Ini Bukan Liburan (biasa)


Musim liburan sudah hampir dua minggu berlalu. Kalo di Indonesia lagi libur menjelang tahun ajaran baru, di nagri lagi libur musim panas. Intinya sama aja sih, cuma beda istilah, dan keduanya sama-sama LIBUR.

Bali masih jadi objek wisata utama tujuan wisatawan. Turis domestik lebih milih lokasi yang ramai, sedangkan turis asing menikmati asrinya pedesaan dan eloknya pantai perawan yang kian sulit dicari di Bali. Setelah musim libur usai, biasanya seperempat manusia yang datang ke Bali ga pulang ke daerah asalnya. Mereka  milih menetap di pulau Dewata dengan berbagai alasan. Dari alasan paling wajar ampe yang paling ekstrim. Ada yang kecantol warga lokal, nyari kerja, sekolah atau kuliah, ga punya ongkos balik, atau nyasar lalu hilang dan mati.


Karena liburan ini, sekarang jadi susah nyari hotel. Beberapa waktu lalu saya nyariin hotel buat temen yang mau ke Bali. Susahnya minta ampun. Kebanyakan udah dipesan ampe Juli, bahkan ampe Agustus. Penerbangan ke Bali setali tiga uang. Yang baru mau berencana ke Bali, siap-siap aja deh ekstra keras nyari akomodasi. Bahkan travel-travel pun udah pada sold out.

Saya bersyukur banget bisa nemu hotel yang masih kosng. Meski harus mengalami hal yang menjengkelkan. Di depan lobi hotel ada bapak-bapak lagi nonton tivi. Saya dekati lalu menyapa. Menyapa sekali, ga noleh. Sekali lagi saya sapa, juga ga noleh (jangan-jangan mati?). Saya panggil lebih keras, bapaknya bergerak, ngucek matanya (jangan bilang dia lagi sedih terus nangis!). Di panggilan terakhir, bapaknya noleh, tapi ke kanan, berlawanan dengan tempat saya berada. Anjir!

Belakangan saya tau kalo bapaknya bisu tuli. :(


Buat yang mau ke Bali, sebenernya saya mau nyaranin kalian pergi ke sirkus yang digelar di Sentral Parkir Kuta. Ini sirkus kedua yang diadain di Bali pada tahun 2011, keduanya ga sempet saya kunjungi :(. Saya sendiri seumur-umur baru sekali ini tau ada sirkus di Bali. Terakhir kata ibuk saya ada sirkus di Bali saat Rhoma Irama masih puber. Sayang, setelah nyari info acaranya, penutupan sirkusnya tanggal 26 Juni. Itu adalh besok! Infonya bisa diliat di situs ini.

Acara kedua adalah pesta kesenian bali XXXIII 2011. PKB tahun ini sangat berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Pertama, pembukaannya dipisah dengan pawainya. Pembukaannya pun ga hari Sabtu. Ini karena pak presiden ga bisa dateng hari Sabtu karena harus menghadiri konferensi di SWISS yang tentang buruh itu (kalo ga salah bentukannya ILO). Jadi biar pak presiden tetep bisa ngasi sambutan da ngebuka acara, pembukaan dipindah hari Jumat malem.

Hal berbeda kedua, pawai dipindah dari lapangan Renon ke titik nol Denpasar yaitu lapangan Puputan. Konon ini agar lebih dekat dengan pusat kegiatan yaitu di Art Centre. Di PKB 2011 juga dilarang ada dagang makanan kecuali stand makanan lokal Bali wakil tiap wilayah di Bali. Tujuannya agar menjaga ketertiban dan kebersihan lokasi kegiatan, serta menonjolkan kekayaan makanan lokal.

Peraturan ini juga bikin pengunjung fokus ke susunan acara. Ke PKB bukan cuma buat makan doang. Makanya sekarang banyak yang nanya agenda acaranya dulu baru ke PKB. Sebelumnya asal aja, kalo emang acaranya ga asik ya makan aja disana (pengalaman pribadi). Satu lagi, disediakan transportasi gratis berupa bus! Jadi ga perlu takut nyasar lagi. Dan ini gratis. Rutenya ga cuma seputar lokasi PKB, tapi ke beberapa objek wisata lain di Denpasar. Rute dan jadwal keberangkatan bus bisa diliat di situs ini.

Yang males ikut tranportasi gratis ini karena mau beda rute, bisa kok nyewa motor dan mobil. Banyak disediain di daerah Kuta (Denpasar Barat) dan di daerah Sanur (Denpasar Timur). Harga sewa mobil berkisar dari 120ribu ampe 1,5 juta perhari. Kalo motor dari 40ribu ampe 60ribu perhari.
Jangan lupa juga kunjungi Museum Marketing yang baru aja dibuka di Ubud. Ini museum internasional dan unik karena tentang keuangan. Lucu ya, museum keuangan di daerah pariwisata yang pekat akan budaya. Patut dicoba. Saya sendiri belum pernah kesana sih.


sumber gambar dari tadi

34 bukan komentar (biasa):

Claude C Kenni said...

Gua baru pulang dari Bali 2 hari yg lalu. Macet buanget, parah deh, mirip Bandung di saat weekend. Tapi berhubung gua banyak ngabisin waktu buat mengunjungi pura2 yg letaknya jauh dari Kuta dan Legian, kemacetan tidak begitu terasa, hehehe

NuellubiS said...

sayang duit ga mendukung gw buat ke bali. hehehe

HR Giger said...

yup PKB sekarang jauh beda dengan tahun sebelumnya lebih tertatat rapi...saya sudah 3 kali mengunjungi PKB....hehe

salam kenal

Muhammad A Vip said...

okelah selamat liburan. soal musium keuangan mestinya di jakarta tuh, masak di bali.

Ami said...

Pencerahan untuk yang lagi berlibur tentang keuangan kali...

Adittya Regas said...

saya liburan cuman ngerjain novel... (_ _")

mandor tempe said...

wahhh kirain mau traktir saya nonton sirkus itu

Majalah Masjid Kita said...

wowww... sirkus... keponakan saya sangat menyukai penampilan para badut... sepertinya patut di coba nih ke bali... hhmm.. bali?!?! hhm....

Fiction's World said...

yaah males deh kalau rame mah.
itu range harga mobil domplang banget ya, yang 120ribu jangan2 pick up lagi
eh tugas apa sih Om yang udah tiga hari ?

yudee said...

oleh2nya dong...

Miss Rinda said...

ahhh jadii pengennn
temponya orang lain liburan,kampus sendiri yg malah ujian
sebaliknya :(
tapi enaknya,pas liburan bebas mw kemana aja ga macet ha ha ha :D

Rawins said...

paling males kalo dah nemu musim libur
kemana mana tiket mahal
jalanan juga macet penuh bis pariwisata

adiekeputran said...

wah perlu ke bali nih untuk jalan-jalan (ntar lok dah kaya),
cuman pernah ke amlapura doang pas nikahan om ane itupun pas kelas 2 SD..hehe

Aina said...

belom pernah ke Bali... kasian deh gueeeee!!!!!!

Baha Andes said...

PKB kirain Partai, mentang2 udah deket 2014 hehehe

bagi bagio said...

Wuiih... Ayas dr dlu pengeeeen BGT mo ke Bali..soalnye gak sempet2 kesana neh...
Kapan yach kesana....ada yg pengen ngajak???
Pokoknya GRATIS Ayas Mau deh....Hwehehee

Vivieck said...

wah...kasian bapak2 itu, uda di m**i2 :D

Gaphe said...

bangga doonk, bali bisa jadi destinasi favorit kalo liburan... sampe hotel ful book gitu.. ntar kalo kebali lagi, numpang nginep di rusunawa kamu aja deh

niee said...

waahh,, lagi banyak2nya acara yak di Bali,, kalau di Pontianak musim liburan gini malah sepi coz penduduknya pada keluar kota buat liburan :D

Djangan Pakies said...

bener juga ya, kalo wisatawan domestik senengnya di tempat rame tapi kalo manca malah nyari tempat sepi.
Bali, ternyata saya belum pernah ke sana. tapi ada rencana kok sekalian ke Lombok

Arif Chasan said...

Baliiiiii........... pengeeeeeennn......... :((

♥chika_rei♥ said...

kapan ya kesana....
penasaran banget ama balii dan beli ekekeee

Fahrizi Noer Fajar Azman said...

Wah.. jadi pengen ke Bali....
saya belum pernah ke Bali... liburan ke bali pasti asik :D

ToM kuU said...

bro TK ke Bali awal agustus!!! beresin kuliahmu yah!!! biar tar kita tar bisa berpetualang di BALI ^^ (baca. "jadi tour guide TK") hahahahahaha

Topeng Tuxedo said...

berkunjung di malam yang dingin smbil membawa 2 artikel terbaru dari http://www.topengtuxedo.blogspot.com

arev tyan said...

ane pengen ke bali gan!kapan2 ke sana,,

Riska mbem said...

Pernah kebali sekali. Dan itu 4 tahun yang lalu. Sungguh mengenaskan.

Ahong said...

Bali ya...
Kapan yah bisa kesana... T_T

daengrompa said...

saya mau ke Bali September nanti, tapi belum pesan akomodasi... hihihi

Merliza said...

enak ya bisa terus terusan pergi kemanapun kita suka :(

nonasan said...

huaaaa saya belum pernah ke Bali sekali pun , huahuahua ajak saya dong ke Bali T_T

Prakoso Online said...

libur telah tibaaaaaaa.....


tapi ngga tahu mau kemana..??:bingung

AntonAbiHandsome said...

kapan ya gue ke bali...ade ga ya,orang kaya ga waras yang mu bayarin gue...kayanya uenak tuh..

obat herbal kanker payudara said...

liburan ketasikmalaya ajah

Post a Comment

Jangan lupa cek twitter saya @tukangcolong
Dan channel YOUTUBE saya di
SINI