Ujian Pertama. Reaksi Kompleks, Alkaloid, dan Flavonoid

Baru bangun jam 8 pagi ini sedangkan ujian baru mulai jam 9. Belum dapet materi gag jadi beban. Berharap amal yang ku punya sudah masuk ketegori "ciptaan Tuhan yang sudah layak dibantu oleh-Nya pas ujian". :p

Ujian sekarang apa ya? Hm..Oia, Kimia Fisika IV tentang  reaksi Kompleks dan Kimia Organik Bahan Alam tentang Alkaloid dan Flavonoid.
Aku kemarin nginep di kos temen, pulangnya singgah dulu ke warung beli shampoo yang gag sekarang ku pake (kepingin aja beli. Shampoo di asrama udah abis soalnya, buat jaga-jaga aja). Nama warungnya "Melati" tapi baunya gag kayak melati tuh, disini juga gag jual melati tapi entah kenapa namanya Melati? Kenapa gag warung shampoo? Okeh ini diskusi yang gag penting.

Di warung ini juga melayani jasa fotocopy. Tempat ini udah padet banget ama orang yang pastinya uda mandi. Hanya aku aja, pemuda lusuh, yang terjepit, terdesak, kepepet, terdampar di warung ini, belum mandi (cuci muka aja kagak).

Semua orang yang ke Melati kebanyakan mau motocopy catetan temennya buat diperkecil. Ini untuk persiapan ujian ntar. Yang bikin aku heran, kebanyakan cewek-cewek yang melakukannya.

Sekarang tindak kecurangan dalam ujian udah gag mandang gender. Semua insan manusia butuh nilai. Butuh sukses. Dan secara akal sehat definisi sukses ujian adalah lulus dengan nilai bagus. Sayangnya proses yang dijalani sering dilupakan. Hasil akhir lebih diprioritaskan.


Dulu biasanya cewek paling anti buat curang kalo sekarang malah cewek lebih pinter buat berkreatifitas nyari akal gimana caranya buat lulus. Dari bikin prakarya (baca: contekan) sebelum ujian sampai pada boking tempat jauh-jauh hari. Bokingnya pun mereka gag segan-segan ngatur tempat duduk sendiri.

Mereka bisa ampe ngangkat-ngankat kursi gitu biar formasi ujian yang udah mereka siapin berjalan lancar. Paling parah adalah saat mereka, para wanita, tega ngegusur cowok-cowok biar dapet tempat duduk yang strategis. Disini pepatah "posisi menentukan prestasi" begitu diamalkan. Gag ada yang marah saat cewek melakukan penggusuran, coba itu cowok pasti udah dari tadi bonyok.


Singkat cerita aku udah selesai mandi. Dengan berbekal handuk aja aku masuk kamar. Ternyata hapeku bunyi. Di seberang telpon temenku bilang,"Kamu kemana aja, dosen udah dateng, ujian udah mulai, soal udah dibagiin!"


Astaga! Secepat kilat berganti pakaian dari kostum "handuk doang" menjadi 'asal mirip mahasiswa mau ujian" bermodal pulpen aja aku bergegas ke kelas. Untung dikasi masuk ama dosennya. Ujian pun dimulai dengan sms dari temen,
aku belum belajar. ntar kirimin jawaban ya..
Kebiasaan banget orang itu, minta jawaban tapi dia duduk jauh dan deket benget ama pengawas, gimana mau ngasi jawaban??

Akhirnya mata ujian pertama terlewati dari lima soal gag kejawab satu. Lumayan. Waktunya istirahat, aku makan dikantin sambil ngedengerin curhatan temen yang lagi berantem ama ceweknya. Dari kejauhan temen yang lain teriak manggil katanya ujian udah mulai. Sial! Masa aku telat masuk lagi. Ini kedua kalinya dalam setu hari ini.

Berlari menuju kelas, di depan TU aku ngeliat kakak kelas lagi nongkrong. Gag tau kenapa tiba-tiba pengen aja nanya keberadaan seorang dosen yang biasa kupaggil dengan kata "mabak" karena emang dari semua dosen cuma dia yang baru nikah meski umurnya udah gag muda.

"Kak liat mbak Dian (seharusnya buk Dian) gag?"

Kakak kelas yang cantik nan rupawan itu menjawab dengan lembut,"Emang yang ada disampingku siapa..?"

Astaga lagi! Ternyata orangnya ada disana!! Biar malunya gag lama-lama soalnya dosennya udah manggil-manggil gitu, aku langsung masuk kelas aja. Bodoh banget, kenapa bisa-bisanya nanya dosen disaat orangnya ada. Pake kata yang gag sopan lagi. :(

Di dalem kelas soal udah dibagiin. Kali ini jawab soalnya rada nyantai karena emang......gag tau jawabannya!! Sambil bingung, ngusap-ngusap keringet dingin yang mancur di muka, aku liat temen yang lain.

Buset, ada yang tidur! Yang cewek ada yang baca fotocopyan perkecilnya dibalik soal. Ada yang rada takut baca contekan yang dibawa. Ada yang googling nyari jawaban. Ada yang bisik-bisik tetangga, muka udah kayak mercusuar nyorot kemana-mana. Aku pun di ending cuma bisa ngelarin 4 soal dari tujuh soal.

Untuk besok "konon" ujian praktikum Kimia Organik Bahan Alam jam 10 pagi. Hope get better.




*)gambar titrasi asam basa dicolong dari belajar kimia.

43 bukan komentar (biasa):

Kapuk Online said...

Budayanya dah berubah ya Sob, jamannya kok nyontek. Besuk kalau dah kerja baru terasa pentingnya belajar Sob

Sugeng said...

apa budaya ini yang membuat bangsa ini menjadi terpuruk :?: menghalalkan segala cara demi mencapai tujuan nya :(
salam kenal serta jabat erat selalu dari Tabanan

masndol said...

generasi instan apapun serba instan, kayak mie instan.

ariefborneo said...

Wah klo menyontek c sdah mendarah daging tu..tp lo dah melamar pekerjaan atau mw tes perguruan tinggi tu bru kerasa mana hasil nyontek n yg hsil belajar dgn jerih payah sendiri..walah jd ngelantur ni...met malam z gan

dinoe said...

he..he..menyontek itu bisa jadi solusi untuk nilai yg bagus sob, tapi tidak bisa jadi solusi pintar, jadi tergantung dari orangnya saja yang milih , kalau saya milih yang nyontek saja biar mudah..

Athifah Dahsyamar said...

yawadah mas sono, jangan sampai kayak hari ini lagii.. good luck yaaaa. :D

achen said...

Moga sukses ajah yah ujiannya nanti.. :-)

buwel said...

Salam tuk Buk Dian eh Mbak Dian. :-)

Naila said...

waduh..
ujian kuk telat,
mana masih sempet blogging, ckckkc
semoga sukses aja deh,^^
aku udah lama gak ujian, satu semester cuma ngerjain skripsi, tapi gak kelar2, hohohoh..

Mood said...

Selamat berpusing ria deh ma ujiannya. Ha ha ha.. .

Girant_31 said...

Wah ane mah msh minggu dpn uy ujian nya..
jd msh nyantai..

met berpusing2 ria ya mas..
semoga sukses ma jawaban nya..
Merdeka..

sawali tuhusetya said...

walah, jadi inget waktu masih kuliah dulu. jarang belajar, pas ngadepi ujian baru pucing, hehe ....

etam grecek said...

beri contoh yg baik ketua....
trus yg cewek di beri arahan khusus biar g malu''in gitu...klo ada yg mnta jwaban lempar aj kertas kyak di iklan...mau pintar makannya yg wajar....

Pak Liek said...

nyontek sudah ada sejak jaman nenek moyang dulu ... jadi kalau jaman sekarang masih ada yang nyontek .. . ya gak usah kaget ...

si Paijah said...

haha mahasiswa jaman sekarang *saya juga kali :D
ah kimia organik, saya pernah tuh lama nyebur ke situ secara teman sekosan saya banyak anak kimianya jadinya pas uas saya juga belajar buku kimia organik secara tak langsung :D padahal hub kekerabatannya agak jauh dengan kompi

Aguestri said...

Wkwkwk belum pada baca say no to nyontek tu teman-temanmu yang nyontek hheheheh. Ane sudah ebbas dari ujian sob

Gede Lumbung said...

Wah, keren + kreatif banget bikin contekannya...
Kalau saya pas ujian biasanya bawa hape Smart yang ada gratisannya, trus nanya deh sama Om Google, itu pun kalo nemu jawabannya...
Kalo gak, yaw buka fesbuk...
Hehehehe....

Akmal Fahrurizal said...

waduh itu pelajaran yang paling ane ga suka di SMA . .

Adib from kompinter said...

yang penting semangat dan pantang menyerah ya sob!!!

Ifan Jayadi said...

Aduh, jujur aja kalau ujian yang berbau hitungan kaya fisika atau kimia, aku nyerah aja. Nggak bisa ngerjain. Kepalaku pasti mumet. Kalau nyontek susah juga, yang lain juga pada bingung.

kesehaRian Ra-Kun said...

weleh..

saya juga gak tau besok kalau ujian mau ngarang apa.. :p

Stef'zz said...

hahaha.. dodol nih ceritanya.. nyantai amet u..

Ga cuma cewe juga lho yg doyan nyontek, temen2 gw yg cowo juga banyak yg nyontek.

Emang pas ujian boleh ya googling nyari jawaban? :-S

Btw, thanks ya, tapi award itu udah punya.. ntar klo gw post lagi, post lagi dan lagi, pada bosen yg baca. hihihi..

orang kampung belajar ngeblog said...

makanya belajar sob, jangan kebanyak ngeblog.. hi...hi..hii

om_rame said...

mohon maaf kunjungan baLiknya agak terLambat nih, koneksi inet disiniii... Lagi padat merayap.
---------------
posisi menentukan prestasi sob, hahahha....
seLamat beraktifitas, saLam sukses.

om_rame said...

mohon info, award untuk saya yang berbentuk mana nih?.
terima kasih atas penghargaannya, semoga dapat meningkatkan semangat untuk terus menjaLin siLaturahim.

fanny said...

Fisika? no waaay...I hate that subject.

fanny said...

met pagi...bawain roti coklat deh

Corat - Coret [Ria Nugroho] said...

hehehe dulu ujian aku jg make potocopyan yg diperkecil :p

agoenk70 said...

wuahh bakalan berpusing2 ria yah ma ujiannya..
tapi memang budaya mencontek sudah tidak asing lagi entah sampai kapan bisa di hilangkan yah..

Danil Edan said...

mencontek adalah prilaku sikap saling berbagi... lanjutkan
kwkkwkwkwk

NURA said...

salam sobat
dari 7 soal bisa ngerjain 4 soal,ya setengahnya dong,,
semoga ujian prktikumnya lebih sukses ya ,,

yudex said...

aku suka cewek yang nyontek itu. pasti dia punya imajinasi yang tinggi, punya strategi "perang" yang oke, dan dia bermental bagus. setidaknya dia sudah berusaha, dengan caranya sendiri! aku suka itu! :)

ismi said...

berkunjuuuuuuuuuuung ^^,

ismi said...

berkunjuuuuuuuuuuung ^^,

rosanakmami said...

wihihi9, kok bisa2nya telat dua kali, bli..
nah kalo si bli ikutan bikin prakarya juga gak?
heheu..

semangat ya buat ujiannya... ^^
semoga sukses...

firdaus said...

hihihihihihih... kimia ya ? sereeeemmmmmmm....... >.<

suri said...

salam kawanku..

semoga ujian nya sukses selalu..

attayaya said...

fotokopi kecil masih jadi jurus jitu menyaingi jurus bubar angin badai
jiahahahahaha

rizal said...

aku kalau ujian paling nggak suka contek, cuma kalau lagi nggak tau jawaban he..he..
dimana2 sama aja ya...

Rizky2009 said...

kalau mau pakai auto readmore sebaiknya readmore cara lama di hapus dulu, baru pasang auto readmore

alice in wonderland said...

udah banyak yang ngasih nasihat juga udah banyak yang mendoakan... aku cuma pesen kalo lulus, traktir ya^^

Ferdinand said...

hahahaha......Nyontek oh Nyontek itu halal klo dilakukan berjamaah hahaha........kayanya ampe generasi selanjutnya masih tetep terkenal nie budaya Nyontek.........

Zulfadhli's Family said...

Hadoh jadi inget masa silam dimana Kimia Organik gw dapet C. hiks hiks!!

Post a Comment

Jangan lupa cek twitter saya @tukangcolong
Dan channel YOUTUBE saya di
SINI