Selalu Disangka Dapat E Oleh PA

gambar dicolong dari Zim

Kamis kemaren udah janji ama PA mau bimbingan ngisi KRS (Kartu Rencana Studi) semester 7. Sebelum ke kampus, mampir bentar ke kos Eka, dia nitip diambilin KRS. Ngambil KRS, berarti harus bertatap muka dengan pegawai fakultas yang, ehm, doyan nonton bokep disela-sela kerja (di mejanya penuh dengan gambar gag senonoh)  dan bertampang jutek galak sok-gue ini penting loh!.

Di TU fakultas, depan loket pengambilan KRS, si pegawai nanya aku mau ngapain. Bercampur males dimarahin, gag tau kenapa aku jawabnya kayak gini," P-p-pak..b-bo-boleh gag ngambilin te-t-temen KRS. Er-r-r..(mikir nyari alasan) Soalnya dia kecelakaan."

Pegawai itu dengan santainya bilang gag apa-apa tetep dengan muka-gue ini penting loh!. Di belakang udah banyak yang ngantri dengan ekspresi 11-12 lah ama ekspresiku tadi.

Di ruangan PA( Pembimbing Akademik), baru mau masuk PA udah nanya,"Udah saya bilang kamu jangan banyak ngambil SKS. Kebanyakan mata kuliah jadi ketetaran kan. Berapa kamu dapet E?".

Jleb. Serasa paku karat nusuk dada, virusnya berkembang jadi kangker kulit. Sakitttt.

Sinting-sinting gini aku selalu lulus. Meski nilainya nanggung, Itupun harus melas-melas dulu ama dosen penilai dan nyogok pake anak ayam warna-warni.

PA nanya lagi tentang mata kuliah apa aja dapet C yang akan diulang semester ini. PA nyebutin dosen pengajarnya dan sedikit mikirin sesuatu entah apa pas aku jawab," Kimia Instrumen, SSO (yang ini dosen yang ngasi nilai C ada di sampingku cekikikan, tanpa rasa bersalah plus dosa telah memburamkan masa depan seorang anak ganteng kayak aku), dan...."

"Apalagi?", tanya PA.

"Metode Pemisahan..", jawabku tertunduk lemas.

"Apah???", PA berteriak sedikit pelan (apa sih?), matanya membulat tertatap ke araku,"Mata kuliah saya kamu dapet C! Astaga...".

Gue juga gag mau dapet C!.

PA ngomong lagi," Ya udah, kamu isi dulu ge KRS-nya. Ulang mata kuliah yang dapet C. Tapi jangan banyak-banyak ngambil SKS. Biar gag dapet C lagi. Usahakan IP-mu naik. Pas kamu lulus standar IP dunia kerja udah 3,2. Kamu kejar itu".

Kalo kayak gini, dia sangat keibuan. Bagai debu ketiup kentut, setengah melayang, aku ke kelas ngisi KRS. Kenapa ke kelas? Aku juga gag tau. :p

Pas situasi kayak gini, aku serasa jadi mahasiswa paling awet muda. Meski udah semester 7, tapi tetep ngambil mata kuliah semester muda. Catatan: Jangan ditiru. Mengulang bukanlah hal yang membanggakan!

Ngisi KRS juga rada ribet. Kolomnya kecil banget. Kita harus nulis Metodologi Penelitian dan Rancangan Percobaan Kimia di kotak yang cuma muat buat nulis Kimia Dasar I. Untung aku udah terlatih nulis kecil-kecil. Ilmu yang ku dapat dari sekian taun bikin contekan tiap ujian. Ilmu ngeringkas 1 diktat jadi selembar aja.

Hasil isian KRS-ku parah. Banyak coretan. Ada mata kuliah yang salah tulis, nomor sandi salah, atau kena ingusku yang netes. :D

Aku menghampiri PA lagi. Ada mata kuliah yang jadwalnya bentrok.

"Ada apa lagi dengan mata kuliah saya (Metode Pemisahan)?!".

Ah, kena semprot lagi deh gue.

"Ya udah deh", dia ngomong lagi," kamu bisa gag selalu dateng, tapi absen, tugas, dan ujian kamu harus lengkap ya". Aku mengiyakan dengan lemas.

Balik dari fakultas buat nyerahin KRS fix, 22 SKS untuk semester ini dan cuma kuliah sekali tiap satu hari karena mata kuliah lain tinggal nunggu nilai SP. Amanda, yang ku temui di kantin, kata-katanya bikin aku harus ke PA lagi. Huh.

"Apah (lagi)?! Kamu lupa memprogramin TA?!", semprot PA untuk kesekian kali hari ini.

Yah aku kan gag tau TA harus diprogramin semester 7. Kalo gag, kita gag bisa TA di semester 8. Berarti harus ngulang taun depan. Lagian SKS kan udah penuh, katanya gag bole benyak-banyak ngambil SKS.

"Ya udah (one again), entar ubah lagi ya pas jadwal perubahan KRS dibuka", katanya lembut.

Meski dia sering nyemprot, tapi PA selalu bisa jadi ibu di kampus. Sayang dia pelit ngasi topik penelitian. Dan aku harus berhadapan lagi ama pegawai fakultas, mikirin pembelian kartu perubahan KRS, dan sebagainya. #MenghelaNapas.

36 bukan komentar (biasa):

riesta said...

Eh,,,aku gak pernah lho ngerasain yang namanya ngisi KRS...di kampusku dulu smua uda diatur ma sekretariat...jadi ya kaya anak SMA gtu....hehehe,,maklum cma D3...

munir ardi said...

jadi ingat romantika mahasiswa dulu sobat , penuh suka duka serasa kembali muda

munir ardi said...

saya udah follow twitternya bli , nama twitter saya dachyar

Ifan Jayadi said...

Waktu aku kuliah dulu, KRS nya harus diketik lho, nggak boleh ditulis dengan tangan. Kalau ditulis tangan pasti dosen nggak mau nerima

Coretan Hidupku said...

Nah, pas jaman adikku sekarang ini, lebih mudaj lagi lho. Diketik dengan menggunakan komputer. Ada programnya lho, jadi kolom2 KRS itu pas dengan tulisannya.

Kapuk Online said...

Kalau IP 3,78 berarti gampang cari kerjaan (Nggak sombong lho...)

Kapuk Online said...

NB: nambahin: Ingat..!Lu harus nggak boleh ada rumus untuk nilai "C", paling nggak harus "A", tak DO'Akan dari jauh semoga tercapai Sob.

rizal said...

kalau dapat C mesti ngulang ya...??
kalau ngambil banyak nggak pa pa kalau bayarnya sama haa..ha...kalau nggak lulus ulang aja lagi hee..he..

met ngisi KRS kawan

Adib from kompinter said...

wa.jadi kangen lama g berkunjung kawan..
wa ttp berusaha ya kawan

febriyanto said...

KRSan itu hal yang paling membosankan, bikin capek aj...... masih manual juga lagi, bner2 dah, jaman masih musimnya ngisi form di atas kertas.......... hha.... say males to KRSan.... perasaan SMA ga repot2 gini yak, asal masuk aja.. hhaha

elmoudy said...

teteup semangat bro... banyak suka dukanya kok jadi mahasiswa... yg penting jangan suka jahil ama PA hahahaa

Aby said...

wah, gak bisa komen apa2 ni sobat
gak pernah ngerasain bangku kuliahan sih
hehe
moga sukses aja sob, moga vepat selesai...
met istirahat...

om rame said...

jadi inget masa kuLiah nih. maksud itu dosen ada benarnya sob, karenan dengan SKS yg kebanyakan terkadang mahasiswa emang bener keteteran, sering kaLi niLainya pada anjLog. kayak saya nih contohnya santai tapi pasti, kuLiah hampir enam tahun Lamanya (banyakan cuti), soaLnya sambiL kerja.

etam grecek said...

tetap semangat kawan...
jng berputus asa...

Riska mbem said...

Setelah sekian membaca dari awal sampai akhir.
kesimpulan saya adalah,

" SKS ITU APA? "

Note : Kesabaran tinggi sangat di butuhkan dalam menghadapi komentar anak sawanan seperti ini.

four dreams said...

wah haha saya belom pernah ngalamin kayak gitu bro, baru mau masuk kuliah nih :D

elok langita said...

Sabaaar sabar.. :D

heheee

Ferdinand said...

gak maksud buat niru sih Sob.. cuma dlu aku sering bgt SP haha.... jadi samaan deh kita haha....

tapi tuh Dosen PA, sangar2 baik juga ya haha......

Andika said...

Kalau disangka dapat E terus oleh PA, ya tinggal bilang aja "tolong ya, ini bukan E". Mbaca header di atas.hehe

blogger admin said...

btw, kul di manz?

tkj2com said...

seb... Postingannya selalu mantab nee

ane Muncul lagi sob.. tkj2com .. hehehe

Met puasa Sob

catatan kecilku said...

PA-ku dulu bapak2... dan baik hati... hehehe
Untung aja nilai2ku bagus jadi gak pernah kena semprot... hahaha

the others... said...

Semoga kuliah semester ini lancar ya... dan bisa cepat lulus.

sapidudunk said...

halo mas tukang colong.
sudah lama banget pengumumannya,, ngga tahu ya:) maaf yaaa

Sungkowoastro said...

Hanya disangka saja kok, kan nddak apa-apa. Yang penting ke depan lebih baik karena PA ternyata sangat perhatian.

Salam kekerabatan.

Bang Koko said...

kunjungan perdana salam knl ya......

jgn lupa mampir balik di tempat aku.....klo blh kita saling follow ya...:)

mengeluh said...

heheheheh mbak juga pernah ngalamin, jadi inget jaman kuliah dulu.

Muhammad A Vip said...

ini ngimpi atau kisah nyata? :D

sawali tuhusetya said...

woi, jadi inget waktu kuliah dulu, mas. selalu saja ada cerita waktu ngisi krs, hehe .... apa pun yang terjadi, semoga tetap lancar dan sukses dengan rencana studinya.

ariefborneo said...

Wah sayang ane ga pernah merasakan bangku kuliah sob...tpi jago jga ya sobat bikin kerpean buat contekan ga bleh tu sob..hehehe

Mood said...

Maaf aku gak kuliah sob jadi rada gak mudeng baca tulisan ini. Yang kutau nilai E itu jelek atau setara dengan nilai (mungkin) 4 atau 5. Dari sepuluh soal loh. .

Anonymous said...

sukrawan madi sedang bermimpi di siang bolong. Atau sedang berlatih jadi penulis fiksi???

rosanakmami said...

hoalah ini taaaa postingannya
aku sih emang gak pernah pake KRS2an, dan gak punya PA juga, heu...

dherdian said...

Kenangan saya kembali kemasa silam (belasan tahun yang lalu), apalagi ingat petugas sekretariat "gua penting lo"............

Noeel-Loebis said...

ckckckck.... emang kadang suka resein blih urusan sama PA. Gw sering ngalamin. Mana PA gw orangnya kalo ngomong dalem banget dan suka nge-judge lagi. Hu-uh!!

Obat Herbal Alami said...

infor masi menarik gan !

Post a Comment

Jangan lupa cek twitter saya @tukangcolong
Dan channel YOUTUBE saya di
SINI