WC, Si Kamar Kecil-Kecil Cabe Rawit.

Idealnya sebuah WC yang konon singkatan dari water kloset adalah: jarak yang gag terlalu jauh dan juga gag terlalu deket ama sumber air biar airnya ngalir terus dan juga gag mencemari sumber air. WC juga harus bersih plus wangi (kalo istilah cewek, musti keset dan resik). Jangan juga ampe penuh dan mampet, amit-amit dah kalo ketemu hal yang kayak gini.


Btw, ada yang pernah liat gag sih WC yang ukurannya besar? Kenapa selalu dibilang kamar kecil? Padahal WC umum di perusahaan, misalnya PT DI tempatku PKL sekarang tempatnya  buang membuang air luas-luas banget. Kalo mau tidur, ruangannya bisa nampng 50 orang maybe.


Ngomongin WC di PT DI, ada beberapa kejanggalan yang ku lihat. Selain ruangannya yang luas, fasilitasnya gag lulus SNI banget (eh, WC ada SNI nya gag sih?). Jorok, kotor, air gag lancar, pintu rusak. Ah! Bingung mau nyalahin siapa untuk WC yang tak menghargai hak BAB pekerja PT DI ini.


Selama PKL di Bandung, mungkin pengaruh cuaca ato pengaruh gaya hidup yang lebih banyak makan sekarang, aku jadi gampang pengen beserr.. Masalahnya, WC disini kebanyakan WC duduk. Ibarat cewek lagi nih, WC duduk adalah WC yang paling susah ku mengerti. Kalo diitung-itung pake rumus, gaya dorong yang kuhasilin gag bisa maksimal semasih aku dalam posisi duduk. Susah nyeden!


Apalagi di tempatku diem sekarang lokasi WC tepat disamping ruang makan dan dapur, rada gag enak gitu kalo mau pup. Kalo pun nahan-nahan numpang pup di tempat PKL. Ngeri banget! Udah jauh, bisa-bisa aku kena boker batu terus harus berhadapan dengan WC PT DI yang melanggar hak asasi pantat (HAP) itu.


Untung aku udah nemuin WC bagus di PT DI. Tempatnya aku rahasiain. Sapa tau ada pegawai PT DI yang baca. entar mereka ikut kesana lagi. hehe


WC yang dijuluki si kamar kecil, tapi kecil-kecil cabe rawit, bisa bikin kita pusing tujuh keliling lapangan. Mungkin ada yang masih inget ketika aku harus mandi ngangkang disana.

49 bukan komentar (biasa):

Herdoni Wahyono said...

WC sebuah tempat yang amat penting bagi kita. Tidak terbanyangkan susahnya bila tidak ada tempat ini. Kita setiap hari dengan setia mengunjunginya. Cuma sekarang kebanyakan memakai 'model duduk', jadi agak canggung menggunakannya. Senang sekali kalau ketemu WC yang bersih dan selalu wangi seperti di hotel bintang dan bandara internasional. Udah selesai ya PKL-nya yang penuh kenangan. Sukses selalu sobat.

Reza said...

segala inspirasi akan keluar ketika kita nongkrong di WC gan, bukannya begitu...

rizal said...

memang dibanyak tempat rata2 WC umum biasanya nggak keurus kecuali di Bandara, selain tepat itu mau masuk aja ngeri, nggak tau ya kalau tempat yang belum pernah saya jumpau tapi biasanya begitu, padahal WC tempat yang penting lo

Gamer_GPM said...

syukur dah kalo sudah nemuin tempat yang cocok buat nongkrong (pup) hehe..
soalnya saya punya temen yang gbs beser kalo bukan di rmh sdr ato kamar kosnya sdr. Padahal pup dan beser merupakan kebutuhan juga kan. Apalagi di tempat kantoran sperti itu, belum tentu cocok.
saya sendiri jg lbh suka kloset yang jongkok. lebih nyaman aja..hehe

Arif Chasan said...

hahaha....... hak asasi pantat saya jg sering dilanggar... T~T kasian pantat kita ya....

rawins said...

wah aku ga pernah mau tau bentuk closetnya kayak apa, pokoknya sekali jongkok tetep jongkok. yang penting jangan bediri ya...

Ferdinand said...

Wah klo aku waktu itu pernah dapet WC yg ngeselin pas di JOgja Sob...... masa buka pintu langsung tempat BAB n bak'y setengah mampus jauhnya..... sampe sekarang aku masih mikir yg ng'desain siapa tuh WC dan apa maksudnya haha.....

happy blogging n semangat Sob...

Corat - Coret [Ria Nugroho] said...

hehehee mau ke WC aja susah ya disana
ak malah seneng loh kalo WC duduk bs sambil santai

Pakies SM said...

wkwkwk, WC-ny pt DI besar dirancang untuk BAB pilot + pesawatnya yang ndak sempat nglepas sabuk pengaman. Ane ketawa waktu baca daya dorong hhhh

Pakies SM said...

Nambah SOb, ternyata setelah ane cek kita belum tuker link. Ijin nempel link + follow, kalo berkenan balikin ya sob biar terjalin persaudaraan Bali -Blitar

Umy Diary said...

wkwkwkkww,,,
biungung mau commment nya,,
yg jelas,, umy ketawa ni baca postnya

attayaya said...

kalo jorok tuh harusnya kerjaan cleaning service yang biasanya di naungi di Bagian Umum

masndol said...

klo wc duduk saya kq jg kurang sreg. emang daya dorongnya jadi brkurang wkwkwk.

yudex said...

ngomongin apaan sih rek?? beginian pake rumus segala,hahaha..

imsuryawan said...

kalo wc umum, mesti dikategorikan jadi negeri dan swasta kali ya.. biasanya yang swasta lebih baik dari yang negeri (ga selalu sih)... hehehe..

salam kenal...

mixedfresh said...

haha..ga terbiasa pake yang duduk pasti ni sob, jadi kurang daya dorongnya..wah semoga lancar ya BABnya

Halaman Samping-nya Inung Gunarba said...

nikmatin aja qe3 kalo ntar dapet yang toilet keren, nah baru kerasa nikmatnya qe3

gaelby said...

WC ber SNI, ide bgus tuch ! Bila perlu ada wc yg ada sertifikat ISO nya, ckkk... ckk....

Salam persahabatan, skalian izin follow :)

Nuy said...

hahaha... mau pup aja repot banget yak? kita sama euy kak ngga bisa menghayati kalo sambil duduk.. hahaha.. :D

Rizky2009 said...

tp mang aneh juga yh sob, disebutnya kamar kecil tp faktanya setelah masuk buat jingkrak2 juga bisa

tomo said...

Wc gak perlu terlalu besar gan jika dipakai untuk orang rumahan.
Kalo besar bnyk makan tempat

etam grecek said...

wah wc tu udh jd kebutuhan pokok nh....
tiap hr hrus dikunjungi...
kebayang gak klo g ada WC di sekitar kita....
padang ilalang jd labuhan...hahaha...

Irawan said...

hahaha... wc aja pake rahasia-rahasiaan...

kiky_rose said...

aduh...males deh kalo sudah gitu...haha...

Akmal Fahrurizal said...

wah wah, di kampus aku WC duduk semua, gak biasa, karena di rumah aku WC-nya yang jongkok,, alhasil deh kalo mau pup mending di wakilin dulu sama temen.. haha

ni'ce ni'ce post . . I like it.. mantabbbb.. aaha.. gak berhenti ngakak gua,,, udah ah mau POOF dulu... :D

Ifan Jayadi said...

Sama nih. Aku juga tidak terlalu suka WC duduk soalnya kayanya nggak nyaman aja. Aku lebih comfortable menggunakan WC jongkok. Tapi kebanyakan tempat2 umum sekarang lebih memilih WC duduk tsb. Tidak tahu juga alasannya apa.

om rame said...

kadang kaLo kondisi kamar keciLnya enggak nyaman, pup pun jadi enggak seLera.
istiLah cewek, kamar keciL enggak perLu besar yang penting ukurannya cukup menampung satu orang LaLu keset dan resik.

Sungkowoastro said...

Mungkin pengalaman sobat, masih lebih beruntung sebab masih ada wc kalau ingin BAB atau BAK masih bisa. Nah ini, yang memprihatinkan, kemarin ada tetangga baru yang mempati rumah barunya, tapi belum memiliki wc. Kasihan kan.

catatan kecilku said...

Kalau aku... di tempat umum gak suka pake WC duduk. Rasanya gak nyaman aja...

the others... said...

Aku paling sebel jika ke suatu tempat tapi KM/WC nya gak representatif dan bersih...!

sawali tuhusetya said...

konon, kebersihan sebuah rumah atau kantor sangat dinilai berdasarkan kebersihan wc-nya. banyak tim penilai yang langsung masuk wc utk menguji tingkat kebersihan sesuatu. mungkin ada benarnya. semakin bersih wc, semakin bersih juga tempat2 yang lain.

Bunglon Blog Indonesia said...

hmmm tempat2 seperti wc ini bisa mencerminkan keadaan didalamnya juga loh sob, maka harus pinter2 menjaga kebersihannya agar bisa betah berlama² didalamnya hayah....
Sukses Slalu!

Aby Umy said...

waduh, pada ngomongin WC ya?
jadi pengen pipis
hihi

lawang said...

sedikit berbagi pengalaman ttg wc, ane sering dapat inspirasi waktu di WC....

sentraBLOG said...

wahh wc nya sekecil apa bos???
yang penting masih bisa jongkok kan...
hehehehe...

ariefborneo said...

Mampir pagi sob...ada Award buat sobat d jemput ya sob

Ketawa Bersama Oby said...

i know what you did in last wc xD
cem pilem keren aja

Mang Umarr said...

wah kecil ya.
kira-kira ukurannya berapa mas?

joe said...

kelihatannya sepele tapi sebenarnya penting ...

adi said...

sdalam kenal ..makasih infonya

heru said...

sdalam kenal ..makasih infonya

sita said...

sdalam kenal ..makasih infonya

sita said...

sdalam kenal ..makasih infonya

rosanakmami said...

hihi
yang sabar aja ya
untung tu udah dapet wc yang sni :p

aku pernah ke hotel gitu, aihhh kamar mandinya itu besar gitu dan bersih banget, kagak cocok dah kalo dibilang kamar kecil, hehe..

eh yaaa yang di postinganku terakhir itu yang pergi tu aku bukan dia atau siapapun.
ni baru ngeblog lagi
kemarin2 malas banget mau ngeblog, heu..

febriyanto said...

hha, iy daya dorong saat duduk kurang emang yg bisa menimbulkan ketidak tuntasan.... mandi ngangkang? yg kenak knalpot itu? LOL

odah etam said...

hati hati lho di intai petugas nya...hehehehe
sukses slalu kawan..
maaf baru mampir ne

Athifah Dahsyamar said...

iya yahh ?
padahal WC saya sebesar rumah gubernur #lebay

alice in wonderland said...

susah nemu wc yang bersih di tempat2 publik kayak gitu... emang pegawainya gak ada yang pada protes ya? bagiku wc tu penting banget n harus bersih serta bebas aroma yang aneh2 kalo gak kadang yang tadinya kebelet pun jadi gak mood lagi^^

dreesc said...

walo gede ... wc tetep di bilang kamar kecil yak... hahaha

Post a Comment

Jangan lupa cek twitter saya @tukangcolong
Dan channel YOUTUBE saya di
SINI