(ga sekedar) Main Kasar

Di kos saya yang dulu, ga bakal bisa deh saya tidur siang ampe lewat dari jam 5. Di belakang kamar saya tepat bersebelahan dengan gang yang tiap sore dipakai anak - anak lingkungan sini maen bola. Gimana bisa tidur siang dengan tenang kalo teriakan anak - anak ini saat main bola udah kayak punya 5 mulut di wajah mereka?!

Dari teriakan bocah - bocah ini, ga perlu nonton langsung buat tau jalan pertandingannya. Karena saat maen bola, anak - anak ini merangkap jadi komentator. Mulai dari teriakan minta bola, marah karena merasa timnya dicurangi, teriakan gol kemenangan, sampai dengan teriakan,"Ayo bro, colok matanya!!" (Ini main bola apa debus, sih?)

Dulu waktu kecil di kampung, saya juga sering maen bola. Pernah saya maen bola bersama anak - anak tetangga. Ada satu cewek yang ikut maen dengan kami dan dia satu tim dengan saya. Saat itu saya kebagian jadi kiper, dan dia bek. Sebelumnya saya udah tau dia naksir saya. Mungkin niatnya caper atau gimana, dia jadi lebay gitu maennya. Mati - matian dah pada intinya. Kemanapun musuh dikejar. Tenaganya melebih kami - kami yang cowok! Saya sih cuek - cuek aja.


Waktu kerja di Primagama, saya juga ikut main bersama anak - anak. Saya main 1 lawan 2. Saya yang orang dewasa sendiri melawan 2 anak kelas 6 SD. Awalnya pertandingan fun - fun aja. Anak - anak ini cukup jago bermain. Saya respect sama mereka. Tapi lama - lama tensi permainan meningkat. Mereka mulai curang ngatur skor. Isi ngejek - ngejek segala. Ga mau ngalah, sesekali saya curangi balik mereka dengan main kasar.

Tapi emang kayak gitu cara anak kecil maen bola. Bagi mereka itu sebuah kecerdikan. Bagi kita--yang orang dewasa--itu adalah kelicikan. Misalnya ga ngaku handsball, padahal udah ada wasitnya. Udah salah, pake ngotot pula. Eh tapi ini orang dewasa juga ngelakuin, ding. Ga tanggung - tanggung curangnya sampai multi dimensi.

Kelicikan lain yang anak kecil lakukan kalo maen bola adalah mengubah luas gawang. Biasa terjadi kalo gawangnya portable, dari batu atau sendal. Pas pembagian tim juga pilih - pilih banget. Kalo berasa ada yang jago di tim lawan, mereka ga bakal mau main. Kalo ada orang yang bodinya gede di tim musuh, orang itu dihitung dua.

Waktu saya di Primagama dulu..

Selain kelicikan, ada juga beberapa hal yang identik dengan pertandingan anak - anak, yaitu gaya bermain mereka. Dari cara mereka berlari, nendang, bahkan gaya kipernya loncat semua niru pemain di TV khususnya kartun; Aturan siapa yang kebobolan duluan harus lepas baju (tujuannya agar mudah membedakan dan karena belum punya seragam); dan dalam sebuah tim selalu ada yang menjadi tukang hitung skor tanpa dimnta. Saking fokusnya ngitung skor, dia ga pernah nyentuh bola, cuma mondar mandi nggak karuan. (dan biasanya memang ga bisa main).

Anak - anak kecil mungkin karena masih lugu, banyak yang percaya kalo yang baik pasti menang pada akhirnya. Tapi realita di lapangan, mereka tetep aja main curang! Dan ga ada jaminan kalo masalah yang terjadi di lapangan ga bakal dibawa keluar lapangan. Lalu datanglah orang tua / geng dari salah satu oknum mau bikin 'perhitungan'.

Yang dilakukan oleh anak - anak ini juga sering saya lihat di sepakbola dewasa. Oleh sekumpulan orang yang belum dewasa secara mental.







gambar nyolong dari http://theholeintheozone.tumblr.com/post/20070601181/dogs-collide-with-toddler dan http://itsxplacebo.tumblr.com/post/6371473459

31 bukan komentar (biasa):

Adittya Regas said...

mainnya ada yg kayak tsubatsa gak mas?
mikir-berhayal-inget mantan #eh

Obat Untuk Sakit Glaukoma Herbal said...

wah stadionnya gila kereen abis .

Obat Alami Untuk Penyakit Asma said...

jhaa,,,itu pict dapat aja nyolongnya bli,,,:)

1mmanuel'Z-Note5 said...

itu anak2 atau orang dewasa berukuran mini sih? :P

silvi silviani said...

yang anak kecil itu kasian banget

Septian D Chandra said...

ceritanya persis banget kayak masa kecil saya bro, haha. kadang kalo gak ada bola ya pake botol :D

Obat asam urat said...

makasih banyak atas semua info nya sob ........
dan salam kenal aja .........

Obat Jantung Bocor said...

gambar gif yang pertama, pasti mati to anak...hmm

Laurent Pratama ABP said...

Masih kecil udah maen kasar, hehehe
Ya semoga gak ada skandal pengaturan skor, ntar ada istilah SeparonyolongPOLI lagi.

Obat Penyakit Glaukoma Herbal said...

psotingannya seger bikin ngakak ..apa lagi picnya ..

Obat Untuk Penyakit Lemah Syahwat said...

emang sebegitu miris nya gan, hehee

Gold-G said...

terimakasih banyak informasinya, ini bermanfaat banget bagi saya

Dihas Enrico said...

itu maennya kok kayak di gang-gang sempit gitu...
apa ga papa tu kalo nabrak dinding......??
tp dl waktu zaman kecil aq punya kebiasaan ngeblok bola pake kaki, jd tangan jd tumpuan...# hasil niru di komik shoot # hahhahhahaa...

kerudung cantik murah said...

wah mas masih main di gang,ya gitu deh lapangan gak ada jadi seadanya aja mainnya.

Joey Silaoe said...

kasiin Chiki ja mas brooow abis itu suruh pulang tuuw bocah2 petualang kwaka2 n tidurnya dilanjuuuut he2...

punten mas brooow numpang backlink
108CSR.com
108Jakarta.com

Fahrizi Noer Fajar Azman said...

gyahahaha... saya mah ga bisa main bola eui...
tapi lucu aja gitu kalau liat anak kecil main bola... kemana pun bola berada semua anak berkerumun disana kaya ngerebutin makanan. Hahahahah


salam hangat...

Blog Belajar Bisnis Internet said...

artikel bagus nih,,,, thx

Sinatrya Ramadhan said...

hehehe bocah. sinatriadan.blogspot.com

silviani said...

nice info gan

Cara mengobati asam urat said...

makasih banyak info nya sangat bagus nie gan ,,,,,,

Obat darah tinggi said...

makasih banyak info nya ,,,,,,,,,

obat herbal sakit pinggang said...

gabar yang ke 3 kocak abis deh ...
lam kenal aja

silvi silviani said...

lucu banget :)

obat asam urat said...

salam kenal

MizTia said...

whahahahah bawaannya ketawa mulu ni tha.

salam kenal ya..
mau follow sini.. gak ada button follownya hbrrrrr :D .
salam kenal aja deh.

blognya keren.

MizTia said...

button follownya dmn sih u_u
^,^ .

awalmandiri said...

jadi teringat lagi jaman kecil dulu. sama, yg badannya gede dihitung 2.. :)

Obat Ace Maxs said...

gawang dr batu dan sandal memang merakyat bgtt dah, rata" seluruh penghuni negara indonesia pernah ngalamin nya....haha

Perpus UM said...

wow keren tuh cowok , bisa langsung masuk mobil



-->> JUDUL SKRIPSI, TESIS, DISERTASI <<--

Yang sedang bingung dengan judul SKripsi, Tesis, Disertasi
mampir aja kesini... banyak dan lengkap dengan abstrak, artikel dan semua BAB

http://mulok.library.um.ac.id/

obat penyakit gula said...

busyettt dahh..itu gambarnya seremmm amat mas....

ace maxs said...

yang naik mobil keren ....

Post a Comment

Jangan lupa cek twitter saya @tukangcolong
Dan channel YOUTUBE saya di
SINI