(ga sekedar) Yang Membuat Ingat


MAKIN keren aja nih Unit Transfusi Darah (UTD) Rumah Sakit Sanglah, Denpasar. Sekarang kepada pendonor darah tetap bakal dikirimi SMS kalo udah saatnya untuk orang tersebut donor darah. Jangka waktu donor darahnya lebih cepat setengah bulan dari biasanya. Kalo awalnya donor darah itu minimal 3 bulan sekali, sesuai SMS dari UTD Sanglah, donor darah jadi tiap 75 hari sekali. Saya yang termasuk rutin donor darah ke UTD Sanglah juga dapet SMS ini. Akhirnya ada SMS masuk ke hape saya selain dari operator.. T..T


Saat hari H saya akan melakukan donor, pagi-pagi saya udah bangun dan bergegas mandi. Apes, sabun habis dan saya lupa beli yang baru. Pasta gigi juga lenyap. Kayaknya ketinggalan di toilet. Gawat, barang-barang tertentu gampang pindah tangan kalo ketinggalan di WC cowok rusunawa tempat saya tinggal. Serem kan? Makanya saya paling takut ninggalin pacar disana. Takut berpindah tangan juga.

Absennya sabun mungkin bisa diganti ama lulur. Yeah, ini pertama kali saya mandi make lulur. Ga bebusa. Tapi lumayan bikin daki badan pergi. Semoga dosa-dosa juga ikut terangkat bersama daki-daki tubuh. Nah sekarang apa yang bisa dipake mengganti pasta gigi? Sempet liat di tipi kalo arang bisa untuk membersihkan gigi. Tapi, ga ada benda yang sudi dibakar oleh saya.. (miris banget). Saya putuskan untuk gosok gigi tanpa pasta gigi aja. Saya berangkat ke WC. Buka pintu. Masuk. Buka baju. Jongkok melaksanakan ritual suci. Noleh ke atas, hei! Pasta gigi saya masih ada di fentilasi kamar mandi! Yey, ga jadi sikatan tanpa odol.. *sujud di lantai WC*

Singkat cerita, saya udah di UTD Sanglah. Dateng-dateng saya dikagetkan oleh ibuk-ibuk menggendong anaknya ke dalem. Wajah ibuk itu panik. Si anak nangis kejer. Tangan si anak ngeluarin darah banyak banget ampe merembes ke lantai. Serem abis. Katanya sih tuh anak kena pecahan botol. Ya ampun. Sungguh penampakan yang enggak banget buat diliat sebelum donor. Darah si anak terus kebayang ampe saat detik-detik darah saya disedot. Jadi tegang gitu. Untungnya semua berjalan lancar. Dulu pas pertama kali donor darah, petugasnya saat itu mencoba mengalihkan perhatian saya dari si jarum penusuk kulit saya. Biar ga kerasa sakitnya, dia nanya,"Berapa ada bintang di langit sekarang". Geblek banget dia nanya jumlah bintang, ya mana keliatan! Saat itu kan siang hari.


Pernah juga saya dilayani oleh petugas yang kayaknya baru magang jadi petugas donor. Dia kesulitan gitu nemu saluran darah saya buat ditusuk. Sekalinya ditusuk, darahnya ga keluar. Dia goyang-goyangin jarum di bawah kulit saya. Ngilu abis. Setelah itu, suntikannya dipindah ke tangan yang lain. Keulang lagi kejadian menggoyang-goyang jarum di bawah kulit. Setelah kantong darah penuh, selang penghisap darahnya digantungin sebuah gunting. Esktrim! Sebuah jarum terkait di dalam kulit dengan beban sebuah gunting!! Kapok dah saya ama tuh petugas. Biasanya kalo petugas yang udah telaten, ga berasa kita udah disuntik dsb..

Oke, itu kisah dulu. Petugas yang sekarang ini kerjanya bagus kok. Pinter bikin suasana donor jadi nyaman. Saya pun jadi enjoy (kok kalimatnya kayak orang menjalani hubungan aja?). Apalagi kelar donor saya dikasi kabar baik. Karena saya udah 10 kali donor di UTD Sanglah, saya mendapatkan kaos serta piagam penghargaan. Nanti kalo udah donor ke-100, hadiahnya beda lagi. Pendonor akan dapet lencana yang dipasangkan langsung oleh Presiden di istana negara. Masalahnya kalo saat itu tiba, saya yang jadi presidennya, kan ga seru lagi ya?


Abis donor saya dapet SMS lagi. Bukan dari operator seperti biasanya. Ini dari UTD Sanglah lagi. Isinya adalah ucapan terima kasih telah mendonorkan darah disana. Kalo diingetin terus kayak gini sih kayaknya saya ga bakal telat donor lagi deh. Ga kayak pengalaman yang saya alami kala meminjam buku di perpustakan daerah Bali. Seinget saya, saya harus ngembaliin buku tanggal 26 November. Ketika tanggal 26 tiba, saya cek lagi tanggal deadline pengembalian buku di kertas di bagian belakang buku yang saya pinjam. Benar, tanggal 26. Fiuh..saya ga telat lagi. Biasanya kemaren-kemarennya saya selalu telat ngembaliin. Jadi, untuk di tanggal 26 itu, saya segera bergegas ngembaliin ke pusda. Nyampe di bagian pengembalian buku, saya malah dimintai uang denda.

"Lho? Kan telatnya tanggal 26, berarti saya ga denda dong!," saya ga terima.

Kemudian petugasnya menjelaskan kalo saya emang telat. Ditunjuin lagi tanggal terakhir saya harus mengembalikan buku. Dan.. Ternyata saya yang salah liat. Saya harus ngembaliin tanggal 15 November. Tanggal 26 itu adalah masa pengembalian peminjam sebelumnya! Raib deh duit saya... T..T



*sumber gambar animasi: saya pakai

37 bukan komentar (biasa):

M Mursyid PW said...

Berkali-kali sy pengen ikut donor darah tapi selalu ditolak. Takanan darah sy gak stabil, kadang tinggi-kadang rendah, ya...h mau gimana lagi!

sianakingusan55 said...

Paling nggak tahan kalau lihat darah, rasanya pengen langsung pingsan (walah). Warnanya itu lho, dan rasanya kalau disuntik. Wah...serem abisss dah. Sebelumnya salam kenal

Dan Salam Ingus juga.

niee said...

Aku gak pernah ikutan donor darah mad.. soalnya berat badan aku gak cukup buat donor >.<

Free Sotware said...

nais info gan..sambil blogwalking malem gan
mampir balik ya gan, ada info terbaru nih klik...Letusan Gunung Api Terdahsyat Dalam Sejarah

dinneno said...

Saya malah belum pernah donor darah. Pernah suatu hari di kampus ada kegiatan donor darah, dan saya pun ikut mendaftar. eh malah sebelum hari H nya saya sakit. Gak mungkin saya ikut donor kalau sedang sakit, itu yang dibilang panitianya.

Belajar Photoshop said...

seinget saiia.. terakhir minjem seperti itu uda lama bangedd iia kang :( wahh.. jadi ketebak nii ;( tapi umur saiia ttp kang :) 17 bulan depan :p

Baha Andes said...

aku dah beberapa kali donor darah dan itu aku merasa bahagia bisa berbagi ama orang lain. Semoga darahku bisa bermanfaat buat orang yg memerlukan.

Wirausaha Muda said...

Aku trauma kang pas dulu donor, sempet pingsan setelah donor, males lagi dehhh hehehe

vitra said...

jangan ampe dah cewek berpindah tgn... huehhehhe :D

Said Arsyad said...

bener2 mantep gan.. ternyata loe peduli juga ya

Gaphe said...

weits hebat udah 10 kali.. emang itu kaos sama piagam ada lambangnya separonyolong gitu? #plaak

eaaalah, telat balikin buku kena denda.. sayang , buku pinjaman nggak dipasangin alarm ya? buat penanda kalo dah waktunya dibalikin

saryadinilan said...

jadi pingin donor darah,love,peace and gaul.

NuellubiS said...

stress karna skripsi yah ampe lupa balikin buku? wakaakka

RiMuTho said...

makanya liat-liat kalo jalan
?

oq said...

katanya enggak mau berinteraksi dengan jejaring so(k)sial selama seminggu?

TheNetwerk said...

aku ng' pernah seeh ikut dnor drah takut cz nya ma jrumnya siih
hehe

mampirmampur yakk
http://www.the-netwerk.com

outbound malang said...

posting.nya oke

Djangan Pakies said...

Apa kabar bli, udah lama nih ndak ke sini, tampilannya lebih berani nih. maksudnya udah komplit nggak kayak biasanya minimalis,

manteb dong, tinggal 90 kali lagi dapet lencana hhh

arqu3fiq said...

Wah hebat ikut donor darah. Aku gak berani sama jarum suntik, kapok kayak membekas dan jadi trauma.

Nah loh...makanya lain kali jgn buru-buru kalau pinjam buku, jadi gak lihat tanggal yg benar.

Rawins said...

wah keren juga tuh
pengelolaan database pendonor dah mantab bener

eh itu donor darah cara mana kok digamparin gitu..?
hihihi

ardi said...

ikut donor darah gmn caranya ?

asti said...

Enak ya... kalau ada yang mengingatkan seperti itu. Jadi g' bakalan telat untuk jadwalnya donor.
Ayo donor,,, setitik darah sangat berarti untuk yang membutuhkan. Kita donor sama dengan kita menabung darah.

obat alami tbc said...

iii sangat ngilu kalo liat darah takuuuuuuuuuuuuuutttt..

Bali Tours Club said...

Donor darah, pekerjaan yang mulia...saluuut.

Belajar Forex said...

wah donor darah, boleh juga tuh

lovelydebz said...

abis donor dikasih kaos? hmmm lebih milih dikasih bubur kacang ijo, telor rebus dan susu :) sayang disini masih serem kalo mau donor ...

Obat Tradisional Miom atau myoma said...

disini PMInya jauh,dan gak pernah berani yang namanya liat darah

Obat herbal radang paru-paru said...

waah hebat yaa :)
donor darah segala :)

Obat tradisional insomnia said...

hmmm, donor darah?? aku masih kecil.. whehehe

Villas umalas said...

Mendonorkan darah kita kepada orang yang sedang membutuhkan merupakan perbuatan terpuji.

Cara Mengobati Penyakit Asam Urat said...

jiah,,ada2 aja,,hehehe,,,
pengalamannya mantap ya,,berjiwa besar banget mau donorin darah,,hehehe

nonasan said...

kalau udah besar Chia juga mau donor darah kaya om Sukro aaah :D

ABDI S.R said...

blog walking aja sob
www.abdisr.blogspot.com

sprei katun jepang said...

gan thank you good info and helpful blog, greetings and salutations successful blogger

sprei murah

Obat Herbal Kanker Kelenjar Getah Bening said...

postingan yang keren gan...

Obat Kanker Serviks Tradisional said...

aduuh linu banget bli waktu baca jarum yang di goyang goyang ke tangan..

Obat Herbal Untuk Cacar Air said...

baik banget mau donorin darahnya..hihi
kalo saya ke jarum suntik aja ngga berani

Post a Comment

Jangan lupa cek twitter saya @tukangcolong
Dan channel YOUTUBE saya di
SINI