Orang Bandung Kreatif

Katanya kalo barang serba murah idup bakal jadi lebih indah, gag semua kayak gitu.
Semua bakal sama aja kalo gag ada uang buat dibelanjain. Ato ada uang tapi susah nyarinya secara halal.


Itu yang kurasain di Bandung ini. Harganya barang sih murah. Mana bisa ku temuin molen ato onde-onde seharga seratus rupiah di Bali? Tapi lapangan kerja adalah jagonya maen petak umpet. Susah banget ketemunya. Sehingga ngeliat pengemis yang ngakunya ato keliatan gag makan sama sekali dalam berapa hari (ato itu hanya pura-pura) bukan pekerjaan sulit.


Jadi inget daerah asalku di Bali. Kenapa di Bali jarang ada demo, ataupun tindak kriminal? Itu karena masyarakat Bali udah berada dalam comfort zone mereka disana. Seenggag-engganya punya uang, masih bisa tetep makan. Konon sih semasih budaya dan adat tetap dipatuhi, kemakmuran tetep tancap terus. Kalopun ada pengemis asli bali, itu semata tuntutan adat yang mengharuskan mereka ngemis.


Okeh, usai dulu kita bernostalgia ke Bali, lanjut lagi ke kondisi Bandung yang susah minta ampun nyari kerja. Kondisi ini memaksa masyarakat sekita untuk berpikir lebih kreatif. Mengorek sekeping rupiah dipinggir jalan, diantara panasnya cuaca dan kejam khatulistiwa.


Mungkin karena ini jadi banyak orang seni (bukan orang yang sering buang seni) terlahir dari kota kembang api. Hasil adaptasi dari hukum rimba kali ya?


Orang kreatif yang ku kenal adalah dagang molen nanas. Biasanya molen isi pisang, tapi kali ini isinya beda. Belum lagi yang isi beras item alias injin.


Jadi kepikiran bikin usaha serupa di Bali dengan isi yang lebih variatif, misalnya molen isi kacang, keju, aneka buah, selai buah, bahkan isi duit! ISI DUIT! hahahahahaha. #mulaigila


Pedagang gorengan disini juga gag kalah kreatif. Di Bali mereka hanya buka dari sore. Tapi disini, untuk memenuhi kebutuhan pasar, pedagang gorengan buka dari pagi. Dagang gorengan juga pencinta lingkungan. Gag make plastik buat bungkus gorengan. Udah pakai kertas, bung!


Yah meski dalam kertas terkandung logam berat semisal Pb, tapi setidaknya dagang gorengan turut serta mengurangi limbah plastik yag sulit terurai di alam. Pencemaran pun berkurang deh.




*)gambar dicolong dari Photo Phumkin

41 bukan komentar (biasa):

rosanakmami said...

hiyahaha
ngakak pas di bagian #mulaigila
yang sabar ya bli menghadapi kerasnya hidup
#soknasehatinsambilnahanketawa
emang bener juga sih, aku di bali kemarin gak lihat ada pengemis ya?
dan asli, bersiiiiih banget, pokoknya bakal malu kalo buang sampah sembarangan.
oh ya yang tentang mengemis karena adat itu apa maksudnya, bli?
aku ndak paham
kasi tau nok ;)

ariefborneo said...

Ane jga dulu sempat bingung ada molen isi nanas??
Tp stelah di icip-icip mantap jga rasa nya...d bandung segalanya memang murah sob beda di blikpapan sudah tak ada lg harga gorengan di bwah 1000rp...

Ferdinand said...

Wah ditinggal bentar udah Update lagi Bozz hhe....

klo dipikir2 kayanya sama aja kaya DI Jakarta Sob.. solanya disini tukang Gorengan emank buka dari pagi ampe tengah malem....

mau tanya nie, emank di bali ga ada Molen Sob????

oiya satu lagi.. aku pernah nonton di TV di Bali ada kampung yg emank adatnya ngemis karena emank ga punya Lahan bercocok tanam... itu desa apa sob namanya?

yudex said...

kalo disini malah semuanya serba gratis sob.. mulai dari makan gorengan, minum kopi, pipis, tidur, semuanya gratis. tapi didalam rumah.. hehe

Muhammad A Vip said...

Sip lah. salam kenal

ntiems said...

emang bner ya bang molen ato onde2 harganya RP.100??... *ntar beli molen ahhh ke bandung hahahaa... k'gedean ongkosnya donk*

Herdoni Wahyono said...

Penyediaan lapangan kerja bagi warganya memang menjadi salah satu problem di kota besar seperti Bandung. Karena itu sektor informal perlu terus dikembangkan dan difasilitasi agar mereka dapat hidup makmur dan sejahtera. Orang Bandung memang kreatif.

Lilah said...

Kepengen ke bandung jg blm sempet kesampaian nih, kpn ya,

rizal said...

orang bandung terkenal kreatif ya...
kreatif banyak mendatangkan duit,

gorengan2 temapat aku hanya da pada sore hari saja..

indobrad said...

memang di bali saya gak liat ada pengemis. lebih bermartabat. :)

7 Fatwa MUI Terbaru Yang Wajib Kamu Ketahui said...

he he he he kreatif kreatif...saluuuut

rawins said...

mau yang lebih murah..?
ke jogja deh...

Paksi Dirgantara said...

kreatif abis gan

Reza said...

saya suka banget tuh sama makanan gorengan,,, murah meriah euy...

febriyanto said...

bagus tu yg isi duit...... model2 jajanan sekarang berhadiah,,,,,, hha
kreatif bgt y, sampe isi nanas, kalo duren rasanya kyk gmana y........ :D

Rizky2009 said...

setu bgt sob, barang semurah apapun klalau g ada uang y tetep aja dirasa mahal

Pakies SM said...

itu namanya PKL dapat hasil berlimpah ruah ilmu dan pengalaman. Siapa tahu pulang ke Bali jadi juragan gorengan bertaraf internasional

Stef'zz said...

Hmm.. bandung sama bali beda banget ya?
jadi penasaran pengen ke bali..

"Kalopun ada pengemis asli bali, itu semata tuntutan adat yang mengharuskan mereka ngemis."
maksudnya apa ya? apa ada adat yg mengharuskan mereka ngemis?

mixedfresh said...

wah murah banget 100 rupiah?? di jogja aja ga ada makanan seharga segitu.
kayanya pulang ke bali bakal jadi pengusaha molen n onde onde ni..hehehehe

rij4 said...

wah murah banget..

Aby Umy said...

ato onde-onde seharga seratus rupiah?
murah banget, kayak apa ya?
kali di sini mah seribu rupiah

masndol said...

molen yg isi duit belinya pake apaaan ya ? heheheh

Lulus Sutopo said...

Junjung Kreatifitas
Terimakasih share artikelnya
mari kita selalu berkreatif.

kiky_rose said...

wah salut,,emang iya di bandung tuh orangnya kreatif2 mulai dari distro sampe makanan.
hm,,jadi pengen wisata kuliner di sana nih...

sawali tuhusetya said...

hampir setiap daerah, kreativitas itu selalu ada, mas. bandung, jakarta, bali apalagi.

saidiblogger said...

bandung memng banyak persaingan dan harus kreatif tentuny..

elok langita said...

hehee.. :D

ada ada aja

sentraBLOG said...

urang bandung emang kreatif eeuy..

nice post...

Web Browser said...

thnks ilmunya sob bermanfaat bagi pembaca khususnya bagi saya sendiri..
teruslah membuat artikle yang bermanfaat semangat happy blogging..
bila berkenan kita tukeran link yahh..kalau mau comment di bloggku yah.. thnks sebelumnya

Sungkowoastro said...

Postingan yang yang mengundang orang untuk lebih kreatif dalam mengarungi hidup ini. Terima kasih.

AeArc said...

wwkwkwkwk.. ga cuman orang bandung aja kan B)

Akmal Fahrurizal said...

yang molen diisi duit kreatif banget tuh sob! haha.. pasti laku abis, tapi elu-nya mungkin yang ntar malah sengsara..haha

dreesc said...

dree jadi pengen molen....

Arif Chasan said...

wah.... bandung.. bandung..
eh saya belum coba tuh molen isi nanas...

ra kun said...

have a nice day :)

hellgalicious said...

isi nanas?
selai nanas atau buah nanas?
mau dong kalo dibeliin hehehe

Wulan said...

wah boleh juga nih idenya buat jualan dikampus. hihi.
eehhh, tukang gorengan disini juga pake kertas tauuuu... *perasaan udah dari dulu juga tukang gorengan pake kertas deh jualannya??
sukses terruuuss! ^_^

attayaya said...

hidup harus
kreatif
berjuang
berdoa

pengen ngerasain molen nenas jadinya

nadiafriza said...

wah.. gw kira dagang gorengan dimana2 emang buka dari pagi.. ga ya?

satu lagi bukti ke-kreatif-an Bandung: Sinta and Jojo :D

stupid girl said...

slam kenal . . . .

Kaka said...

Hahahahaha, iya kali yah, orang bandung mah kreatip karenah hukum rimba? Mhhhhhhhhh

Post a Comment

Jangan lupa cek twitter saya @tukangcolong
Dan channel YOUTUBE saya di
SINI