(ga sekedar) Real Football 2013


Saya main game Real Football 2013 udah kayak ngurus anak sendiri. Kebetulan kuota internet Tab tempat game ini saya install hanya sisa bonusnya aja. Bonusnya cuma bisa dipake dari jam 1AM – 6AM, dan dari jam 9 AM – 5 PM. Di jam – jam itu saya baru bisa ‘merawat’ game ini. Satu persatu tiap pemain saya istirahatkan jika selesai bertanding. Dan tiap 15 menit saya tengok game ini apakah ada pemain yang sudah selesai memakai spa untuk beristirahat atau belum? Baru setelah itu pemain lain agar saya istirahatkan di spa itu.

Saya tidak bisa mengistirahatkan semua pemain sekaligus. Spa sebagai tempat rehat pemain cuma bisa menampung 3 orang. Sedangkan dalam sekali main, kesebelasan saya capenya sekaligus 11 orang. Kualitas pemain pengganti gak sebagus pemain inti. Mesti nunggu semua pemain inti bugar kembali, baru bisa lanjut ke pertandingan selanjutnya. Saya belum punya duit untuk mengembangkan spa menjadi lebih besar agar lebih banyak pemain bisa masuk ke spa tersebut dalam sekali waktu. Sumber dana klub saya dari sponsor, tiket, hadiah pertandingan / kejuaraan, jual pemain.

Pertama kali main saya dikasi 18 orang. Kalo diibaratkan di Indonesia, tim saya ini masih level kelurahan, dengan dana awal cuma cukup untuk beli pulsa para pemainnya aja. Dengan tim seadanya, saya dipaksa nekat ikut liga nasional, meski cuma level amatir (mungkin kalau di Indonesia namanya Liga Divisi IV).


Tapi dengan sabar, dengan sistem mengistirahatkan pemain secara bergantian, syurkurlah 2x ikut liga berakhir sebagai juara 2...dari bawah, dan sekarang saya berhasil lolos ke liga setingkat lebih tinggi. Hasil nabung uang hadiah, spa yang awalnya cuma muat 2 orang, kini kapasitasnya nambah lagi 1 orang. Stadion dicicil agar kapasitasnya lebih besar, pelatih juga udah gak burem – burem banget. Dan beberapa pemain baru mulai bisa dianggap layak disebut pemain bola.

Ada beberapa trik – trik dalam game ini. Tapi selalu gagal saya praktekin. Makanya saya lebih suka main game yang gak ada triknya, agar adil. Biar sama – sama bermain standar. Masa lawan saya mainnya kayak dewa, sedang saya main seperti bayi baru belajar melek.

Kemampuan tiap pemain di Real Football 2013 terlihat dari bintang yang Ia miliki. Mulai dari bintang 1 sampai bintang 5. Di awal bermain semua pemain saya bintang 1, tapi di awal permainan saya dikasi duit untuk beli satu pemain berbintang 5. Sampai sekarang saya sudah punya 1 pemain bintang 5, 3 pemain bintang 2, sisanya masih bintang 1. Salah satu pemain bintang 2 saya dapatkan dari melatih pemain tersebut. Sisanya saya dapatkan gratis karena setiap hari kita akan diberi 1 pemain secara acak, syukur – syukur bintangnya gede. Saya lebih mengandalkan dapet pemain bintang diatas bintang 2 secara gratisan daripada harus ngelatihnya dulu dari bintang 1. Ngelatih pemain butuh duit soalnya. Kecuali pemainnya memang saya andalkan tapi ada beberapa kekurangan dan kesalahan yang Ia lakukan saat bermain baru saya masukkan ke tempat latihan. Saya termasuk manajer yang jahat. Jika ada pemain yang melakukan kesalahan fatal banget saat bertanding, saya gak akan ragu membangku cadangkannya meski skill-nya bagus. Pengennya langsung jual aja saking keselnya, tapi gak ada dana buat beli penggantinya. Huhu..

Saat awal-awal bermain game ini saya merotasi seluruh pemain dari yang inti sampai cadangan. Pemain yang lagi dirawat karena cedera atau sedang diistirahatkan gak boleh ikut main, jadi saya masukkan semua yang masih punya tenaga mskipun sedikit (baca: sekarat). Saking maksanya, saya pernah memasukkan kiper di posisi bek demi hanya bisa masuk syarat 11 pemain. Hasilnya: kami hancur. Sekarang setelah punya beberapa pemain berbintang besar, dan sudah mulai mengenal karakter pemain, saya lebih bijak dalam memilih dan memposisikan pemain sebelum bertanding. Sekarang saya sudah punya The Winning Tim, 11 pemain inti. Jika mereka saya anggap masih layak untuk bermain di pertandingan selanjutnya, saya gak bakal ganti dulu. Saya rela harus nunggu sekitar 2 jam untuk dapat ijin bermain karena pemain – pemain inti ini masih istirahat. Pengalaman saya, ketika memainkan pemain dengan stamina 100%, permainan tim jadi jauh lebih baik. Maklum, kinerja pemain bintang kecil sangat tergantung dari stamina mereka. Apalagi main di tab tidaklah seenak main pakai stik. Pergerakannya gak lincah, apalagi untuk menggerakkan pemain level rendahan yang saat ini saya miliki. Ini sebabnya kenapa saya lebih memilih lebih rajin membuka game tiap 15 menit untuk mengistirahatkan pemain satu per satu daripada menggantinya dengan pemain cadangan yang lebih bugar tapi skill kurang. Buktinya dengan perjuangan keras, tim saya mampu juara liga satu kali dan mengalahkan tim yang pemain – pemain berbintang di atas 2 melimpah. Namun saya harus tetap hati – hati. Karena tiap pertandingan sangat berarti. Kami gak boleh kalah. Baik untuk jaga posisi di klasemen, maupun biar dapat duit hadiah :p


(karena kuota internet gratisan ini mulai bisa digunakan jam kantor saya, konsentrasi saya di kantor jadi terpecah, kerjaan jadi terganggu. Ke depan saya akan mengurangi intensitas membuka game ini di kantor. Dari awalnya main 3 kali, cukup main 1 kali aja deh :3 )

Kenapa saya gak main game yang lebih keren seperti FIFA, PES, atau FM? Pemain yang dipakai cover oleh RF aja masih culun dibanding 3 game itu. Selama main RF saya udah eneg liat wajah Falcao sebagai tampilan depan game-nya.

RF yang saya mainkan sampai sekarang dan bukan game sepakbola yang lain karena Real Football yang saya liat pertama. Mau main RF dulu ampe bosen, baru main yang lain. Gara - gara RF 2013 ini juga saya akhirnya punya keberanian untuk menghapus game – game yang lain sehingga memori RAM Tab saya lumayan lega sekarang. Dulunya saya gak tega untuk menghapus game, sayang. Kasihan. Tapi karena sekarang sudah dapat pengganti yang sepadan, saya pun ikhlas. :’

4 bukan komentar (biasa):

7 Hal Penyebab Penyakit Katarak Muncul said...

hadehhhh pict nya -__-

Aul Howler's Blog said...

Untung lah gak suka game bola

Btw saya lagi main Pokemon Emerald nih

#SIAPAJUGAYANGNANYA

Herbal Atasi Penyakit Kista Ovarium said...

gile main 3 kali biasanya,,hehhe

cara menyembuhkan penyakit miom said...

haha apa apan tuh :D

Post a Comment

Jangan lupa cek twitter saya @tukangcolong
Dan channel YOUTUBE saya di
SINI