(ga sekedar) Interview

Saya pilih untuk ikut berbagai interview buat ngelamar jadi karyawan di perusahaan orang, karena bercita-cita jadi pengusaha udah terlalu mainstream.

Buat kamu lulusan kimia yang mau ngelamar di bidang yang ga ada bau-bau laboratoriumnya, mending apus deh pengalaman kalian kerja di lab dalam CV kalian. Suatu kali saya ngelamar jadi asisten manajer gitu. Sekian jam setelah interview, saya balik ke rumah. Nyampe rumah, pihak perusahaan SMS saya. Kurang lebih isinya kayak gini:  "Setelah membaca CV anda dan berbicara langsung dengan anda, kami sangat tertarik dengan kemampuan anda. Anda adalah aset berharga dalam perusahaan kami. Pengalaman Anda kerja di lab menunjukkan anda adalah orang yang cermat dan teliti. Anda cocok kerja di...*some text missing*"

Nyampe sini saya udah seneng banget! Yes, sekali ngelamar di posisi tinggi langsung keterima. Cukup lama saya nunggu sisa potongan SMS-nya masuk. Dan akhirnya SMS itu nyampe juga di hape saya (ya iyalah! Masa' hape orang lain?!). Hmm.. pasti isinya adalah ucapan selamat karena saya akan menjadi bagian dari perusahaan mereka sebagai asisten manajer. Tenang pak, saya tidak akan kecewakan kepercayaan yang bapak berikan, saya akan totalitas! pikir saya dalam hati.

Saya baca pelan-pelan SMS-nya.. "Anda cocok kerja di...."
"KASIR."

Wait, what?! Orang yang teliti dan cermat cuman layak kerja di kasir?? Setdah.. Saya langsung galau dan bershower di bawah sirup Marjan rasa stroberi.

Saya ga jera untuk interview. Saya dateng lagi di lain perusahaan. Calon bos saya sepanjang interview menunjukkan sinyal-sinyal positif. Bahkan kita sudah deal sama salary dan kontrak kerja. Lalu beliau minta saya menuliskan biodata di secarik kertas. Saya sebelumnya ngelamar lewat email, jadi dia pengen tau tulisan tangan saya. Saya pun menulis dengan antengnya. Kertas yang sudah saya tulisi saya sodorkan ke beliau. Beliau pun melihat secara perlahan. Kemudian memberi komentar.

"Dilihat dari tulisan kamu.. Kamu orangnya, hmmmm -ya udah biar saya aja yang tahu. Sepertinya kita ga bisa nerima kamu kerja disini."

Jleb. Tau aja dia kalo saya nulis pake kaki kiri. :p


Mungkin ini tujuan kita harus bikin surat lamaran dalam bentuk tulis tangan. Karakter kita dibaca dari tulisan tangan kita..

Buat yang mau nyari kerja juga musti hati-hati lagi. Jangan cepet tergiur gaji besar, background perusahaan yang bagus, atau "tidak diutamakan pengalaman". Hati-hati penipuan!! Kalo emang asal kalian jauh dari tempat kerja, ngaku aja punya banyak temen di daerah kantor. Kenapa? Biar mereka takut kalo macem-macem, kita bisa bawa massa kemari. :))

Saya hampir ketipu. Kata panitia seleksi pekerjanya bakal ada tes tulis. Dikasi form yang menyatakan kita akan membuat visa untuk sekolah ke Aussie. Kata si panitia ini lagi adalah tes tentang kemampuan ngurus visa. Ga nunggu waktu lama, saya langsung cabut dari lokasi interview. Saya ga bisa sembarangan membubuhkan tanda tangan. Salah-salah saya terjebak dalam mekanisme si perusahaan yang telah saya tanda tangani tanpa saya sadari dan harus membayar beberapa uang untuk itu.

Perusahaan yang udah punya nama jelas aja bisa nipu, apalagi yang burem. Saya pernah nyoba ikut ngelamar di perusahaan yang kantornya ga jelas dimana, nama perusahaannya apa, bahkan mekanisme interviewnya ababil abis.. Dibilang tesnya hari ini, udah dateng hari ini, eh cuma kumpul sebentar buat ngasi tau kalo interviewnya besok. Ngakunya ada tes tulis, ternyata ga jadi, malah pewawancara lain mikir kalo kemarennya udah tes tulis.. Tiap staf juga ga kompak nyebutin nama asli perusahaannya.. Pokoknya bebet dan bobotnya burem abis.

Ngakunya saya bakal diajak ke lapangan. Saya diantar ke suatu tempat, diminta melihat mereka "bekerja". Taunya saya cuma nemenin mereka jadi sales! Otomatis, saya langsung balik kanan. Sialnya, yang nganter saya ga mau nganter balik. Males debat, saya pulang dengan jalan kaki. Untung bawa duit, saya naik angkot ke tempat saya naroh motor, yaitu di kecamatan sebalah! -setelah sebelumnya jalan kaki sepanjang 1 km sampai dapet angkot!!



gambar nyolong dari:
*) http://sayapakai.tumblr.com/post/26625088388/woah-woah-woah
**) http://sayapakai.tumblr.com/post/26625096998/when-random-people-try-to-sell-you-shit

23 bukan komentar (biasa):

Adittya Regas said...

nyari pekerjaan dijaman sekarang super sulit ya mas, saya merasa beruntung juga baru lulus smk udah banyak yg nawarin kerja jadi desainer. tp sayanya malah nolak dan milih kuliah, ya ini demi masadepan yg lebih mapan.

1mmanuel'Z-Note5 said...

Sekarang gawe apaan bro?

Obat Herbal Tumor Rahang said...

hahah,,,sabar,,,,parah masa jadi kasir bli....ckckck.....tidak tahu mereka kalau telah merelakan sosok yang berguna bagi nusa dan seantro jagat,,hii,,,^_^

grosirbersama.com said...

Memang kalau ingin melamar pekerjaan di suatu perusahaan harus hati-hati..

Obat Tradisional Penyakit Asma said...

lapangan pekerjaan sangat sulit didapat, apalagi di zaman sekarang yang tuntutannya semakin tinggi. dan hal ini yang berpengaruh terhadap keadaan bangsa kita saat ini.

Jaminan BPKB said...

hahaha...
emg sulit nyari pekerja'an....

obat ambeien tradisional said...

hahah
yang sabar ya mas ..
cari kerja jaman sekarang emang susah ..
ada yang gampang tapi kadang ngga sebanding sama hasil jerih payah kita ..
mnding ng'blog aja deh ..hihihihi

Obat Herbal Penderita Susah Tidur said...

ini blog lucu banget sih gan ha ha ha ..
salam

Obat Anemia said...

gua mah akalu buka blog ini gak kuat liyat gambarnya gan lucu bener
mantappp

dea said...

cari kerja itu emang susah yaa

Obat Thalasemia Tradisional said...

pengalaman yang memang mesti di share bli terutama bagi orang orang yang baru mau memulai petualangannya di dunia kerja ..

Obat Tradisional Penyakit Tipes said...

cerita yang mengenaskan,,eheheeee
:p
piissss..

obat tradisional kanker payudara said...

lalu,, sekarang kerja dimna mas?

Anwar madara said...

Mantap
teknologi informasi

Obat sakit pinggang herbal said...

nice post,,,,,,,,,

Nonasan said...

whuaa gila nyari ilmu susah payah cuma di tempatin di kasir? makasih deh kecewa banget pasti dapet smsnyaa.
emang ya susah banget cari kerja, semoga cepat dapat kerjaan yang pas cocok sesuai ya bli :))

bandar jersey said...

salam kenal
Importir Langsung Jersey Bola Grade Ori Kulitas Terbaik dan Termurah
mampir yuk di www.bandarjersey.com

Lampit said...

templete blog anda membuat saya merasa dalam kegelapan hehehehe

Lampit said...

wah justru ini blog banget gan sip... ngomong2 bobol tuh timezone kalau ente main basket wkakaka

Amplang said...

memang banyak perusahaan yang sering nipu calon karyawannya, makanya mendingan jadi pengusaha yang kaya raya gan hehehe

Yrnj comunity said...

visit back jogja-mp3.blogspot.com

Agen Jelly Gamat Luxor said...

keren tuh yang main games mesukin bola ke ring cepet dan akurat banget....

obat penyakit gondok said...

wahh, hebat ya , bisa keterim ajadi asisten manager . :)
selamat mas ..

Post a Comment

Jangan lupa cek twitter saya @tukangcolong
Dan channel YOUTUBE saya di
SINI