku aja wong Jowo ngerti Sunda :P

kiky_rose mengatakan...

hahaha...
konyol :D sampe ketawa sendiri bacanya >:D

febriyanto mengatakan...

hha..... bermacam2 makna..... curug di bhasa jawa juga air terjun... kyknya mereka plagiat.. LOL

Kapuk Online mengatakan...

Kalau Cicolong artinya kira-kira apa ya?

Reza Saputra mengatakan...

belajar dari banyak hal yang ada disekitar kita gan :D

iLLa mengatakan...

wew.. lagi di sunda toh.
soal F sama P ini, sy jg ada cerita. waktu di tempat diklat kantor sy di bogor, ada kamar namanya Flamboyan. sy dapat kamar flamboyan 4. herannya, semua inisial barang2 di kamar itu tulisannya P4. dikirain semangat pancasila gituh, nulis P4 dimana2. ternyata P4=plamboyan 4. hedeuh.. :D

TRIMATRA mengatakan...

kalo di jateng juga pake ci , istilahnya pe-CI CI-lan artinya mlotot , wkwkwk :D

stupid girl mengatakan...

Aku sunda asli.
Haha jadi ketawa sndiri. .

Penyamun Code mengatakan...

Jiahhahha.. asal jgn terjadi pertumpahan darah aja... hehehe..
-----------
Ramadhon sebentar lagi.. mhon maaf lahir dan batin yah...

Diana Afiifah mengatakan...

iya, cadas punya arti lain di bahasa indonesia :DDD
postingannya lucu :D

Internet Box mengatakan...

salam kenal sob...

Mood mengatakan...

Mantap bukan pelajaran bahasa dari tanah Parahyangan.

rawins mengatakan...

wahkalo ke jogja lebih parah lagi soal istilah. aku aja sempat setres ketika pertama datang. enak aja orang nyebut jamal, ternyata jalan magelang. jakal, jalan kaliurang. trus ada yang aku ga tega ngomongnya, jalan karangturi...

rizal mengatakan...

haa..ha.. saya malah baru tau juga kalau BATAGOR itu singaktan, selama ini saya kita namanya emang itu...

sori baru mamapir soalnya lagi CIbuk hee..he..

Lusi mengatakan...

Liburan lusi mamper kaaq

Fahma Nurika mengatakan...

gyahaha curug jadi curut ada2 aja tuh kupingnya :p tapi kayanya seru ya perjalanannya.

ariefborneo mengatakan...

Hahaha..bhasa sunda memang sulit ya sob...!!
Klo cipamokolan artinya apa ya?

WONG SIKAMPUH mengatakan...

Memang kadang2 istilah dalam bahasa daerah bikin kita bingung dan gak paham ya sob...

naevawebmurah mengatakan...

hahah ahaha
www.gambar-lucu.com

sky mengatakan...

sy termasuk org yg agak sulit bergaul dgn org Sunda...krn gaya bicara mereka terlampau lembut...kadang ndak enak klo ngomong sama mereka...secara...gaya bicara daerahku terlalu sangar :D

dreesc mengatakan...

jadi inget dree lom mam batagor hari ini...

hellgalicious mengatakan...

emang perlu adaptasi kalo tinggal di daerah orang
hehe
pengalaman yang menarik nih

RAMDHAN mengatakan...

Ada satu kata yg bagi Q cukup menarik "BATAGOR". Q baru tau gan ternyata BATAGOR itu singkatan dr "Bakso Tahu Goreng" kok baru tau ya padahal simkuring teh urang sunda wkwkwkwk... Kabuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuurrrrrrr.....

sufyan kazama mengatakan...

kak caranya bikin sharenya bagus kayak gitu n yang di kanan bawah blognya kakak tu gi mana......
minta java scriptnya dong

Aditia Novit mengatakan...

Hahaha lucu jga pengalamannya kang :-D

Poskan Komentar

Komentar adalah bagian dari iman.