Gagal Masuk Panitia Gag Berarti Kiamat!

gambar dicolong dari Mazidash

Postingan ini terinspirasi dari cerita seseorang yang batal masuk kepanitiaan karena jumlah panitia udah penuh. Dan kawan, ini bukanlah berarti kiamat.

Beberapa penyebab gagal masuk misalnya emang telat dapet info jadinya telat daftar. Atau ada nepotisme di dalam struktur panitia. Jadi teman dekat dulu dimasukkan, sisanya baru nyari dari luar.

Aku sih jarang gagal masuk. Nolak tawaran baru pernah. Bukan sombong, tapi aku dulu emang overaktif nyari pengumuman tentang open recruitmen kepanitiaan. Kalo pun kita gag kebagian jatah tempat dalam kepanitiaan, itu bukanlah harga mati. Banyak kegiatan lain yang mendatangkan manfaat sama besar, bahkan lebih dari sekadar ikut kepanitiaan.

gambar dicolong dari Arrasentertain

Misalnya gabung di EO yang lagi bikin kegiatan di luar kampus. Bikin konser musik misalnya. Disini kamu bakal dihadapkan dengan persoalan-persoalan yang sesungguhnya. Masalah konkrit yang emang bakal kita temui di dunia kerja nanti. Refleksi dari dunia nyata. Kita jadi bisa praktek dan mengaplikasikan kemampuan diri serta belajar ilmu organisasi. Bagaimana memupuk leadership dalam sebuah team work.

Income yang kamu dapet lebih banyak daripada sekadar ikut panitia. Baik berupa materi, pengalaman, pngetahuan, wawasan, dan link yang efektif banget alo kamu mau nyari kerja nanti.

gambar dicolong dari University of Cambridge

Solusi kedua kalo kamu gag masuk panitia yaitu ikut seminar. Coba lebih aktif baca mading kampus, search di internet, atau rajin nanya tentang berita seminar yang bakal ada. Syukur-syukur kamu dapet seminar yang gratis. Kalo kepanitiaan minimal kamu harus kerja 2 mingguan, dalam mengikuti seminar atau pelatihan waktu yang kamu habiskan bisa lebih singkat. Dan sisa waktunya kamu bisa pake kegiatan yang lain, ikut seminar yang lain lagi misalnya. Manfaat yang kamu dapet gag lebih jelek kok daripada ikut kepanitiaan.

gambar dicolong dari Bayt al-Hikmah

Terakhir yang bisa aku saranin adalah ikut lomba karya ilmiah. Sebagai orang akademik gag cuma harus pinter ngomong, tapi juga praktek. Dengan ikut lomba kita juga jadi ada target jelas apa yang bakal kita raih. Bahkan pengalaman dalam pengerjaan karya ilmiah ini, bisa kamu pakai dalam melamar kerja nanti.

Misalnya kamu seorang sains bikin karya ilmiah yang mengharuskan kamu melakukan penelitian. Saat melamar kerja kalo kamu ditanyain berapa lama pengalaman kamu praktek di lab, kamu bisa nyeritain pengalaman kamu saat penelitian tersebut. Kalo seelah lulus nanti kita hanya ngandelin pengalaman pas penelitian bikin skripsi itu gag lah cukup. Mulailah dari sekarang membantu senior penelitian ato ato ikut proyek dosen. Jangan takut mencoba.

Jadi, gagal masuk panitia bukan lagi mimpi buruk. Kalo kita mau berpikir positif lagi, banyak banget jalan alternatif lain untuk jadi solusi dari masalah ini. Kepanitiaan di kampus gag akan habis kan? Kamu juga jadi punya waktu ngerjain yang lain. Lebih memperhatikan diri kamu. Nyari kerja sampingan.

Atau kalo yang baca postingan ini punya usul lain, mari berbagi disini.

55 bukan komentar (biasa):

rizalsaputra81 said...

sbar aja sob, nanti juga ada kegiatan lagi

readhermind-dy said...

iya benar acara di kampus ga habis2, kayanya ada mulu jatah jadi panitia..

Ifan Jayadi said...

Ambil saja hikmah dari peristiwa itu. Yakinlah bahwa Tuhan akan mempersiakan sesuatu yang lebih baik daripada kegiatan itu. Percaya deh...

yudex said...

Ada tawaran nih.. jadi panitia penyuluhan janda kembang. mau?

febriyanto said...

bner gan, biasanya yg ikut panitia2 gtu kebanyakan cuman nampang aj, kinerja 0,5...... hha, emang enak klo yg terjun2 langsung gtu, bisa merasakan gimana jatuhnya terjun, dan terbangnya..... :lol:

marsudiyanto said...

Semoga saya nggak gagal comment disini

John Terro said...

hahaha ... nyante aja ... slow down aja :D

rizal said...

aku pernah sih...tapi nggak membuat aku bekecil hati mungkin belum saatnya, ambil hikmat ja

saidiblogger said...

gw juga pernah tuh gagal masuk panitia.. tapi memang ada hikmahnya gan.. ada kepanitiaan yang lebih besar yang mau nerima gue.. :D

Intinya berpikir positif..

nadiafriza said...

wah gw baru tau mau jadi panitia ada seleksinya.. kirain siapa yg daftar selalu diterima deh.. ga ya?

Reza said...

masih banyak kesempatan gan, jangan gampang menyerah,,,

tihang said...

@yudex
sangat mau... hi hi

WONG SIKAMPUH said...

very true sob..Officials failed to find in the price does not mean death to us...There are many alternatives that we need to try it...So,do not despair core and high spirited...Agree with the reviews you sob....

alice in wonderland said...

saya demen banget ikut acara kepanitiaan kayak gini dan dahulu kala saya jarang tidak dilibatkan tapi sekarang di sekolah yang baru ini... susah banget deh telibat suatu kegiatan...but as you said, banyak piliha lain dala hidup^^

masndol said...

gagal itu sudah biasa, tetap mencoba dan berusaha baru luar biasa

rawins said...

perasaan enakan jadi peserta. bebas mencaci maki panitia. hahaha...

tomo said...

Gagal bukan berarti kalah gan

etam grecek said...

maksud dari masuk kepanitian apa nh sob.....
kurang specific nh..g ngerti jadinya...

Halaman Samping-nya Inung Gunarba said...

Mesti makin rajin beredar nyari info, jaringan pertemanan juga efektif banget buat info sampe bisa masuk dalam kepanitiaan qe3 salam kenal :D Blognya rame, tulisannya keren :) Bravo

TRIMATRA said...

aku juga pingin banget gabung di EO tapi ga pernah bisa lulus seleksi, yuhuuu....
akhirnya bikin EO sendiri ajah , :D

TRIMATRA said...

mengundang klaborasi....

harto said...

gagal...? jangan putus asa, masih banyak jalan penggantinya. mungkin belum waktunya jadi panitia.
yang penting terus semangat dan tetap semangat, sampai cita-cita tercapai.

health of me said...

nggak mauk berarti nggak jadi sibuk to hehe..

sawali tuhusetya said...

dunia memang aneh, hehe .... sementara ada sebagian orang yang menolak jadi panitia, walah, ini serasa dunia mau kiamat ketika gagal jadi panitia, hiks. perlu support tuh, mas.

Aby Umy said...

semangat sob, kegagalan itu biasa terjadi
hehe

itu gambar di atas serem amat yak

novaworld said...

jangan takut mencoba!
masih banyak alternatif yg lain
smangad!!

Mood said...

Gagal maning son (dialek tegal) Ha ha. .
Lah, kalu kita gak pernah gagal bagaimana kita tau nikmatnya keberhasilan.

munir ardi said...

bener sekali lebih baik kerja part time sambil ngisi liburan misalnya kalau nggak jadi panitia Orientasi

agoenk70 said...

banyak hal dan cara kho unutun menambah wawasaan, pengetahuan dan juga Links, tidak harus dari kepanitian saja. dari ngeblog juga bisa hahaha...

Herdoni Wahyono said...

Masa kuliah adalah salah satu masa paling indah dalam hidup ini. Disamping mengikuti kuliah, ada berbagai kegiatan lain yang amat menarik di lingkungan kampus. Menjadi panitia suatu kegiatan di kampus menjadi salah satu peluang, namun tidak selalu kita dapat ikut masuk didalamnya. Betul sekali, gagal masuk panitia bukan berarti 'kiamat'. Ada peluang lain menunggu mahasiswa yang ingin mengembangkan kapasitasnya sebagai insan yang kreatif, intelek, dan visioner.

Ozzys Blog said...

kebetulan waktu dulu saya kuliah, selalu dapat kesempatan untuk menjadi kepanitiaan, wah ada sedikit rasa bangga dan tersanjung jika ketemu dengan mahasiswa lain, tapi itu benar sebuah kebanggan.

namun di sisi lain, mahasiswa yang tidak masuk dalam kepaitiaan juga banyak, dan nyatanya mereka juga bisa menghasilkan hal-hal positif yang belum tentu bisa dilakukan mereka yang ikut dalam kepanitiaan.

saya setuju dengan kang herdoni, tetap melakukan hal yang positif itu kuncinya

arfi said...

kalo arfi juga seringnya kayak gitu... biasanya diterima opne recruitment, biasanya malah diajak sama panitianya,, taoi ditolak juga pernah,,, dibikin santai ajalah,,, gak terlalu ngebet soalnya..^^

Freya said...

duh. ane dulu ikut tuh EO gituh2, tapi ribet euy. Mending berjamur di rumah aja hahahahah (jangan ditiru dot com)

imtikhan said...

kunjungan pagi sobat
terima kasih

Blog Keluarga said...

Koq kebalik ya ma saya... saya itu paling anti kalo dijadiin sebagai panitia atau pengurus sebuah event... tetapi fakta berkata lain. dari sejak SMP hingga sekarang lebih sering dipercaya jadi pengurus, terutama dibidang kehumasan. Capek deh....

julianusginting said...

gpp kok nanti kan masih ada kesempatan yg lain jangan patah semangat

Arif Chasan said...

wish.... berat tapi enteng nih.....
hehehehe.... ^^

Photographer said...

kesempatan masih banyak bung

Skydrugz said...

ada juga org yg kecewa krn dank masuk panitia ya....?


aneh bin ajaib :D

dreesc said...

masih banyak jalan ke negri cina....wkwkwk

Indahnya Kebersamaan said...

Ada lowongan nich paniti memperingati hari kebangkitan, tapi belum jelas kebangkitan apa hehehe.

Kegagalan mah santai gan yang penting bisa bangkit lagi, thank ya atas koreksinya :)

Paksi Dirgantara said...

wah, iya sabar sob. masak gara2 dia dunia harus kiamat

Situs Unik said...

kalo ada rumor kiamat blog gue makin seru nih

ariefborneo said...

Jangan menyerah sob...tetap semangat...smw itu pasti jalan menju sukses sob

Sudinotakim said...

Makasih tipsnya mas

chikarei said...

tentunya
mesti kudu aktif di organisasi
buatlah diri menjadi orang yang dibutuhkan^^

kiky_rose said...

bener sih...kadang bosen sama kegiatan kampus dan ketemu sama orang itu2 aja...trus caranya masuk EO gimana tuh?

Ferdinand said...

Bener tuh Sob... banyak kegiatan yg lebih bagus diluar kampus hhe.....

dan yang pasti income berupa materi dan ilmunya ga terkira hhe.....

maaf lama ga kesini Sob.... happy blogging n semangat!!!

joe said...

live goes on bro, tetap semangat ...

pendarbintang said...

:)

Mau jadi panitia pernikahan??

:D

hellgalicious said...

kalo saya dari dulu punya prinsip ga suka jadi panitia apapun

soalnya ribet
hehehe

Lulus Sutopo said...

Ambil saja Hikmahnya Sobat,..
semoga lain kali bisa terpilih
Semoga Sukses selalu

M Mursyid PW said...

Tetap semangat! Itu yang paling penting!

TUKANG CoLoNG said...

makasi atas saran dari teman-teman, semoga teman saya yang baca ini (yang mengalami) bisa terbantu,.:)

Reza said...

kunjungan malam kawan, jangan lupa tidurnya pake selimut, biar gak gampang sakit, nantinya bisa jadi panitia yang kuat jasmani dan rohaninya...

Post a Comment

Jangan lupa cek twitter saya @tukangcolong
Dan channel YOUTUBE saya di
SINI