Ini Bukan Maju Seminar (biasa)


Skripsi itu kayak kompetisi. Kita latihan tiap hari, meningkatkan kemampuan kita, untuk hadapi babak yang baru. Sayangnya masih sulit dibedakan apakah kita udah masuk babak yang baru atau masih latihan berlari diatas treadmill? Dalam hal skripsi yang ku susun, saat ini ku yakin banget, ku sedang masuk ke babak yang baru.

Senin depan, tepatnya 30 Mei, aku bakal maju seminar usulan penelitian. Aku masih bingung ngasi nama yang tepat untuk hal yang akan ku lakukan hari itu? Seminar usulan penelitian, seminar proposal, atau sidang TA 1? Apapun namanya, itu harus ku lewati agar rencana penelitianku bisa disetujui dan ku lanjutkan ke penelitian guna ngejar skripsi nanti. Meski walaupun ku udah skripsi, ku belum tentu bisa langsung wisuda. Ada tawaran kerja yang menuntutku untuk segera ke Jawa.

Aku bersyukur banget masih ada kesempatan maju akhir Mei ini. Hampir aja ku ga bisa maju seminar. Bukan rahasia lagi di jurusanku kalo Mei adalah tanggal terakhir maju seminar semester ini. Sedangkan aku menjelang minggu terakhir Mei masih bimbingan! Temen-temen yang lain aja butuh waktu ga kurang dari 2 minggu buat ngurus pendaftaran seminar. Masalah terbesarnya sih di birokrasi. Yah, masalah birokrasi sama menjengkelkannya dengan penyakit korupsi di negeri ini.


Aku udah dapet restu buat maju seminar dari pembimbing kamis lalu (19/05). Ketika itu ku baru aja selesai bimbingan ama pembimbing 1. Besoknya niat mau bikin SK (Surat Keputusan) ke dekanat, ternyata orang jurusan yang pada ga ada. Pihak administrasi dan ketua panitia seminarnya ga ke kampus. Alhasil aku dan Aris (salah satu temen di jurusan yang mau daftar seminar juga) otodidak ngurusnya. Dari ngeprint surat sendiri, minta nomor surat, minta tanda tangan kajur (ketua jurusan), sampe nyerahin ke dekanat.

Nyampe di dekanat kita udah takut surat ini lama diproses. Rutenya yang biasa adalah: ke sekretaris dekan dulu, lalu ke TU Dekanat, dicariin nomor surat, minta tanda tangan dekan, dikopi, lalu di cap. Paling cepet itu makan waktu dua hari. Belum lagi kalo sekretaris dekan dan dekan ga ada. Apalagi ketika kami bikin SK adalah hari pendek (hari jumat). Besoknya udah libur. Berarti surat ini bakal makan waktu lebih lama. Sedangkan kami harus segera daftar seminar.

Hari itu aku udah berniat kalo bapak dekannya ga ada, bakal kami cari kemana pun dia berada. Kami yang akan mengiringi perjalanan surat ini melewati tiap langkahnya biar cepet. Kalo ngandelin pihak yang berwenang mengalirkan surat ini sesuai rutenya, lama.


Nyampe dekanat ada pak dekan di halaman. Sedang ngobrol ama beberapa orang lainnya. Berarti ga akan susah nyari tanda tangan beliau. Kami tinggal ngejar pembuatan suratnya aja biar cepet.

Kami langsung masuk ke meja sekretaris dekan, ibuknya ga ada! Astaga!! Kami langsung aja ke TU bawa surat ini. Ketemu kajur kami. Bukannya memperlancar, bapaknya malah nyaranin biar suratnya jangan buru-buru dibuat. Syukurnya bapak TU masih mau ngebuatin (meski judul skripsiku salah ketik). Karena harus ada nomor suratnya, dan ibuk sekretaris nan cantik jelita ga ada, surat ini ga bisa dikelarin sekarang. Padahal pak dekan udah ada.. Ya udah kami nurut ketika disuruh ngambil hari Senin. Moga aja udah jadi di hari itu.

Senin ku ke kampus lagi. Niatnya mau ngambil surat yang Jumat lalu ku urus di dekanat. Tapi Aris heboh. Katanya ada pengumuman dari pihak jurusan kalo paling telat maju seminar adalah Jumat ini. Dengan kata lain 4 hari setelah hari Senin itu. Otomatis peluang kami untuk maju UP tertutup. Belum nyocokin tanggal maju dengan para dosen penguji biar semuanya bisa dateng. Belum lagi ngasi naskah usulan penelitian ke mereka buat dipelajari. Syukur-syukur mau diterima. Biasanya penguji ga mau nerima naskah setelah h-7.

Dengan tambahan bantuan dari Tiny (temenku yang lain yang mau daftar maju seminar juga) kami membujuk pihak jurusan. Setelah diskusi sealot ban (ada yang pernah gigit ban? Aku sih belum. Tapi kayaknya sih alot ya? Entahlah), kami dapet ijin untuk maju bulan ini. Kami segera melengkapi semua persyaratan. Sebenernya ku ga enak ama pembimbingku. Ketika minta tanda tangan beliau aja ternyata ada halaman proposalku yang ketuker. Nomor Induk beliau pun ku ga tau bener atau ga. Soalnya di SK dan di daftar NIP di jurusan ga sama. Ga tau deh, yang penting daftar dulu.

Untung Pak Pande, bapak administrasi jurusan yang ngurus pendaftaran seminar UP, baik banget. Aku masih dikasi kelonggaran meski absen bimbinganku ga penuh dan belum isi tanda tangan pembimbing.

Agak lucu ngeliat pengumuman siapa-siapa yang akan mengujiku. Aku yang paling ga pinter di angkatanku, bakal diuji oleh dosen-dosen terbaik di bidangnya. Mereka juga gampang ku temui untuk ku kasi naskah proposal. Ga harus nguber-nguber kemana gitu. Untung mereka ada di jurusan ketika itu dan untung aku udah siap dengan naskahku. Pokoknya untung dah! Sebagian besar penguji juga bersedia mengujiku tanggal 30. Tinggal aku aja nih yang harus mempersiapkan diri.

Sempet kemaren belajar bikin slide presentasi. Ternyata animasi gift yang sering ku pasang di postingan separonyolong bisa jalan juga di slidenya. Makin seru aja! Tau ga animasi apa yang ku pake latian bikin slide? Kalian bisa klik spoiler di bawah ini. Tapi aku anjurkan buat cewek jangan ya. Serius, gambarnya agak ga senonoh. XD






30 bukan komentar (biasa):

bukan TUKANG GOSIP (biasa) said...

wah perlu dishare caranya bikin slide presentasi neeeeeeeh....
ajarin duuunkkk kakaaaaaaaakkk............

airyz said...

gambarnya eman gak senonoh :D

Belajar Forex said...

keren dach,,,

Ra-kun lari-laRIAN said...

haha.. gelo dah :D

Anonymous said...

perjuangan yg panjang. Gud luck ^^

Djangan Pakies said...

tgl 30 presentasi?, ayo semangat dan semua bisa menjadi lancar.
pict spoilernya mengerikan wkwkwk

kangto said...

Semoga lancar acaranya dan masuk kababak selanjutnya. :)

Nuy said...

Aduh skripsi kok ribet banget ya? hadeuh nanti aku kuliah gimana? (gayanyaa, baru juga mau jadi anak kuliahan)--"

Ih itu spoiler harusnya jangan aku buka xD

Multibrand said...

Belum selesai skripsi sudah ada tawaran kerja, keren!

aulia rahman said...

Salam kenal dari Jogja :)
Bersama majukan dunia civil engineering Indonesia.

Teknik Sipil dan Perencanaan, Universitas Islam Indonesia:
email: uiifan@yahoo.com
website: http://fcep.uii.ac.id/

Noeel-Loebis said...

si sukro kacau niih... ga kebayang apa kata penguji2nya ntar. mending ga usah kro. ini masalah kredibilitas. *jiah......

oh yah TA udah gimana bos? kapan wisuda?

btw ban emang alot... gw pernah icip. *jiah

Ude Baha said...

Pokoknya semangat dan sukses buat loe....

obinhut said...

Izin baca dan sukses buat yang baca kalimat ini, :D

Ferdinand said...

Hem.... ternyata udah ada Tawaran untuk ke jawa ya Bli, ke Jakarta kah? hhe...

Klo untuk Urusan Birokrasi Kampus sih dulu pun aku sempet bingung, soalnya seenak udelnya sendiri klo mau ngasih tau sesuatu serba mendadak dan susah diproses lah, itulah kampusku dulu... semoga sekarang udah lebih baik wkwkwk...

aku Doain lancar deh Bli AMIN...

Maaf sebelumnya nie baru bisa nongol lagi :D

Felicia Putri said...

Aduh, belum terlalu ngerti urusan beginian. *belum mahasiswa*
Jadi ikut deg-degan. *calon mahasiswa*
GOOD LUCK YAAA! Semoga lancar :)

obinhut said...

lancar AMIN...

tunsa said...

wowww...hahahaha,..jorok ah.

o iya, saya pingin belajar juga bikin kek gitu, ada tutorialnya?

Putrie Jrs said...

aaah, gambarnya aduh duh..
Bli, bli..
udah kebuka baru liad tulisan ini: tapi aku anjurkan buat cewek jangan ya

hika-host said...

Kunjungan Sore

ijin blog walking ya GAN ... Lam kenal

Mas Kholiq said...

blogwalking sob.......

r10 said...

spoilernya sungguh mengerikan :(

Ami said...

Emang gak senonoh... (pasti alasannya, kan udah dikasih warning)

Arif Chasan said...

Semangat bli.... :)
mimpi mimpi baru aja dimulai.. hehe..

speechless ama animasi gifnya.. -___-'

Meutia Halida Khairani said...

parah deh tu gambarr -_-"

btw, dosen2 terbaik hanya akan menguji mahasiswa2 terbaik. berarti kamu terbaik doonggg.....

Dhana/戴安娜 said...

salam sahabat
wah imagenya itu yang bikin seru mas ckckckckc

Gaphe said...

uuuh nyebelin emang kalo udah urusannya sama birokrasi, kita butuhnya cepet eeh diperrumit kudu gini lah, ketemu itu lah.. syukur kalo emang ketemu banyak yang bantuin dan melancarkan.. keep positive thinking aja, biasanya manjur!.

[L]ain said...

plis deh jangan galau gini kaya ababil aja.

Go on. Move!

riestabacil said...

semoga lancar ya ujiannya ntar....
btw,,,ntar bikinin skripsiku ya,,,,hahahahhaha

Rawins said...

wah keren slidenya...
semproter juga ternyata
hhaha

Bukan Rahasia PTC said...

maju teruuss, perjuangan belum berakhir, btw yang image spoiler itu bukan poto bli kan wkwkwk.. kabuurr

Post a Comment

Jangan lupa cek twitter saya @tukangcolong
Dan channel YOUTUBE saya di
SINI