SAMPEL MANUSIA GAGAL


Soal tulisan saya yang kemarin, bantu - bantu acara di kampung berjalan tidak seburuk yang saya pikirkan. Masih ada yang suka menyindir, tapi tidak sekeras dugaan saya. Saya masih bisa mengontrol emosi saat meresponnya.

Kegiatan kemarin malah jadi bikin nagih. Belajar bermasyarakat. Belajar hal - hal baru terutama pekerjaan - pekerjaan lelaki Bali.

FYI, acara di kampung saya adalah upacara dalam rangka baru selesai memperbaiki sanggah (tempat ibadah di rumah umat Hindu). Kemarin adalah hari terakhir saya bisa bantu persiapan, karena mulai hari ini saya harus balik lagi kerja ke Denpasar. Saya balik lagi ke kampung ketika hari-H.

Ternyata sulit sekali untuk bisa berpatisipasi penuh dalam persiapan upacara di Bali tanpa harus mengorbankan pekerjaan.
Dan sekarang saya sudah di Denpasar lagi. Salah banget bangun pagi langsung lihat hape. pagi - pagi sudah disuguhi adik kelas yang berprestasi atau anaknya teman yang sudah mulai bisa jalan. Sedangkan saya masih gini - gini aja. Ternyata benar, IRI HATI adalah salah satu musuh manusia. Seperti yang sekarang saya rasakan.

Bukannya termotivasi, saya malah makin dengki.

Kadang saya merasa Tuhan sengaja menciptakan satu jenis manusia yang bisa Dia jadikan contoh ke manusia lainnya tentang manusia yang gagal itu kaya gimana. Dan untuk tujuan itulah Tuhan menciptakan saya.

Bahkan ketika udah bosen banget ditanya kapan nikah atau disuruh cepet - cepet nikah, pikiran jelek saya yang barusan kumat lagi. Mungkin karena saya adalah sampel manusia gagal, jadi saya gak boleh nikah. Jodoh saya diseretkan. Rejeki saya ditutup. Biar sampel manusia gagalnya gak berkembang biak.


Sekarang tiap ngantor males. Di kantor gak konsen kerja. Tiap dikasi tugas bawaannya lamban. Mau nyari hobi lain yang bisa ngasilin uang, saya malah ngelakuin hal-hal yang gak berguna.

Tiap pulang kantor, langsung tidur. Ga ada kata disiplin. Tiap ada waktu luang, saya lebih milih bersantai, main game, atau main hape.

Saya paham, saya harus mulai berubah dan memaksakan diri, demi untuk jadi lebih baik.

Tapi saya ragu apakah saya bisa?

Tapi itu harus! Biar gak iri terus lihat orang sukses. Biar gak iri lihat orang berhasil. Biar gak kesel lihat orang bahagia. Biar tiap ketemu orang bawaannya ga emosi atau minder.

Tapi entahlah, saya bisa atau engga melakukannya?


1 bukan komentar (biasa):

Bimo Aji Widyantoro said...

Bisa mas bro, yang penting harus paksakan diri. Kalau itu demi kebaikan ya harus terus berjuang.

Post a Comment

Jangan lupa cek twitter saya @tukangcolong
Dan channel YOUTUBE saya di
SINI