Sumpah Saya Muda!

Berapa banyak pemuda/pemudi yang inget ama isi sumpah pemuda? Sempet gag muda-mudi Indonesia sekarang mikirin kenapa isinya kayak gitu?

Aku sendiri gag hapal betul ampe titik koma kata-kata dalam sumpah pemuda. Kalo cuman garis besarnya aja sih aku inget banget.

TANAH AIR.
Kenapa harus menggunakan kata ini di poin pertama? Menurut kamu apa? Coba deh pikirin. (Hening sejenak)
Udah?
Sumpah pemuda mengajarkan kepada kita kalo kita itu adalah satu. Tapi, sudahkah kita (merasa) satu? Tak jarang kita salah mengartikan perbedaan. Seharusnya kita duduk harmonis berdampingan. Menunjukkan solidaritas persatuan, khusunya ketika negeri ini tertimpa bencana seperti sekarang.

BANGSA.
Gag boleh malu dengan bangsa sendiri. Harus tetep bangga dengan apa yang bangsa ini miliki sekarang. Bukan cuma puas memakai punya negeri orang.

BAHASA.
Gag berarti kita harus menghilangkan beraneka ragam kekayaan bahasa daerah yang kita punya. Itu semua warisan leluhur yang harus dijaga. Nikmati kontrasnya keberagaman warna bahasa Indonesia.

Berbahasa Indonesia yang baik dan benar gag berarti harus ngomong sesuai ejaan yang disempurnakan. Tapi bagaimana kita ngomong sesuai norma dan sopan santun. Kalo ngomong jangan ampe nyakitin orang lain.

Menguasai bahasa asing juga wajib. Bukan berarti kita mencintai bangsanya. Tapi ini adalah cara untuk berkomunikasi dengan dunia luar dan katakan dengan bahasa yang mereka pahami tentang kelebihan negeri ini.

Sumpah pemuda emang udah lewat, tapi sumbangsih kita selalu ditunggu untuk negeri ini. Bagaimana pemuda, sudahkah kamu berikrar untuk Indonesia? Ayo berseru, SUMPAH SAYA MUDA! Dan tunjukkan taringmu. \m/
 

Postingan ini diikutkan dalam lomba soempah pemoeda 2.0 yang diselenggarakan oleh XL. Klik gambar atau kunjungi www.soempahpemoeda.org untuk melihat lombanya.

30 bukan komentar (biasa):

Belantara Indonesia said...

Tambah: Kebudayaan satu Budaya Indonesia!..Biar ga di colong sama Malingsial gtu..hhhhhhh

bonk AVA said...

semoga menang brother......

Tukang Gosip said...

iya betul sekali kak... gosipnya samua jadi satu
tapi nyatanya apa?
apa coba??
apa coba, tebak???
apa coba, tebak... kalo bisa????

Nadia said...

nice info !!

Berita Terbaru Hari ini said...

wah ikut kontes bro, maju teruuss.. serbuu.. ngomongin sumpah.. mm sumpah sampai kemarin siang tempat ane gelap gulita.. hujan pasir.. he he

Bunglon Blog Indonesia said...

dengan semangat sumpah pemuda mari galang persatuan dan kesatuan.
hmmm lanjutkan sob semoga berhasil dengan baik

kisah abu nawas said...

makna yang terkandung di sumpah pemuda bagus sob

Bejo said...

Sumpah saya muda! karena saya tak tau apa itu sumpah pemuda
sekarang orang orang pikun hadir dalam kalangan anak anak muda bukan kalangan oarang tua. generasi runtuh. liberal tumbuh. indonesia tidak lagi utuh

salam human. hahaha

kesehaRian Ra-Kun said...

taentang sumpah pemuda, untung saya udah hapal sejak masih sekolah. jadi kemarn waktu ikut acara peringatannya dengan Disdikpora gak malu-maluain :D

Noeel-Loebis said...

THX infonya bang. Gw juga ikutan juga nih. Hehehehe

Rizky2009 said...

kalau aq jangankan inget hafal aja tidak

Zippy said...

Hmmm...soal sumpah pemuda, kok saya rasa 'gaungnya' udah mulai semakin berkurang.
Bahkan, temen sekampus aja malah gak tau kalo hari itu (28 Okt) adalah hari sumpah pemuda -_-"

isnuansa said...

Saya juga salah mengucapkan waktu hadir di acara ini. :)

bluethunderheart said...

hmm, blue juga pernah lupa koq
salam hangat

alwathaniyah said...

Sukses buat lombanya.. semoga menang..

Ella said...

Aku bukan bukan mau komentar, tolong ya ..ini juga bukan blog yang bukan aku kunjungi, bukan postingan tentang sumpah pemuda, aku bukan pemuda, aku lupa isi sumpah pemuda, hii..bingung ya..karena ini bukan komentar.

secangkir teh dan sekerat roti said...

hammpir saya kira : sampah kata soempahnya.. !

ah..!
lagi bencana nih...

info ponsel said...

Jangan sampai ketika muda bersumpah, tapi ketika sudah tidak muda lagi sumpahnya dilupakan.

Hantu Facebook said...

jujur aQ g hafal,,tapi isinya sdh pasti diterapkan dengan baik....
"tukar link Sob biar lebih gampang blogwalking"

Hanya Seorang Sahabat said...

jd malu sbg org muda hikz.. hikz..

Nyayu Amibae said...

semoga menang kontesnya, selau berpikir terbaik dengan diawali dari diri sendiri, semangat!!! ^_^

TRIMATRA said...

semoga sumpahnya bisa seperti sumpah palapa,,,,

Anas said...

Keren kang artikelnya..
like this..
semoga menang kontesnya..

Wulan said...

wah, suka banget sama tulisan Sumpah Pemudanya! ringan, tapi maknanya dalem banget!
gud luck yah buat lombanya! :D

Ocky Fajzar said...

hehehe harusnya hari sumpah pemuda bukan cuma dijadiin sebagai sehari untuk memperingati sumpah yang diikrarkan tempo hari tapi sebagai pengingat kalau kita telah bersumpah. kita? yang merasa pemuda Indonesia lah :p

rian punya blog said...

Pemuda Indonesia memang punya semangat luar biasa....

sawali tuhusetya said...

yang pasti ketiga ikrar itu sudah melalui proses perjalanan sejarah yang panjang, mas.

tomo said...

berkunjung

arief hidayat said...

majulah pemuda indonesia, truslah berkarya dan tunjukkan kita bisa dimata dunia

nadiafriza said...

sumpah deh gw juga masih muda! :D

moga2 menang ya Svk!
*rajin banget deh ikutan kuis2 gitu

Post a Comment

Jangan lupa cek twitter saya @tukangcolong
Dan channel YOUTUBE saya di
SINI