Ini Bukan Kertas (biasa)


Ada satu rubrik di Bobo yang paling nampol di pala. Namanya Bobosiana. Semacam salam redaksi dari editor. Topik yang paling ngena ampe sekarang adalah tentang "pemulung rumahan". Kerjaannya mirip kayak pemulung tapi ga harus berpakaian sama (kalo mau nyoba pakaian kayak pemulung juga boleh kok. :D).

Pada saat itu diterangkan kalo kita pun bisa jadi pemulung di rumah atau tempat masing-masing. Jika ada kertas bekas bisa dipake jadi barang yang lebih punya nilai guna. Intinya mengajak kita untuk lebih menghargai kertas, mengurangi sampah, dan menjaga sumber alam karena kertas dari pohon, pohon dari hutan, banyak kertas yang dihasilkan berarti banyak hutan yang berkurang. Kayak gitu implementasinya.

Banyak banget yang bisa dilakuin dari kertas bekas ini. Nyambungin pensil yang udah pendek banget. Jika baru terisi satu halaman, halaman di baliknya bisa dipake buat catatan kecil. Buat kesenian, didaur ulang, dan lainnya. Pokoknya pinter-pinternya kamulah. Kalo ada niat pasti ada jalan.


Semalam aku mempraktekan teori ini. Kebetulan kamarku berantakan banget. Kertas ku pisah-pisah jadi beberapa kelompok besar berdasarkan keadaan. Kertas yang baru keisi satu halaman, kertas yang kosongnya cuma sebagian kecil, dan kertas yang udah ga bisa ditulisi lagi. Kertas yang baru keisi satu halaman kubagi lagi berdasarkan jenis kertas, keadaan kertas, dan ukuran.

Jenis kertasnya kubagi jadi kertas buram, folio, a4, dan letter. Ukurannya ku sesuain dalam satu jenis yang sama. Keadaan kertas yang udah lecek ku masukkan ke kategori kertas yang kosongnya sebagian kecil. Soalnya kertas yang baru keisi satu halaman akan kupake ngeprint. Lumayan buat hemat. Bakal kucari tempat ngeprint yang kujadikan tumbal!

Kertas yang kosongnya cuma sebagian kecil mau kujadikan catetan kecil dan coret-coret ngitung angka-angka matematika. Nasib kertas yang ga bisa ditulisi lagi? Ku kumpulin dan ku jual ke pedagang kertas. Bahkan yang udah sobekan kecil juga ku kumpulin! Hihi moga aja mau dibeli. Pokoknya didaya gunakan semampuku.

Beberapa kertas juga sengaja kusimpan baik-baik. Ada nilai history dan kenangan disana. Untung dari bersih-bersih kertas kayak gini adalah sekalian ngerapiin kamar. Aku ampe ga nyangka kamarku bisa sebersih  sekarang ini. Sayang hape yang selama ini kupinjem dari pacar udah ku kembaliin. Jadinya ga bisa kuambil gambar kamarku make kamera hape itu lagi.

Btw, aku belum sempet bilang hasil akhir sparingku kemaren. Katanya sih kalah 6-2, heu..

PS: dapet banyak banget award.





24 bukan komentar (biasa):

HALAMAN PUTIH said...

Ya, kertas bekas terkadang masih bisa kita manfaatkan baik untuk ngeprint atau bikin prakarya atau kerajinan. Kalau terkumpul banyak bisa dijual dan menghasilkan uang.

HALAMAN PUTIH said...

Ha...? petromax ternyata...!!

Adittya Regas said...

kertas daur ulang ya... saya pernah mendaur ulang kertas om saya buat jadi pajangan lagi hasilnya hhe

video antik presiden nyolong said...

Kalo bobo saya ingetnya PAMAN KIBUL .. HE

[L]ain said...

hedeh ribet deh gua soal kertas-kertasan begini.
Klo ada juga langsung gua buang tuh kertas.

Nova Miladyarti said...

waktu lagi heboh2nya skripsi dulu saya punya banyak banget kertas bekas. lebih dari 3 rim. sekarang masih saya simpen, mana tau perlu buat corat coret:D

Sungkowoastro said...

Memanfaatkan barang-barang yang masih belum termanfaatkan secara optimal, sangat dianjurkan dilakukan oleh siapa saja. Dimulai dari diri sendiri seperti yang Mas telah lakukan. Semoga upaya-upaya positif terus dilakukan dan digaungkan untuk yang lain.

Salam kekerabatan.

kaki kecil said...

pembagian kertasnya agak membingugkan, hehe
keep clean and green yaa ^^v

adiekeputran said...

nyambungin pensil yang udah pendek banget...

nah itu kayak gimana ya,penasaran..

ai said...

paling sering kertas bekas ya ku buat gmbar2... kalo dah full 2 sisi, ku buang...padahal kalo gak salah bisa diolah jadi 'kertas' lagi. nunggu banyak biar di kiloin mah luama, hehe

Penghuni 60 said...

mksh sob dah pajang awardnya, linkmu skrg dah ditambahkan, sesuai janjiku

Freya said...

aku juga dulu suka gituh. Kertas bekas mau dijadiin bubur trus dijadiin buku ato apa gituh. Tapi, sekarang males hehehehehe

Noeel-Loebis said...

kira-kira mau ga yah tuh tukang loak beli kertas bekas lo? hehhehe....

kalo di tempat gw sih ga mau cuuuy.... :(

Toyota Community said...
This comment has been removed by the author.
Ferdinand said...

Met pagi Bli...

Wah aku malah udah ndak pernah baca bobo lagi Bli hhe.. lha koran yg kaya Kompas aja jarang2 kubaca wkwkwk... :P tapi kayanya seru tuh Rubrik Bobosiana *kaya Kompasiana aja namanya hhe...

Andai banyak orang mau ikut melakukan Aksi kecil ini, kayanya masalah sampah bisa sedikit teratasi ya Bli, malah justru bisa memberikan Nilai Jual hhe..:P

Untuk Awardnya Selamat :D

Semangat n met aktivitas

Toyota Community said...

hahaha....tengkoraknya goyang dombret, tinggal sawerannya om.hehehe...he lucu
Om mampir di webku sudah bisa di download kok file Flash-nya trims ya kritikan-nya

Blog Keluarga - Obat Ibu Hamil said...

Berarti saya pemulung kantoran dong... soalnya di kantor kalo ada kertas baru sebelah yang ada tulisannya,,, maka sebelahnya bisa di pake buat catatan, Biasanya saya potng jadi delapan bagian gitu.... Kalo dirumah ya koran,,, biasanya dikasihkan ke tukang sate,, alhamdulillah dapet sepuluh potong sate hehehe....

Claude C Kenni said...

Kertas bekas di kamar gua banyaaaaak banget, tapi tiap mau beres2 ga pernah bisa. Soalnya buat gua semuanya kepake, ada kenangannya, jadi ya udah deh disimpen aja, hehehe. Haduh2, kapan kamar gua bisa rapi ya kalo gini? ;p

Gaphe said...

kalo dikantor, kertas begituan biasanya direcycle.. entah dipake buat ngeprin ulang, ngopy konsep, atau sekedar bungkus gorengan *halah

M A Vip said...

tengkoraknya namanya siapa tuh, bukan dari kertas kan?

rosmulani said...

kertas bekas atau kertas baru mas yang penting kertas bisa digunakan untuk kebaikan....jangan ada kertas dibawah meja dpr hehehe....?

rabest said...

kalo dipikir2 emang banyak banget kertas yang jadi korban "salah ngetik" ato "salah ngeprint" ato salah salah yang lainnya, baru aja kuliah dua taunan kamarku juga dah banyak kerts2 begitu..

oke dah siap dipraktekkan.. !!! :D

Fajar said...

duuuh..yang lagi pengin bersih..bersih.. untuk diarynya ketemu ya om..he.he.he.

cmk said...

Manfaat kertas dipakai untuk membuat buku, majalah, tissue, bungkus nasi, pembuatan uang.

Post a Comment

Jangan lupa cek twitter saya @tukangcolong
Dan channel YOUTUBE saya di
SINI