Istilah Tua Versi Masing-Masing Agama

gambar dicolong dari ody dashboard
Tumben nyantai abis mandi sore. Biasanya selalu aja kejar-kejaran. Ada aja yang harus dikerjain. tapi kali ini libur. Otak relax, pikiran pun tenang. Inspirasi untuk posting blog pun dapet. Kali ini aku mau ngomongin istilah tua versi masing-masing agama.

Setiap ada masalah terutama di jurusan, aku ekspresikan, temen selalu ngingetin,"Udah jangan dipikirin, kita udah tua, bukan urusan kita lagi". Lho? Aku kan masih 20 taun..

Sempet aku baca dan denger, tapi entah dimana tepatnya, di dalam Weda (kitab suci  umat Hindu) mengatakan:
Kita baru dikategorikan remaja saat umur 40 taun, dewasa umur 70 taun, dan tua umur 90 taun. Dan ketika 20 taun kita masih hanyalah seorang anak-anak.
Mungkin kalo aku ngelakuin gaya hidup yang diperintahkan Weda, semua bisa kayak gitu ya? Dan istilah tua juga tergantung tempat kita berada. Kalo aku di panti jompo, mungkin aku yang paling muda. Kalo di TK, aku bisa yang paling gede tapi belum termasuk tua juga kan?

Tapi gimana pun fisiknya, jangan mau dibilang tua. Kita harus tetep muda dan segar dalam jiwa. Konon, berjabat tangan dengan kuat atau bangkit dari duduk dengan semangat bisa memperpanjang umur kita lho.

Nyangkut  istilah tua tadi, ada gag pengertian konkrit tentang istilah tua ini di agama lain? Atau ada yang punya pengertian tersendiri tentang istilah tua ini?

33 bukan komentar (biasa):

chikarei said...

wkeke
berarti chika masih muda dunk^^
setahu chika istilah anak2, remaja, dewasa dan lanjut usiayang ada di pelajaran perkembangan peserta didik doank, eh ternyata ada juga ya versi agamanya heehe^^

indobrad said...

Wah aku baru beranjak remaja *joget-joget*

belajar bisnis internet said...

Sebenarnya untuk masalah tua tidak harus dengan petokan umur. Banyak orang di usia muda tapi pikirannya tua, atau diusia tua pikirannya kekanak-kanakan.
makasih buat infonya.

Ocky Fajzar said...

Hmm baru tau :D tapi kalau di Islam menurut sepengetahuanku bagi perempuan atau laki-laki yang sudah baligh (laki-laki mimpi basah. peremuan datang bulan) itu sudah dianggap dewasa hehe ;) tapi kalau tua itu kayaknya relatif deh, ya seperti dibilang itu tergantung dimana kita berada :D

Dwi said...

wah, saya juga masih muuda nih. kalau pengertian konkrit tua itu ada yang bilang setelah berkeluarga sudah termasuk kategori tua. tapi saya sendiri juga ga pasti tentang persepsi tua ini. tergantung masing2 individu mungkin.

tomo said...

wah meski sudah tua tapi bodinya bagus sekali kawand di fotonya itu

tomo said...

jadi tergantung dimana posisi kita berada ya.
kalo paruh baya berkumpul di tempat anak2 TK yo mesti ae dia terlihat tua.

Tapi kalo berkumpul di tempat orang2 jompo dia terlihat muda

alice in wonderland said...

hehe mungkin umur 20 tahun dianggap muda dalam bidang rohani kali ye... Kalo aku gak ada sih batasan unur tua muda, yang penting keimanan-nya gmana ama Yang di Atas atau bisa disebuat kedewasaan secara rohani^^

madinger said...

beda pendapat itu normal.
tua itu relatif.
jadi yah, begitulah :)

munir ardi said...

pernah dengar juga begini hidup dimulai di umur 40 tahun tapi dari mana ya

four dreams said...

wah aku juga bingung dan aku baru tau bro haha, oya nih ada award untuk mu silahkan di cek di four dreams yaaaa brader :D

sawali tuhusetya said...

tua itu proses alamiah, mas, hehe ... *sok tahu* semua orang pasti akan mengalaminya. tapi kalau dalam soal ide dan gagasan, kayaknya ndak pernah ada istilah tua, tuh!

Sungkowoastro said...

Yang menarik adalah usia sudah tua, fisik sudah tua, tapi semangat masih muda. Berarti ada juga kebalikannya, yakni usia dan fisik benar-benar muda, tapi semangat sudah tua/loyo.
Salam kekerabatan.

H. Nizam said...

Seiring dengan berjalannya waktu, kita semua pasti akan menjadi tua. Yang penting dalam hidup ini kita selalu belajar dan bersikap positif terhadap hal-hal yang kita hadapi.

multibrand.blogspot.com

Bang NgangaN said...

"posting kreatif dan pesan moral yang tak terduga"; pesan moralnya saya santap habis

NgePas said...

Wah seger lagi nih baca2 disini..
aku kategori tua nich.. wkwkk..
Kalo umur boleh tua... tapi bisa az prilaku belum dewasa..!!?? :D

AMBURADULERS said...

ooooooooooooooooooooh begetoo tua-tua keladi.makin tua makin males mandi wkwk

dindasaurus said...

berarti ak msh di bwh 20 tahuuun.namanyaa apa dooong?bayi hihihihi imut2 gitu deeeh *iya imut kayak bayi*badak*

combrok said...

Wah,tulisanmu hebat hebat,sampai sampai susah banget komennya.masih muda saja tulisan dah bagus2 gini, apa lagi besok2 ato lusa2 he heh.tentu saja aku akan belajar banyak dari tulisan2 mu.heheh,org dewasa belajar sama anak muda ni.selamat,moga makin sukses..!

atanotonogoro said...

tua itu kan sudah pasti hahahah. tapi ya meskipun udah tua, sebisa mungkin tetep berjiwa muda. kaya kamu gitu kan? iya kan? *maksa wakakakaaa.

ReBorn said...

klo dah 20 brarti dah tua lu. kita mah masih 17. :p

Belajar SEO Blogger | Tutorial Blog | Phonecompi said...

brarti kbanyakan orang didunia ni gak da yg tua dong. Krna kbanyakan orang meninggal diumur 90 tahun kebawah.

nissadwi said...

"Otak relax, pikiran pun tenang"
huwa...kangen dengan keadaan seperti itu. hikz..

rawins said...

ga ada patokan yang pasti soal umur. semua punya pemahaman sendiri sendiri. apalagi ada yang berpendapat orang disebut tua adalah ketika dia berubah sifat menjadi anak-anak lagi...

D3nBa9as said...

"Tapi gimana pun fisiknya, jangan mau dibilang tua. Kita harus tetep muda dan segar dalam jiwa."

Setuju ama pernyataan di atas. Salam Kenal.

Rizky2009 said...

kalau masalah tua dlm arti istilah saya setuju dengan yg dikatakan rawins, punya pemahaman sendiri2

riesta said...

pokoknya aku gak mau dibilang tua...wkwkwkwwkwk

Sriayu said...

Hmmm....di blog ku ada cara 'unik' dalam menghitung usia. Di Label My Journey dengan title 'SETAHUN SUDAH'.
Jika ada waktu silahkan mampir.

Salam Blogger

Oya...ini bukan komen, he he he..!

atha andriana said...

semua orang pasti bakalan tua , tergantung dari panjang umurnya , ,
tapi kyknya tetep aja ya gk enak di bilang tua, ,
haha

nadiafriza said...

umur kan hanya tentang angka, yang penting jiwa nya :))

wah, kayaknya di islam ga dibedain tua muda deh. tapi orang yang lebih tua, orang yang lebih muda. orang yang sudah menanggung dosa sendiri (dewasa), dan orang yang masih belum berdosa kalau buat dosa (anak2) :)

dan kalau kamu islam, i believe you're an adult already :D

Ini Bukan Rhein said...

Saya mah berasa muda terus deh kayaknya... ;)

bliyanbayem said...

hihihihi...... horeee... masih anak-anak nie...

ais ariani said...

kok bisa barengan gitu ngebahas soal 'tua' yah?
hehehehehe.
tua, dewasa, dua kata ambigu yang kadang mudah (padahal membingungkan):
"ah sok tua banget sih lo..."
atau semacam:
"eh, gw kan masih muda. ngapain mikirin itu?"

ya gak sih?

namun, dalam agama yang aku percayai, yang ada adalah baligh, saat dimana seseorang bertanggungjawab atas diri nya sendiri lengkap dengan hak dan kewajiban nya.
begitu bli....

Post a Comment

Jangan lupa cek twitter saya @tukangcolong
Dan channel YOUTUBE saya di
SINI