(ga sekedar) Pas Foto Itu Aneh


Pas foto sering ditemui sebagai persyaratan segala macem. Berwarna atau enggak, berkebaya ampe bugil, dari yang ukuran kecil ke gede maksimal.

Yang bikin saya bingung, kenapa ada ukuran foto 3 x 4? Ada hubungan apa antara 3 dan 4? Apakah Sepenting itu sampai mereka harus dikalikan?

Terus kalo ukurannya lebih lebar dikit, adanya 4 x 6. Apa pula ini? Kenapa bukan 4 x 5 biar sesuai dengan 3 x 4 dan 2 x 3? Kode rahasia apa yang tersimpan dari angka-angka ini? Bagaimana cara menentukan sampai berhenti di patokan angka 4 x 6? Gimana rumusnyaaaa?

Kemudian kalo ukurannya udah pada gede-gede, ga pake angka-angka lagi. Perkalian di atas sudah ga berlaku. Adanya ukuran 5R, 12R, dan eR eR lainnya. Ini ada apa lagi? Siapa manusia yang inisial namanya dicopot menggantikan angka-angka yang dikalikan? Dan kenapa musti R???

*nangis di pangkuan Gal Gadot*



55 bukan komentar (biasa):

Arif Chasan said...

bershowerlah... -______-

Claude C Kenni said...

Gal Gadot tuh apa ya? Rasanya gua pernah denger, tapi lupa...

Adittya Regas said...

walau saya kemaren magang di studio foto saya nggak pernah tahu apa lagi mikir siapa yg buat angka-angka itu. hha

Buditech said...

Wah jadi ancur tuh wajahnya monaliza digoyang2

zone said...

masing mending soal 3x4 atau 4x6...
lha saya bingung tu satuannya apa..??
cm, mm atau km..??
hahaha...
:P

Buditech said...

ehhe harus nya yang ahli photograpi yang jawab...sama wa juga kagak tau kenapa beigitu...

Asop said...

Tidak konsisten ya... Haha... :D

Meutia Halida Khairani said...

itu ukuran standar dunia kali yah, seperti 1 cm = 100 mm.. kalo mau di telusuri kenapa 1 cm = 100 mm kan susah jg :D

Baha Andes said...

coba klo dulu yg buat ukuran ente kayanya jadi 10SN, 15SN dsb (dansayabingung)

®obinhut said...

kenapa 3x4 ?? udah Takdier...... :)

saryadinilan said...

ihhh fotonya lucu banget,kayak Tina toon getoo,love,peace and gaul.

HALAMAN PUTIH said...

Ya gak tahulah, lha wong saat ditemukannya foto saya belom lahir. Itulah dunia foto yang aneh dan unik. Coba aja tanya ke tukang afdruk foto, 3 x 4 berapa? pasti bukan 12 jawabannya.

pelancongnekad said...

*baru nyadar*
saya jadi ikut bertanya2 juga...
(_ _")

btw, salamkenal!

Said Arsyad said...

haha, pinter amat sob, memodifikasi gambarnya. hehe

H. Nizam said...

Kasihan banget Leonardo da Vinci karya masterpiecenya Monalisa dibuat memble.

kira said...

ya udah diganti jdi kurang-kurangan ajah, fotonya kurang cakep, kurang kece, kurang keren, kurang ganteng, kurang cantik, halllaaaahh apa aja dah, (GJ bgt gue) hehehehe

Ra-kun lari-laRIAN said...

hahaa, ukuran foto itu ternyata absurd ya :D

oomguru said...

ini pertanyaan bodoh atau konyol yaa?
masa ada foto 4x5..
ya ngga artistik lah ukurannya.. jadi bantet. segiempat sama sisi nggaa, persegi panjang juga baru mau..

rabest said...

iya, aneh. tapi yang mosting tulisan ini juga nggak kalah aneh, kok yo sempet2nya mikirin beginian, hehehe... :D

Bayu Hidayat said...

ahhh si bro galau gara gara ukuran foto. di google aja. banyak kok jawabannya

Kumpulan Tausiyah Singkat said...

Artikel yang menarik

t h y a said...

eh itu fotonya eksotis banget. hahaha

Obat Kelenjar Getah Bening said...

haha bisa ja atuh goyang2 kepala nya,
makasih banyak atas infonya

Rawins said...

itu cuma mau nunjukin aja kalo ilmu pasti itu tidak sepenuhnya pasti
3x4 bisa berarti 12 bisa juga bernilai 2000 perak perlembar

rafabacil said...

ah si om,,,kaya gitu aja dipikirin...hehehehehe

Rubiyanto Sutrisno said...

MOnalisa lagi ngapain tuh?

niee said...

Ya ampun gifnya ancur banget!!! hahaha

M A Vip said...

pusing aku kalo begini

Djangan Pakies said...

wah kalo seandainya semua poto bisa goyang dombret kek gitu, pasti nggak usah mikirin ukuran-ukuran poto. Mau minta model goyang apa Mas ? gitu pertanyaan Tukang Potonya

xamthone plus said...

wkwkwk... aneh2 ajj nie mas....

catatannyasulung said...

Walah, kalau Da Vinci ngeliat pasti nangis tuh. :D

Harys Imanulloh said...

Very amazing gan hehehehe

[L]ain said...

4 x 6 = 24
kenapa tukang poto selalu jawab "5000 rupiah"
itu juga kalau harganya 5000 rupiah

jam tangan replika said...

info yang menarik..
salam kenal...
:D

Umy Diary said...

dah seninya,,wkwkkww
chaiya chaiya,,,

NECKY said...

kalao menurut gw sih ingin mematahkan teori matematika yg saat ini berlaku bro. di sekolah khan diajarin nya 3x4=12 tp kalau di tukang foto 3x4 bisa2 jadi rp.1000,- atau Rp.2000...khan??

Amin said...

kalau saya mengenai ukuran photo memang sudah didesain sedemikian rupa sehingga ukuran panjang dan lebar sudah dirasa ideal untuk dipandang mata.

obat tradisional nyeri haid said...

kasian tuh c monaliza'a capek tuh kepalanya goyang goyang

obat tradisional kanker prostat said...

saya juga bingung darimana rumus itu berasal,,
tapi bodo amat deh mau darimana juga,,,

jelly gamat said...

ga sekedar joget, tapi juga bikin ketawa.. hahaha
ada-ada saja

obat herbal asam urat said...

hadewhhhhhhhhhhhhh...
pusing ane jadinya, kenapa 3x4=1000??

NuellubiS said...

kalo soal 3x4 itu kan karna ukurannya. panjang 3 cm, lebar 4 cm. coba aja deh diitung,

kalo yang 4R gw juga ga tau

hajarabis said...

hhaha .
editannya bagus tuh :D
salam dari kami yya .
www.hajarabis.com

Edmira Rivani said...

hahahahaha,, iya ya
ukuran R itu siapa yg buat???
R itu nilainya berapa??

obat penyakit jantung said...

hahaha... keren bangt mas manipulasi gambarnya... wkwkwkwk mancap

Obat Tradisional kanker kelenjar getah bening said...

vas poto banyak banget ragamnya,,

Obat tradisional jerawat said...

ayas juga bingung nih,,
vas foto banyak banget ukurannya

katils said...

ak mlah gmudeng blas kang

obat alami epilepsi said...

dan yang jadi lebih heran lagi 3x4 bukannya 12 malah jadi sepuluh ribu,apa pula nihahaha..

obat alami thalasemia said...

yang nulisnya ja bingung,apalagi yang bacanya jadi kebelinger...

obat herbal glukoma said...

sepertinya tu yang bikin ukuran punya trik dan rahasia-rahasia tertentu,jadi lah seperti ntu

LP3I Kampus Palu said...

mantap gaan
bukan posting (biasa)

lovelydebz said...

itu ukuran untuk tempat fotonya aja kayaknya hahahaha... kayak di passport khan nggak mungkin lebih dari 4x6 :) *kali yaaaaa*

Obat Herbal Kanker Kelenjar Getah Bening said...

hahaha
lucu gan itu lukisannya

obat herbal kanker payudar said...

hahah keren gan
lo ada lukisnya gue enggak akan beli tuh hahahah

Post a Comment

Jangan lupa cek twitter saya @tukangcolong
Dan channel YOUTUBE saya di
SINI