(ga sekedar) UN 2013

Saat saya ujian nasional (UN), saya lupa saat itu tahun berapa, seinget saya waktu itu pangeran Diponegoro adalah adik kelas saya di sekolah, sistem ujiannya masih make sistem 2 paket soal. (Lalu kemudian kalian akan tahu kalo saya ternyata sudah tua banget! Hahaha.. Karena sekarang udah memakai 20 soal. Jadi pertaannya: tahun berapakah saya ikut ujian nasional?)

Sistem UN terus mengalami perubahan untuk mendapatkan sistem yang dianggap paling ideal. Selain jumlah paket soal ditambah, nilai minimal kelulusan terus ditingkatkan.

Degdegan sebelum ujian itu wajar. Kala masa ujian dulu saya menjadi paranoid. Sampai sehari sebelum ujian tiba masuklah SMS dari nomor asing. Berisikan kombinasi nomor dan huruf saling berpasangan, yang setelah saya amati bukanlah sandi untuk meluncurkan nuklir Korea Utara, tapi kunci jawaban ujian.

Awalnya saya ragu, jangan - jangan ini oknum jahil aja. Kemudia saya cocokkan beberapa soal dengan kunci jawaban itu, ada kesamaan.

Saya masih ragu dan menganggap itu kebetulan. Sampai akhirnya ujian nasional selama 3 hari berlalu dan ternyata kunci jawaban yang rutin masuk ke ponsel saya selama ujian sangat mirip dengan jawaban yang saya anggap benar. Konon itu memang kunci jawaban yang bocor. Itulah beda Indonesia dengan luar negeri. Kalo disana orang teriak "BOCHOR! BHOCYORR!!" karena tembok yang bocor, di negeri kita jawaban ujianlah yang bocor.


Tahun ini sistem ujian nasional udah jauh berubah dengan tujuan meningkatkan kualitas lulusan. Paket soal 20 biji, mata pelajaran yang diujikan dari 3 (bahasa indo, inggris, dan matik) menjadi 6 (+ mata pelajaran sesuai pilihan seperti IPS, IPA, dan Bahasa). Perubahan juga terjadi pada nilai kelulusan minimal yang makin tinggi serta penggunaan barcode untuk kode soal. Jadi peserta ujian ngga tau mereka dapet paket berapa. Barcode itu hanya bisa dilihat dengan mesin. Pengadaan barcode ini digunakan untuk mencegah kecurangan bocoran soal. Jumlah soal yang banyak, dan kode soal yang tidak diketahui diharapkan bisa membuat peserta ujian akan sulit bekerjasama satu sama lain apalagi lewat pesan singkat karena satu sama lain tidak tahu paket yang mana yang ia dapat dari 20 paket yang ada.

Cuman saya masih kagak percaya sama kinerja pemerintah. Bukannya gimana, takutnya ketika barcode itu di-scan oleh mesih. Ngarepnya yang keluar adalah kode soal, taunya malah label harga barang!

Barang: Bawang Putih
Jumlah: 1 kg
Harga: Rp 150. 000,-
Exp. : BESOK!

Ujian nasional juga menjadi ajang gengsi sekolah - sekolah untuk meluluskan siswanya 100%. Tapi perlu kalian tahu aja ya, ada satu sekolah yang siswanya selalu saja ngga lulus ujian tiap tahunnya. Sekolah yang saya maksud adalah sekolahnya X-men.

Bagaimana mereka bisa lulus. Misalnya saja Cyclops. Leader dari X-men ini punya kekuatan bisa mengeluarkan sinar laser dari matanya. Berkat kacamata khusus, sinar itu bisa diatur kapan harus dikeluarkan. Masalah muncul ketika dia asik jawab soal ujian, kacamatanya jatuh, BLAR! Soal ujian, lembar jawaban, meja, sampe sekolah jebol kena laser.

Lalu Storm, manusia cuaca. Yang bisa ngedatengin hujan, angin badai, dan salju. Karena konsentrasi ke ujian nasional, dia ngga sadar telah ngedatengin ujan. Awan hitam mulai datang dan bergelayut di atas kepalanya. Kisah selanjutnya: hujan lokal dengan deras mengguyur lembar jawabannya.

Contoh terakhir adalah Wolverine. Mutan yang bisa meregenerasi tubuhnya dengan cepat, tidak pernah tua, harus pintah mengatur 3 cakar besi yang bisa muncul dari tangannya. Asik melingkari lembar jawaban, kalo cakar ngga dijaga, kertas ujian jadi sobek - sobek.


15 bukan komentar (biasa):

Return to My Blogg said...

yailah.. tadi serius-serius baca ya kak hahaha

nuel said...

serius? UN-nya seangkatan sama Diponegoro? Itu pake bahasa apa soal ujiannya? Jawa, Sansekerta, atau Belanda? :P

Tips Cepat Hamil said...

Wah ini seriusan banget nieh UN nya.

ahhahaha koq malah harga bawang sih, pemerintahnya teledor tuh..

Miz Tia said...

tahun 2012 5 paket, 2013 20 paket.. kemungkinan kamu tahun 2009 atau kebawah lagi :p

jadi ini suhu seangkatan sama diponegoro ko do to so wo lo po do jo yo nyo ---- long :D


imajinasi liar ini ahaha sekolah X-men .

Obat rematik yang ampuh said...

makasih banyak atas semua info nya gan .......

Cara Cepat Menyembuhkan Penyakit Maag Kronis said...

terimakasih gan atas sharenya sangat memberi manfaat sekali

Obat Herbal Keloid said...

Luarbiasa infonyagan, terimakasih gan semoga dalam berpuasanya selalu berada dalam kesehatan dan kekuatan.

Obat Herbal Penyakit Parkinson said...

hahhaha,,masih untung kalau label harga barang,,coba kalau yang keluar hutang...:D * lebih ngenes

Obat Kanker Paru Paru tradisional said...

makasih..

obat ambeien said...

makasih gan infonya

obat diare anak said...

selamat siang menuju sore dan salam kenal semuanya, kunjungan pertama yang menambah pengetahuan saya, terimakasih banyak, jangan lupa kunjungan baliknya di cara mengobati penyakit jantung koroner

Obat Herbal Penyakit Disentri said...

gak kebayang stua apa lu bang,,,pangeran diponegoro aja adek kelas,,,-__-

obat kanker laring said...

hebat ya dia orangnya

obat kanker laring said...

pengobatan yang aman dengan ramuan herbal

Obat tradisional diabetes melitus said...

Wah lumayan juga tuh.

Post a Comment

Jangan lupa cek twitter saya @tukangcolong
Dan channel YOUTUBE saya di
SINI