Yang Katanya Penipu Kambing Qurban


Di TV makin rame berseliweran iklan-iklan online shop. Dari yang beli cincin batu akik dapetnya permen, barang yang dipesen gak kunjung dateng, yang bisa dibayar saat barangnya nyampe, atau yang udah deket lama taunya cuma dianggep temen. Oke yang terakhir itu curhat.

Iklan – iklan situs jual beli kebanyakan memakai latar belakang kasus yang sering konsumen alami. Penipuan, barang lama nyampe, barang di situs dengan barang yang sampe bentuknya beda, atau ada diskon/ promo tapi gak sanggup beli karena duit keduluan habis untuk makan di kafe biar bisa check-in dan foto lalu pamer di path.

Namanya juga iklan, semua ngaku baik, kalo semua ngaku jelek itu namanya pengakuan.

Di dalam iklan semua ngaku bisa ngasi solusi. Masalah yang bisa orang – orang temui pas belanja di toko online itu banyak banget, dan aneh – aneh. Saya pernah beli baju, foto baju itu di situsnya tampak keren, pas nyampe malah kere. Pernah juga saya belanja di situs yang lain, duitnya sudah saya transfer. Sebulan, dua bulan, sampai 6 bulan barangnya gak juga sampe. Saya complain ke tokonya, setelah dicek ternyata tidak ada uang masuk atas nama rekening saya. Lalu saya langsung ke bank untuk memeriksanya. Ternyata saya salah kirim, saya transfer ke rekening mantan. Kalau gak diambil, saya lagi butuh, tapi kalo diambil malah gengsi. Dan takut jadi gagal move on.

Suatu kali saya lihat online shop nampilin foto cewe make baju. Bajunya lucu, harganya juga gak mahal. Saya langsung pesen dan transfer duitnya. Setelah nunggu beberapa hari, akhirnya barangnya nyampe. Tapi saya sangat kecewa dengan online shop itu karena yang datang adalah baju yang di gambar itu, padahal saya kan mau mesen sekalian sama modelnya.

Masalah penipuan dalam transaksi jual beli online memang susah banget dihindari. Baru – baru ini saya harus membantu temen saya jualin barang yang Ia pesen lewat online. Rencananya temen saya mesen kambing dan sapi untuk qurban di Idul Adha tahun ini. Setelah barangnya dateng, Ia gak jadi berqurban karena barang yang dateng beda dengan yang dia pesen, barang yang dateng seperti ini:




5 bukan komentar (biasa):

Heru 'Siuplug' said...

gimane ntar kalo ane beli tuh di toko online hape lenove tapi dapetnya iphone s6, muehehehehe :D

Gunawan Efendi said...

Saya memang ada sedikit rasa trauma untuk belanja online...

Kalo itu dikasih pun saya gak mau...

paket wisata karimunjawa said...

memang sekarang banyak sekali penipuan online, makasih atas infonya

Wiwit ulan dari said...

sekarang kudu ati2 memang banyak modus penipuan online

nit1971

radang usus buntu pada anak said...

wkwkwkwk.... bli bli...
beneran tuh bli malah transfer ke rekening mantan ???

#peace

Post a Comment

Jangan lupa cek twitter saya @tukangcolong
Dan channel YOUTUBE saya di
SINI