(ga sekedar) Soal & Jawaban Tes CPNS


Saya masih heran jika ternyata ada yang belum tahu kalau lowongan CPNS sudah dibuka. Buat yang belum tahu, langsung aja ke situsnya PANSELNAS.MENPAN.GO.ID. Di link itu sudah lengkap banget dari cara daftar, formasi, dan kalau mau daftar memang harus dari situs itu dulu. Mungkin ada yang punya kerabat, teman, atau tetangga yang membutuhkan, kasi tahu aja mereka sebelum pendaftarannya ditutup. Udah ada kementerian yang menutup pendaftaraannya lho.

Dilema dan nyesek. Dua kata yang paling tepat untuk menggambarkan Seleksi CPNS tahun ini. Misalnya akreditasi kampus yang ga memenuhi syarat. Saya baru tahu kalau kampus swasta yang cukup favorit di Bali masih akreditasi di bawah B. Padahal yang kuliah disana lumayan banyak. Banyak yang akhirnya gak bisa ikut melamar jadi CPNS. Tapi sumber rejeki kan gak cuma dari sini aja. Cuman buat yang orientasinya mau jadi pegawe negeri, mending sebelum memilih kampus yang mau dipilih untuk kuliah, dicek dulu akreditasinya. Jangan cuma terakreditasi tapi gak dijelasin akreditasinya apa?

Selain akreditasi, yang bikin gak bisa melamar PNS adalah IP yang gak nyampe. Ada sarjana yang IP nya IP nya kurang karena memang sengaja gak ngulang ngambil mata kuliah yang nilainya jelek. Tapi ada juga yang udah ngulang berkali - kali tapi IP gak naik - naik. Buat mahasiswa tipe pertama, sebaiknya ambil saja kesempatan mengulang mata kuliah semasih bisa. Lulusnya agak lama tak mengapa. Tapi kalau bisa sih lulusnya cepet dan IP mencukupi.

Banyak juga instansi yang mensyaratkan nilai TOEFL. Rajin - rajin deh dari sekarang belajar bahasa Inggris. Investasikan duit untuk ikut les dengan program khusus TOEFL. TOEFL gak cuma berguna untuk melamar jadi PNS, TOEFL juga berguna untuk kerja atau kuliah gratis ke luar negeri. Gak akan rugi deh. Kali aja dapet pacar bule.

Selain itu semua, beberapa hal di bawah ini juga bikin dilema dan nyesek:
  • Tahun ini satu orang hanya bisa melamar di 1 instansi aja. Setelah milih instansi yang kira - kira cocok, instansi lain yang lebih oke ngebuka lowongan juga. Pengen ganti pilihan tapi gak bisa. Perihnya itu di....*pegang selangkangan*
  • Mau nyari posisi yang syaratnya sesuai jurusan yang diambil saat kuliah, tapi bosen dan minder.
  • Pengen nyari posisi yang syaratnya untuk semua Jurusan atau SLTA, ngeri karena saingan makin banyak. Pengen nyari yang sesuai disiplin ilmu agar saingannya makin dikit, gak percaya diri dengan kemampuan otak.
  • Mendaftar saat pendaftaran sudah mau ditutup, websitenya error. Websitenya bisa dibuka lagi setelah pendaftaran ditutup.
  • Banyak gosip yang mengecilkan hati, misalnya kalau posisi yang dicari nanti naik pangkatnya susah atau posisi yang dicari udah 'dipesen' oleh orang berpengaruh, jadi gak mungkin lolos.
  • Pacar minta milih mentingin dia atau fokus ke CPNS
  • Pacar mutusin kita karena ngaku mau fokus ikut tes CPNS, tapi taunya balikan sama mantannya.
  • Gak bisa belajar soal - soal CPNS karena mau konsentrasi merawat Pou
Buat yang galau karena ini semua, gak usah risau lagi. Dari temen saya yang seorang intelejen yang amat sangat super rahasia, saya mendapatkan soal dan jawaban untuk tes CPNS nanti. Saya harap ini membantu. Karena setelah saya cocokkan dengan kisi - kisi yag dibagikan menpan di situsnya, mirip banget! Silahkan didownload.

Soal tes CPNS 2014

Jawaban soal tes CPNS 2014


12 bukan komentar (biasa):

Herbal Atasi Penyakit Sinusitis said...

hahaha,,dilema banget itu bener dah,,
bener ngga nih bli? ao jebakan batman? -__-

Obat Tradisional Komplikasi said...

kayaknya yang paling bikin nyesek pacarnya balikan sama mantannya :D
hadeuh kayaknya bli ini kena demam Pou juga ya

terapimuslim.com said...

Ha...ha...ha...semangat gan..

lapak batak said...

Sepertinya semakin rumit..

Herbal Atasi Penyakit Nyeri Sendi said...

hahahaha,,,mau konsen merawat pou..:D

Robocop said...

Hahahhaha ROTFL sakitnya tuh disini *pegang kepala CPNS

goldwalking said...
This comment has been removed by the author.
goldwalking said...

kemungkinan jika toefl diatas 500 bakal jadi bahan pertimbangan mas :D

tempat aborsi said...

sakitnya terasa banget sampai ulu hati.. salam blogger

klinik aborsi bandung said...

pou oh pou,,sakit loh hehe

rohim said...

Sakitnya berasa disini gan....gpp gan kalau lho sukses cwemah ngikutiin sabarrrrrr

Selengkapnya said...

Semoga makin keren

Post a Comment

Jangan lupa cek twitter saya @tukangcolong
Dan channel YOUTUBE saya di
SINI